Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Louis Cartier, Orang Pertama yang Mempopulerkan Jam Tangan di Dunia


Sumber-Informasi.com - Sejumlah literatur menyebutkan, jam tangan pertama di dunia dibuat oleh Patek Philippe & Co pada tahun 1868. Namun, siapakah orang yang memiliki andil besar memodifikasi dan mempopulerkan penunjuk waktu yang lebih ringkas ini?

Saat jam tangan diperkenalkan kepada khalayak, kehadirannya mengusik popularitas arloji saku. Louis Cartier (1875-1942) adalah tokoh yang pada 1904 memodifikasi jam tangan yang sudah ada dengan menambahkan gelang. Ide menyatukan jam tangan dengan gelang ini muncul setelah Cartier diminta sahabatnya bernama Alberto Santos Dumont untuk membuat sebuah jam praktis yang bisa dipakai oleh penerbang saat mengangkasa. Perusahaannya kemudian terkenal karena menciptakan desain-desain jam tangan yang anggun dan mewah.


Kerajaan Inggris pernah memesan mahkota kepada Cartier untuk penobatan Raja Edward VII pada tahun 1902. Edward VII sangat menghargai jerih payah Cartier dengan menunjukknya sebagai pemasok resmi perhiasan kerajaan pada 1904.

Pada tahun 1964, keluarga Cartier tak lagi mengendalikan bisnis perusahaan arloji legendaris ini. Namun, nama Cartier tetap dipakai sebagai merek semua produk perusahaan itu. Selain jam tangan, perhiasan karya Cartier yang dikagumi dunia adalah miniatur hewan buas yang dinamakan Bestiary.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News