google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Kesehatan Gigi dan Mulut Lansia (2) - Sumber Informasi

Kesehatan Gigi dan Mulut Lansia (2)

Sumber-Informasi.com - Untuk mencapai kesehatan gigi dan mulut yang  optimal pada lansia, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  • Mengatur pola makan dengan menghindari makanan yang dapat merusak gigi dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, terlalu asin, berlemak, makanan yang lengket, tepung, dan makanan yang kurang mengandung serat. Sebaiknya, lansia mulai makan makanan yang bergizi dan seimbang dengan memperbanyak konsumsi sayur-mayur, buah-buahan, air putih, dan protein seperti ikan dan kacang-kacangan. Bagi yang merokok, mulailah berhenti merokok dan hindari mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Mengontrol plak gigi dengan cara menggosok gigi secara teratur minimal dua kali sehari dengan benar, baik secara teknik maupun caranya, agar jangan sampai merusak struktur gigi dan gusi sehingga pembentukan bakteri dalam mulut dapat dicegah dan bagi yang sudah tidak ada gigi, bisa dengan menggunakan kapas atau kassa yang dicelupkan ke air hangat. Tujuan pembersihan ini untuk menghindari tumbuhnya jamur pada gusi, lalu berkumurlah dengan air hangat untuk kesehatan rongga mulut.
  • Melakukan pemeriksaan gigi secara teratur ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk mengetahui kelainan pada mulut sejak dini dengan membersihkan karang gigi dan penambalan gigi yang berlubang, serta pencabutan gigi yang sudah tidak bisa dipertahankan lagi agar tidak menjadi sumber infeksi.
  • Menggunakan protesa gigi/gigi tiruan/gigi palsu bagi yang sudah kehilangan banyak gigi. Hal ini perlu untuk mengembalikan fungsi kunyah sehingga pengunyahan makanan masih bisa tetap optimal. Perlu diperhatikan, gigi palsu yang kita pakai harus dipastikan nyaman di mulut, tidak longgar, atau terlalu ketat. Jangan lupa menyikat gigi palsu setiap hari dengan sikat gigi lembut di bawah air mengalir, bila perlukan dapat menggunakan pasta gigi, dan ketika Anda akan tidur, gigi palsu harus dilepas dan direndam dengan air bersih. Selain itu, lakukan pemeriksaan gigi palsu Anda secara berkala ke dokter gigi.
Gizi seimbang
Pengunyahan makanan yang baik serta pemenuhan kebutuhan gizi yang seimbang akan turut menjaga agar masa tua tetap sehat. Untuk pengunyahan yang baik, tentunya diperlukan organ mulut yang baik. Untuk itu, perlu pemeliharaan/perawatan yang baik pada gigi dan rongga mulut Anda sehingga di usia lansia minimal memiliki 20 gigi yang berfungsi agar dapat mengunyah makanan dengan baik.

Bagi Anda yang belum lansia, waspadalah bahwa jika Anda tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut dari sekarang, maka Anda akan mengalami berbagai masalah pada rongga mulut dan gigi. Bagi yang sudah lanjut usia, cobalah pastikan bahwa masalah gigi dan mulut Anda dapat segera teratasi dengan tepat. Jangan mudah putus asa dan coba berbagai upaya mengatasi permasalahan yang terjadi dengan mengunjungi dokter gigi yang ahli di bidangnya.

telegram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan