Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Mengenal Mala, Rempah Kekinian yang Bikin Lidah Kesemutan

Sumber-Informasi.com - Sensasi pedas memang menjadi salah satu cita rasa yang disukai pencinta kuliner tanah air: Makanan utama hingga kudapan ringan dan camilan pun disajikan dengan cita rasa pedas. Tidak hanya rasa pedas dari cabai, tapi ada banyak rempah yang bisa memberikan kepuasan sensasi rasa pedas. Seperti biji mala yang selain menghadirkan rasa pedas, juga sanggup membuat lidah kesemutan!

Sebagai bagian dari bangsa Asia yang menyukai makanan dengan rempah melimpah, tidak heran kalau makanan yang diolah di Indonesia kerap memberikan rasa pedas. Rempah itu bukan hanya yang asli tumbuh di tanah air, tapi ada juga yang impor yang memperkaya khazanah rasa. 

Ada aneka rempah yang tumbuh di nusantara yang memberikan rasa pedas atau panas, seperti merica dan andaliman. Satu rempah lagi yang juga memberikan cita rasa pedas adalah mala yang berasal dari Tiongkok. 

Mala sedang jadi rempah kekinian dan jadi pembicaraan hangat. Di Jakarta, tren kuliner berbahan mala sudah dimulai sejak tahun lalu. Di Bandung, kuliner dengan rempah mala semakin digemari sejak awal 2019.

Dilihat dari bentuknya, mala mirip seperti merica hitam yang bulat, tapi permukaannya lebih kasar. Sensasi rasa yang dihasilkan pun sama-sama pedas dan panas ketika dijadikan bahan dalam bumbu masakan. Akan tetapi, mala memberikan efek tambahan seperti kesemutan atau kebas saat biji mala itu tergigit langsung ketika kita menyantap makanan dengan bumbu mala.

Rasa kesemutan itu tidak lama, justru membuat ketagihan. Mala membuat makanan bertambah nikmat dan terasa kaya akan rempah alias lekoh.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News