Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

4 Jenis Tali Jam Tangan, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing

Sumber-Informasi.com - Bukan sekadar penunjuk waktu, jam tangan sudah menjadi bagian dari aksesori untuk mendapatkan penampilan yang bergaya. Menghargai waktu dan memperhatikan gaya penampilan adalah sebuah kombinasi yang tepat.

Seperti juga fashion item lain, jam tangan memiliki karakternya masing-masing. Berbagai desain, material, dan warna jam tangan hadir untuk disesuaikan dengan karakter asli pemakainya atau citra yang ingin diwakili saat seseorang mengenakan sebuah jam tangan.


Ada banyak model jam tangan, ada banyak merk jam tangan, dan ada banyak bahan yang digunakan untuk jam tangan. Untuk mempertimbangkan model, tentunya sesuaikan dengan karakter pemakai dan tujuan pemakaian. 

Untuk memilih merek, pastikan barangnya orisinal dengan cara membuka mesinnya. Selain itu, membelinya pun sebaiknya di toko sehingga bisa meminta garansi atau klaim atas kerusakan.

Nah, untuk memilih bahan, kita harus mengenali terlebih dulu plus-minus dari setiap bahan. Pada umumnya ada empat jenis tali jam tangan yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan untuk tali jam tangan:
Rantai. Tali jam tangan dari rantai adalah yang paling awet dibanding lainnya. Tetapi, untuk yang berwarna kuning tidak boleh terkena parfum karena sifatnya korosif, nanti warnanya akan berubah menjadi putih.

Kulit. Bahan kulit cukup netral sehingga cocok dikenakan ke mana pun. Namun, dengan pemakaian yang tinggi, kulit itu akan mengalami kerusakan sekitar 2-3 tahun kemudian, sehingga harus diganti. Kulit pun tak tahan lama bila sering terkena air dan cenderung berbau.

Karet. Tali jam tangan dari karet pernah menjadi tren karena membuat jam tangan tampak lebih kokoh. Namun, tali jam tangan dari karet harus diganti 2-3 tahun kemudian karena akan mulai mengalami kerusakan akibat pemakaian yang tinggi.

Kanvas. Bahan ini cocok sekali untuk menampilkan kesan muda dan easy going. Karenanya, banyak jam tangan kasual yang talinya menggunakan bahan kanvas. Tetapi, kekurangannya, bila terkena air dan keringat, dia pasti cepat menjadi bau.

Demikianlah 4 jenis tali jam tangan yang harus Anda ketahui beserta kelebihan dan kekurangannya.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News