google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Ingin Biaya Service Mobil Lebih Murah, Coba Lakukan 4 Kiat Ampuh Ini - Sumber Informasi

Ingin Biaya Service Mobil Lebih Murah, Coba Lakukan 4 Kiat Ampuh Ini

Sekarang sudah banyak kaum muda yang dibekali mobil oleh orang tuanya, terlebih bagi yang pergi merantau. Maksud para orangtua tersebut jelas bukan untuk memanjakan anak-anak mereka, tetapi mempermudah mereka bepergian kapanpun dan kemanapun.

Sayangnya, seringkali para anak muda saat ini hanya bisa mengendarai mobil itu saja; tidak mengetahui cara men-service-nya, malahan malas mencucinya sendiri. Meski saat ini ada bengkel online yang siap datang kapan saja untuk melakukan service, tetapi pengetahuan mengenai kendaraan Anda sendiri itu penting. Bila suatu waktu terjadi masalah di jalan, Anda jadi tidak kebingungan sendiri. 

Selain itu pengetahuan mengenai kendaraan juga dapat mencegah mobil Anda dari kerusakan dini dan biaya service pun bisa ditekan menjadi lebih murah. Berikut ini 4 kiat ampuh supaya biaya service mobil lebih mudah yang harus Anda ketahui dan perhatikan.

1. Gunakan suku cadang asli
Usahakanlah Anda untuk selalu membeli suku cadang yang asli. Belilah di distributor (dealer) resmi untuk memastikan bahwa suku cadang itu asli. Suku cadang palsu tentu saja murah, tetapi percayalah daya pakai mereka tak akan seawet suku cadang yang asli. Anda sesungguhnya menghemat lebih banyak dana dengan melakukan investasi pada komponen ini.

2. Gunakan BBM sesuai kebutuhan mesin
Tidak sedikit pemilik mobil yang memaksa tangki kendaraannya diisi dengan bensin yang memiliki oktan rendah. Padahal pabrikan kendaraan itu telah menyarankan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi. Walau murah harganya, bensin dengan oktan rendah justru bisa menyebabkan kinerja mesin jadi tidak maksimal.

Disamping itu lantaran tak dapat menahan kompresi mesin yang tinggi, umur komponen pun akan kian pendek. Anda pun mesti semakin sering memperbaiki kendaraan sebab mesin lebih mudah kotor gara-gara pembakaran yang tak sempurna.

3. Pahami jadwal servis
Daya tahan suatu mesin kendaraan dapat bertahan lama bila di-service dengan rutin. Tidak hanya rutin, service pun mesti dilakukan menurut jadwal. Ada beberapa alasan mengapa service harus dilakukan menurut jadwal. Pertama, supaya garansi kendaraannya tidak hangus. Kedua, service mesti dilakukan menurut jadwal supaya tidak kehilangan layanan service gratis bagi kendaraan baru karena bila service dilakukan di luar jadwal, maka Anda mesti membayar sendiri.

4. Rawatlah ban kendaraan sebaik mungkin
Ban merupakan suku cadang vital bagi kendaraan. Kondisi ban yang buruk tidak cuma dapat membahayakan keselamatan ketika berkendara, tetapi jelek untuk kesehatan keuangan Anda. Pasalnya, harga ban kendaraan yang bagus lumayan mahal terlebih bila Anda memakai kendaraan roda empat. 

Nah, supaya ban dapat bertahan dalam jangka waktu lama, sesungguhnya ada beberapa tips perawatan yang gampang untuk dilakukan. Pertama, harus memperhatikan tekanan angin. Kedua, lakukanlah spooring dan balancing supaya pengendalian selalu optimal, ketiga pakailah sabun spesial ketika membersihkan ban dan keempat, copotlah serta bersihkan sela-sela ban sedikitnya sebulan sekali.

Keempat hal di atas bisa membantu Anda berhemat dan dapat terhindar dari kemungkinan masuk bengkel Toyota atau bengkel langganan Anda lainnya karena mobil Anda mengalami masalah yang serius dan memerlukan biaya besar. Perawatan yang baik pun akan meningkatkan harga jual kendaraan Anda.

telegram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan