Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Mengenal Alat Bantu Dengar, Solusi Atasi Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran atau dikenal juga dengan penurunan pendengaran adalah masalah yang biasa terjadi akibat keturunan, penyakit, usia, dan bising. Orang dengan gangguan pendengaran ini bisa mengalami kesulitan saat berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga.

Pada tahun 2012 lalu WHO telah memperkirakan ada kira-kira 360 juta orang di seluruh dunia yang menderita gangguan pendengaran. Kawasan Asia Tenggara adalah daerah yang mempunyai jumlah kasus gangguan pendengaran dan tuli yang tergolong tinggi. Kira-kira satu dari tiga orang berusia 65-74 tahun menderita penurunan pendengaran dan nyaris setengah dari populasi yang usianya >75 tahun mempunyai kesulitan mendengar. Namun, beberapa orang barangkali tidak mau mengakui kalau mereka mendertita gangguan pendengaran.

Lansia yang tak bisa mendengar dengan baik bisa jadi akan menderita depresi atau akan menarik diri dari orang lain dan lingkungan sebab mereka merasa frustasi atau malu karena tidak bisa memahami pembicaraan orang lain.

Jenis-jenis Gangguan Pendengaran

Penurunan pendengaran bisa timbul dari kondisi yang ringan, seperti tak bisa mendengar suara dengan nada tinggi hingga kehilangan pendengaran secara total.

Terdapat dua 2 kategori umum dari gangguan pendengaran, yakni:
Gangguan pendengaran (tuli) sensorineural. Keadaan ini timbul ketika terjadi kerusakan pada saraf-saraf pendengaran atau bagian telinga dalam. Jenis tuli ini umumnya bersifat permanen.
Gangguan pendengaran (tuli) konduktif. Keadaan ini timbul ketika gelombang suara tidak bisa mencapai ke telinga dalam. Penyebab dari tuli konduktif ini bisa berbentuk gendang telinga yang bolong, penimbunan kotoran telinga atau cairan. Pengobatan ataupun tindakan operasi umumnya bisa memulihkan pendengaran.
 
Jenis gangguan pendengaran lainnya, antara lain:

Sudden Hearing Loss (Tuli Mendadak)

Tuli mendadak adalah keadaan di mana terjadi kehilangan pendengaran secara mendadak. Keadaan ini lebih kerap terjadi pada salah satu telinga, tetapi bisa terjadi pula pada kedua telinga. Bila Anda atau kerabat Anda mengalami hal ini segera konsultasi ke dokter.

Presbikusis

Presbikusis adalah istilah medis yang digunakan untuk menunjukkan adanya gangguan pendengaran yang terjadi lantaran usia. Keadaan ini dipengaruhi oleh keturunan dan bisa terjadi karena perubahan pada saraf-saraf pendengaran dan telinga dalam. Presbikusis bisa mengakibatkan penderita tak bisa mentoleransi adanya suara keras maupun mendengar pembicaraan orang lain. Prebikusis biasanya timbul pada kedua telinga. Jenis tuli ini timbul secara bertahap, maka dari itu, penderita presbikusis barangkali tidak menyadari kalau dirinya menderita gangguan pendengaran.

Alat Bantu Dengar

Gangguan pendengaran yang sengaja dibiarkan dan tak ditangani bisa memburuk. Tidak bisa dimungkiri jika fungsi indera pendengaran amat berpengaruh dalam aktivitas sosial. Alat bantu dengar adalah salah satu solusi bila Anda menderita gangguan pendengaran.

Alat bantu dengar memang tak bisa memulihkan pendengaran Anda jadi normal seperti sebelumnya, tetapi alat ini bisa menguatkan penerimaan suara yang kurang jelas dan mereduksi suara latar yang keras. Dengan demikian Anda dapat mendengar suara dengan lebih baik.

Piranti elektronik ini dapat membantu seseorang yang menderita gangguan pendengaran untuk bisa mendengar dan berkomunikasi secara lebih baik. Alat ini biasanya terdiri atas tiga komponen utama, yakni mikrofon, amplifier serta speaker.

Prinsip kerja dari alat ini adalah sebagai berikut, suara akan masuk lewat mikrofon yang lantas mengubahnya jadi sinyal elektrik dan kemudian mengantarkannya ke amplifier. Setelah itu amplifier berfungsi menambah kekuatan sinyal dan mengantarkan suara ke telinga lewat speaker.

Better Hearing Indonesia

Saat ini di pasaran banyak beredar alat bantu dengar. Namun jangan asal pilih. ya? Jangan karena melihat harga alat bantu dengar tampak murah, lantas membelinya. Karena jika salah beli dan salah pilih bukannya telinga bisa mendengar dengan baik, malah sebaliknya.

Oleh sebab itu Anda sebaiknya membeli alat bantu dengar di Better Hearing Indonesia. Di sini Anda bisa mendapatkan alat bantu dengar produk premium Eropa yang telah lebih dari 40 tahun menciptakan alat bantu dengar berkualitas dan telah tersebar di lebih dari 50 negara.

Audio Service bukanlah alat bantu dengar yang harganya ratusan ribu rupiah. Audio Service adalah alat bantu dengar digital premium buatan Jerman yang dilengkapi dengan teknologi full digital serta banyak channel yang menghasilkan kejernihan suara sehingga aman dan nyaman saat digunakan.

Jangan biarkan kondisi pendengaran Anda atau orang tua Anda semakin menurun! Segera miliki alat bantu dengar digital premium di Better Hearing Indonesia.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Mengenal Alat Bantu Dengar, Solusi Atasi Gangguan Pendengaran"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News