Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Prospek Kuliah di Universitas Pertamina, Ini Beberapa Keunggulannya!


Telah mengenal Universitas Pertamina (UP)? Kampus ini adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) non-kedinasan yang ada di dalam naungan Yayasan Pertamina, salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Universitas Pertamina adalah perguruan tinggi yang terbilang masih relatif baru di Indonesia. Pasalnya kampus ini baru berdiri pada sekitar tahun 2016. Walaupun demikian, Universitas Pertamina sudah membuka berbagai jurusan kuliah untuk jenjang strata S1. Tak cuma itu, kampus ini pun mempunyai visi untuk menjadi Top World University.

Sejarah Berdiri

Universitas Pertamina telah resmi didirikan pada tanggal 1 Februari 2016 berdasarkan SK Menristekdikti No. 60/KPT/I/2016. Kemudian kampus ini diresmikan pada tanggal 11 Februari 2016 oleh Menristekdikti, Dirut PT. Pertamina (tbk) dan didukung oleh Menteri BUMN.

Perguruan tinggi ini dibangun oleh PT. Pertamina sebagai bentuk kontribusi nyata kepada masyarakat yang diwujudkan dalam sektor pendidikan tinggi. Walaupun didirikan oleh PT. Pertamina, kampus energi ini tak cuma mengadakan perkuliahan di bidang sains dan teknologi saja, tetapi pula di bidang sosial dan humaniora.

Jurusan Kuliah dan Fakultas

Kini Universitas Pertamina sudah membuka 15 jurusan kuliah yang terbagi ke dalam enam fakultas. Inilah daftar jurusan kuliah S1 dan akreditasinya yang terdapat di Universitas Pertamina.



Keunggulan dari Universitas Pertamina

Dengan demikian banyak pilihan program studinya nama Universitas Pertamina pantas untuk kamu pertimbangkan. Berikut ini beberapa keunggulan Universitas Pertamina.

Lulusannya Berbasis Work Integrated Learning

Visi Universitas Pertamina ialah menjadi universitas terkenal kelas dunia sehingga seluruh kurikulumnya telah menggunakan akreditasi internasional.

Sistem pembelajaran berbasis work-integrated learning mengajarkan kepada para mahasiswa/mahasiswinya supaya ikut serta dalam pembelajaran akademik di kelas, kerja praktek lewat program magang, serta praktek kewirausahaan. Berarti seluruh lulusan Universitas Pertamina pasti memiliki kompetensi sesuai dengan permintaan industri, khususnya industri energi.

Dekat Dengan Industri

Universitas Pertamina adalah entitas dari PT. Pertamina. Manfaatnya menjadi mahasiswa sekalian lulusan Universitas Pertamina yakni suasana jadi pekerja di area pabrik PT. Pertamina maupun anak perusahaannya.

Aktivitas praktik atau magang serta studi kasus menjadikan para lulusannya telah mempunyai pengalaman khusus. Para lulusannya tentu berkompeten di bidang energi dan dengan menjadi lulusan terbaik, kamu mempunyai kesempatan besar bekerja di Pertamina ataupun anak perusahaannya.

Beasiswa Banyak

Universitas Pertamina mempunyai berbagai program beasiswa dengan kuota selaras permintaan Kemenristek dan Dikti. Sebanyak 20 persen jumlah kuota butuh memperoleh beasiswa, khususnya bagi mahasiswa yang kurang mampu tetapi punya prestasi.

Program beasiswa yang lainnya seperti Beasiswa Ekonomi, disediakan untuk biaya kuliah dan biaya hidup bulanan, dari tahun pertama hinggai tahun keempat kuliah. Ada juga beasiswa prestasi lewat seleksi Lomba Karya Tulis dari Pertamina Pusat dan mendapatkan hadiah beasiswa dengan total hingga Rp2 miliar.

Bila kamu telah sukses diterima jadi mahasiswa Universitas Pertamina, pada semester tiga kamu berkesempatan mengikuti Beasiswa Sobat Bumi Pertamina, suatu program besutan Pertamina Foundation.

Prospek Kerja Cerah

Lulusan Universitas Pertamina amat diperhatikan sekali oleh kampus supaya menjadi SDM berkompetensi, khususnya dalam bidang energi. Program magang langsung ke daerah industri, yakni di Pertamina atau di area anak perusahaan membantu mahasiswa memiliki  pengalaman nyata.

Upaya Universitas Pertamina yakni menghasilkan para pencari kerja berkompeten dan lulusan yang mampu membuka lapangan kerja dengan inovasi bisnis menurut minat dan bakat lulusannya.

Sarana Prasarana Lengkap

Universitas Pertamina terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Lokasinya yang strategis dibekali dengan fasilitas lengkap, seperti laboratorium untuk praktek, perpustakaan dan fasilitas olahraga berstandar internasional.

Kuliah Biaya Terjangkau

Pada umumnya perguruan tinggi swasta di Jakarta memasang tarif kuliah dengan harga yang fantastis, tetapi Universitas Pertamina malah menyediakan biaya terjangkau. Biaya kuliah bisa berkurang lagi saat ujian saringan masuk mendapatkan ranking 20 persen dari total jumlah yang diterima tiap gelombangnya sehingga dapat berkurang sampai 50 persen sesuai dengan batas waktunya.

Demikianlah informasi mengenai peluang kerja lulusan Universitas Pertamina dan keuntungan serta keunggulan lainnya dengan kuliah di lembaga pendidikan tinggi itu.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Prospek Kuliah di Universitas Pertamina, Ini Beberapa Keunggulannya!"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News