google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA 3 Penyebab Sakit Batu Empedu yang Paling Umum Terjadi dan Wajib Diketahui - Sumber Informasi -->

3 Penyebab Sakit Batu Empedu yang Paling Umum Terjadi dan Wajib Diketahui

Pernahkah mengalami gejala penyakit batu empedu? Ada tidak sedikit faktor penyebab timbulnya batu empedu. Tetapi banyak orang yang keliru menyebut sakit karena batu empedu sebagai suatu gejala maag. Terlebih letak organ tubuh ini yang memang dekat dengan lokasi lambung berada.

Batu empedu atau yang dalam bahasa kedokterannya disebut  cholelithiasis merupakan kondisi ketika seseorang merasakan sakit perut mendadak karena terciptanya batu di dalam organ yang ada di bawah organ hati, yakni kantung empedu.

Bila ditilik dari gejala awal sakit batu empedu benar-benar persis seperti maag. Nyeri yang  hebat ini berlangsung dan dialami di seputar lambung. Maka dari itu banyak orang yang mengiranya selaku penyakit maag.

Disamping penyebab batu empedu, gangguan ini umumnya tidak menunjukkan gejala. Tetapi gejala dapat saja timbul ketika sakit yang dialami mengakibatkan saluran empedu tersumbat.

Selama ini nyeri pada area tengah perut merupakan gejala sakit empedu yang paling lazim. Namun bila dibiarkan begitu saja, maka keadaan itu dapat menyebar sampai ke bagian tubuh lainnya seperti bahu dan tulang belikat.

Kecuali rasa nyeri. ada sejumlah gejala atau tanda tanda awal sakit batu empedu yang kerap timbul diantaranya diare, perut kembung, muntah, rasa mual, dan lenyapnya selera makan.

Faktor Penyebab Batu Empedu yang Paling Kerap Terjadi

Pada intinya banyak sekali faktor penyebab batu empedu timbul. Nah, berikut ini beberapa penyebab sakit batu empedu paling umum yang mesti Anda ketahui dan diwaspadai.

1. Kantong Empedu Tidak Benar-benar Kosong
Empedu berperan untuk mencerna sekaligus memproses kolesterol di dalam tubuh. Bila kantong empedu tidak dapat lagi mengosongkan isinya, itu berarti kolesterol yang masih tertinggal tidak dapat dibuang. Hal ini mengakibatkan terbentuknya batu di dalam kantong empedu.

2. Empedu Mengandung Kolesterol Berlebih
Faktor lain yang menimbulkan batu empedu, salah satunya adalah karena empedu memiliki kandungan kolesterol yang terlampau banyak. Penting diketahui, cairan empedu yang wajar mesti memiliki kandungan senyawa garam empedu yang memadai guna membuat kolesterol larut.

Tetapi bila pembuatannya terlampau banyak atau berlebihan, maka hal ini akan mengakibatkan kolesterol susah diuarikan. Akibatnya terjadi kristal pada kantung empedu dan berganti jadi batu.

3. Kantong Empedu Banyak Mengandung Bilirubin
Penyebab batu empedu yang lainnya terkait dengan bilirubin. Bilirubin merupakan zat kimia yang diproduksi tubuh secara alami buat membelah sel darah merah. Sayangnya, dalam keadaan khusus organ hati dapat membuat bilirubin terlampau banyak.

Keadaan inilah yang dapat menjadi penyebab bilirubin membeku dan akhirnya jadi batu. Ada pun jenis gangguan yang mengakibatkan hati menghasilkan bilirubin berlebihan antara lain lantaran gangguan darah tertentu, sirosis hati, dan infeksi saluran empedu.

Makanan Penyebab Terbentuknya Batu Empedu
Mengkonsumsi makanan penyebab batu empedu pun termasuk hal yang mesti diwaspadai. Tingginya asupan kolesterol akan menjadikan empedu mengalami kesulitan dalam memprosesnya. Oleh sebab itu hindarilah atau batasilah makanan sejenis ini.

Berikut ini beragam jenis makanan dan minuman yang dapat mengakibatkan terjadinya batu empedu yang alangkah baiknya dihindari atau dibatasi mengkonsumsinya, antara lain:
  1. Makanan yang kaya akan lemak jenuh, seperti aneka kue, butter, biskuit, dan keju.
  2. Makanan yang banyak  mengandung lemak, seperti halnya gorengan.
  3. Makanan penyebab diare pun hendaknya dijauhi, seperti makanan yang kaya akan gula dan susu tinggi lemak.
  4. Batasi pula mengkonsumsi minuman penyebab diare, seperti minuman yang kaya dengan gula, teh, dan kopi.

Itu dia berbagai faktor yang menjadi penyebab timbulnya batu empedu paling umum yang perlu buat diketahui. Menjauhi beragam faktor penyulut terjadinya batu  empedu akan menjadikan kita terlepas darinya. Namun bila masih merasa ragu dan cemas Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait melaui halodoc.

Halodoc adalah platform kesehatan yang menawarkan solusi kesehatan terlengkap dan terpercaya di Indonesia. Tidak hanya update informasi seputar kesehatan, Anda pun bisa konsultasi dan chat secara online dengan dokter hingga menemukan dokter yang Anda perlukan terkait dengan keluhan atau penyakit Anda bahkan sekaligus rumah sakit atau fasilitas kesehatannya. Selain itu Anda juga bisa melakukan cek lab dan membeli obat secara online, tentunya dengan rujukan dan resep dokter. Halodoc bisa Anda akses melalui website resminya di https://www.halodoc.com/ atau melalui aplikasi yang harus diinstal di ponsel Anda setelah sebelumnya mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. 

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Penyebab Sakit Batu Empedu yang Paling Umum Terjadi dan Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan