google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Software Akuntansi vs Jasa Konsultan: Mana yang Lebih Baik? - Sumber Informasi

Software Akuntansi vs Jasa Konsultan: Mana yang Lebih Baik?

Akuntansi menjadi masalah yang kompleks setelah pemasaran. Akan banyak risiko yang bisa dialami perusahaan jika sistem akuntansi perusahaan bermasalah. Salah satu wujud nyata dari akuntansi yang bermasalah adalah keuangan perusahaan terganggu dimana data yang disajikan dalam laporan maupun catatan keuangan tidak valid. 

Untuk mengatasi masalah akuntansi yang kompleks tersebut tidak jarang perusahaan menyewa jasa konsultan untuk bisa mengatasi permasalahan keuangan yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Namun berkat teknologi yang semakin canggih masalah akuntansi tersebut bisa dicegah dengan menggunakan software atau aplikasi akuntansi. Yang jadi pertanyaan saat ini adalah lebih efektif mana menggunakan software akuntansi atau menyewa jasa konsultan? Sebagai bahan pertimbangan simak penjelasannya di bawah ini:

Anggaran
Untuk menangani keuangan perusahaan memang dibutuhkan ketelitian yang lebih. Banyak pebisnis pemula maupun yang sudah profesional belum tahu bagaimana mengalokasikan uang di dalam bisnis dengan baik dan benar, tahu kapan bisnis mendapatkan pemasukan yang lebih dan bagaimana caranya meminimalkan pengeluaran bisnis. Semua masalah tersebut bisa diatasi dengan jasa konsultan. Untuk jasa konsultan ini biayanya lebih bervariasi dimana bisa berubah sewaktu-waktu tergantung masalah yang mereka tangani. Bahkan untuk menggunakan jasa ini harus berkali-kali tidak bisa satu kali saja. Berbeda jika menggunakan software akuntansi dimana biaya yang ditanggung bulanan maupun tahunan sehingga pebisnis akan mudah melacak dan memprediksi keuangan untuk biaya aplikasi tersebut.

Permasalahan
Pertimbangan selanjutnya bisa dilihat dari permasalahan yang dihadapi.  Jasa akuntan yang sudah berpengalaman memang akan bisa mengatasi masalah akuntansi yang rumit sekalipun. Yang harus diketahui pebisnis adalah masalah kompleks terjadi dikarenakan manajemen keuangan yang buruk. Untuk mengantisipasi masalah manajemen keuangan yang buruk bisa menggunakan software khusus akuntansi ini sehingga masalah bisnis tersebut tidak akan pernah muncul.

Layanan
Pebisnis kadang membutuhkan nasihat yang lebih pribadi sehingga jasa konsultan ini tepat untuk dipilih. Konsultan juga bisa menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pebisnis untuk membantu memberikan solusi bisnis yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Yang harus dipertimbangkan adalah jasa konsultan tersebut tidak murah sehingga pebisnis harus selektif dalam memilih jasa konsultan tersebut jangan sampai over budget. Biaya yang dikeluarkan  mulai jutaan sampai dengan puluhan juta untuk satu kali konsultasi.

Aplikasi akuntansi dan jasa konsultan memiliki kelebihannya masing-masing. Untuk mendukung manajemen keuangan dan divisi akuntansi yang lebih baik secara berkepanjangan maka software akuntansi ini bisa dipilih sedangkan jika ingin mengalokasikan pendapatan bisnis dengan tepat atau strategi agar keuangan perusahaan lebih baik maka jasa konsultan ini bisa dipilih.

telegram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan