google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Lexar microSDHC UHS-1 633x Janjikan Kecepatan Transfer Data Read Tinggi - Sumber Informasi

Lexar microSDHC UHS-1 633x Janjikan Kecepatan Transfer Data Read Tinggi

Sumber-Informasi.com - Jika Anda gemar merekam video dalam resolusi tinggi seperti Full HD 1080p atau 4K menggunakan smartphone, action cam atau gadget lainnya, maka diperlukan media penyimpanan (dalam hal ini microSD) yang memiliki performa transfer data Write yang tinggi. Hal ini diperlukan agar proses penulisan data ke dalam microSD dapat selaras dengan bitrate video beresolusi tinggi. Jika tidak maka prosesnya tidak akan lancar dan tentunya mengganggu kenyamanan.

Lexar melalui seri microSDHC UHS-I 633x menawarkan kecepatan transfer data tinggi untuk Read, yakni 95 MB/s. Terdapat 3 opsi kapasitas penyimpanan, yakni 16 GB dengan transfer data Write 25 MB/s, serta 32 GB dan 64 GB yang membawa kecepatan transfer Write 47 MB/s.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa terdapat perbedaan kecepatan transfer. Semakin besar kapasitas penyimpanan, maka semakin tinggi juga kecepatan tulisnya (Write) karena menggunakan NAND lebih banyak, sehingga jumlah channel yang tersedia untuk memindahkan data sepanjang kontroller pun juga lebih banyak. Oleh karena itulah terjadi perbedaan kecepatan Write, dan yang diulas di sini adalah versi 16 GB.

Satu hal yang menarik dari paket penjualan microSD dari Lexar ini adalah tersedianya adapter USB 3.0 yang dapat berfungsi untuk membaca isi dan microSD ke PC atau laptop. Tentunya adapter ini membawa kecepatan transfer data yang lebih cepat, asalkan PC atau laptop juga dibekali dengan port USB 3.0. Tak banyak vendor yang menyediakan fasilitas seperti ini sehingga dapat menjadi nilai plus.

Penggunaan adapter termasuk mudah digunakan. Cukup masukkan microSD ke dalam slot yang tersedia. Di dalam slot tersebut tak tersedia mekanisme pegas, sehingga Anda harus menggunakan kuku untuk menarik microSD keluar dari slot untuk melepasnya.

Untuk mengetahui performa transfer data Lexar microSDHC UHS-I 633x dilakukan pengetesan dalam 2 platform, yakni PC dengan port USB 3.0 dan smartphone Android. Dalam pengetesan di PC, digunakan aplikasi CrystalDiskMark dan ATTO. Pada CrystalDiskMark, hasil pengetesan untuk kecepatan Read adalah 93,71 MB/s dan Write 25,02 MB/s. Kemudian pada ATTO, kecepatan Read adalah 94 MB/s dan Write adalah 25 MB/s.

Dari kedua pengetesan tersebut, kecepatan Read sedikit di bawah yang dijanjikan yakni 95 MB/s, namun perbedaan 1 MB/s sepertinya tidak akan dipermasalahkan. Sedangkan untuk kecepatan Write sudah seperti yang dijanjikan. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah pengetesan ini secara teoritis saja, dan untuk mengetahui kecepatan transfer sebenarnya harus dilakukan transfer data secara langsung.

Untuk itu diperlukan bantuan aplikasi TeraCopy yang didesain untuk memaksimalkan proses Copy dan Move dibandingkan proses transfer seperti biasa. Saat memindahkan folder berisi berbagai file foto dan video berukuran 4,2 GB dari PC ke microSD, diperlukan waktu 3 menit 13 detik. Dengan begitu kecepatan transfer rata-ratanya adalah 22 MB/s. Masih di bawah dari pengetesan kecepatan Write sebelumnya, namun masih dapat ditoleransi karena perbedaannya adalah 3 MB/s.

Kemudian saat folder dipindahkan kembali untuk mengetahui kecepatan Read, waktu yang diperlukan adalah 1 menit 28 detik. Mengartikan kecepatan Read rata-rata adalah 49 MB/s. Kecepatan ini setengah kali lebih lambat dari yang dijanjikan, tetapi masih dapat diterima.

Lalu pada platform kedua yakni smartphone, proses pengetesan dilakukan menggunakan SD Tools dan A1 SD Bench. Pada SD Tools, kecepatan Read adalah 19,6 MB/s dan Write adalah 13,7 MB/s. Sedangkan pada A1 SD, kecepatan Read adalah 18,36 MB/s dan Write adalah 15,28 MB/s. Dari hasil ini didapatkan bahwa kecepatan Write sudah di atas 10 MB/s yang merupakan syarat minimum untuk merekam video dengan resolusi Full HD ke atas.  Oya, Lexar microSDHC UHS-I 633x 16GB ditawarkan dengan harga Rp250 ribuan.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan