google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Mengenal Mala, Rempah Kekinian yang Bikin Lidah Kesemutan - Sumber Informasi

Mengenal Mala, Rempah Kekinian yang Bikin Lidah Kesemutan

Sumber-Informasi.com - Sensasi pedas memang menjadi salah satu cita rasa yang disukai pencinta kuliner tanah air: Makanan utama hingga kudapan ringan dan camilan pun disajikan dengan cita rasa pedas. Tidak hanya rasa pedas dari cabai, tapi ada banyak rempah yang bisa memberikan kepuasan sensasi rasa pedas. Seperti biji mala yang selain menghadirkan rasa pedas, juga sanggup membuat lidah kesemutan!

Sebagai bagian dari bangsa Asia yang menyukai makanan dengan rempah melimpah, tidak heran kalau makanan yang diolah di Indonesia kerap memberikan rasa pedas. Rempah itu bukan hanya yang asli tumbuh di tanah air, tapi ada juga yang impor yang memperkaya khazanah rasa. 

Ada aneka rempah yang tumbuh di nusantara yang memberikan rasa pedas atau panas, seperti merica dan andaliman. Satu rempah lagi yang juga memberikan cita rasa pedas adalah mala yang berasal dari Tiongkok. 

Mala sedang jadi rempah kekinian dan jadi pembicaraan hangat. Di Jakarta, tren kuliner berbahan mala sudah dimulai sejak tahun lalu. Di Bandung, kuliner dengan rempah mala semakin digemari sejak awal 2019.

Dilihat dari bentuknya, mala mirip seperti merica hitam yang bulat, tapi permukaannya lebih kasar. Sensasi rasa yang dihasilkan pun sama-sama pedas dan panas ketika dijadikan bahan dalam bumbu masakan. Akan tetapi, mala memberikan efek tambahan seperti kesemutan atau kebas saat biji mala itu tergigit langsung ketika kita menyantap makanan dengan bumbu mala.

Rasa kesemutan itu tidak lama, justru membuat ketagihan. Mala membuat makanan bertambah nikmat dan terasa kaya akan rempah alias lekoh.
telegram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan