Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Gudang Canggih Amazon Tingkatkan Produktivitas Kerja yang Lebih Efisien


Sebuah perusahaan e-commerce terbesar yang menjual elektronik multinasional yang sering dikenal dengan sebutan Amazon.com, Inc kini banyak memanfaatkan teknologi untuk memudahkan berbagai pekerjaan di perusahaannya. Amazon sangat terobsesi dengan prinsip efisiensi sehingga selalu berusaha untuk mengoptimalkan segala sistem yang mereka miliki. Perusahaan ini juga telah membawa pengaruh optimal yang sangat luar biasa pada gudang tempat penyimpanan, paket serta sistem pengiriman barangnya. 

Amazon telah menerapkan sistem pergudangan yang canggih dan semakin otomatis, dengan meluncurkan mesin otomatis berbentuk robot yang dapat membantu perusahaan dalam melaksanakan aktivitas pekerjaan dengan lebih cepat. Robot tersebut akan terhubung dengan jaringan Internet yang dapat menggantikan tenaga kerja manusia dalam gudang dan dapat memilih dan menyeleksi barang-barang yang dipesan oleh konsumen. Komponen dalam robot ini terdiri dari perangkat lunak intelijen dan aplikasi yang akan membuat robot menjadi lebih cerdas, fleksibel dan tidak bergantung dengan bantuan manusia. Mekanisasi gudang ini juga membuat Amazon dapat menghindari kondisi kerja yang buruk bagi para karyawan mereka.

Kini, Amazon telah memiliki hampir 45.000 robot pada 20 gudangnya. Apa saja robot yang digunakan oleh Amazon dalam pengelolaan gudang mereka? Berikut penjelasannya!

1. Robot Proteus

Robot Proteus berfungsi untuk mengangkat, meletakkan dan memindahkan barang yang terdapat di gudang tanpa memerlukan  campur tangan manusia. Dengan menggunakan teknologi keselamatan, navigasi dan persepsi yang dikembangkan oleh Amazon, Robot Proteus ini dapat bergerak dalam gudang yang penuh dan sesak.

2. Robot Cardinal

Cardinal merupakan robot yang berupa lengan dan berfungsi untuk mengangkat serta menggerakan paket atau barang dengan berat mencapai 50 pounds (22,67 kg). Spesialisasi dari robot ini adalah perangkat teknologi visi komputer yang membuat mereka dapat memilih dan mengangkat paket yang ada dalam tumpukan. 

3. Sistem Amazon Robot Identification (AR ID)

Sistem AR ID ini berguna untuk mendeteksi paket yang akan disortir pada gudang Amazon tanpa harus mengarahkan paket tersebut ke kamera. Pekerja tidak perlu lagi menggunakan mesin pemindai genggam dalam memindai barang sehingga meningkatkan keselamatan dan produktivitas pekerja. 

Seluruh robot yang bekerja pada gudang Amazon ternyata digerakkan oleh teknologi Internet. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan besar seperti Amazon harus memiliki jaringan yang berkapasitas lebih tinggi agar dapat menggerakan seluruh sistem pada perusahaan akan berjalan lebih efektif. Jika Anda memiliki perusahaan yang memerlukan kapasitas Internet yang cepat dan aman, Anda harus menggunakan Metro Ethernet Telkom. Dengan Metro Ethernet Telkom, nikmati layanan berkapasitas tinggi dengan jaringan bandwidth hingga 10 Gbps dalam satu sirkuit yang fleksibel, mudah diakses, efektif, terpercaya dan didukung dengan Quality of Service (QOS) dan Other Lisence Operation (OLO). 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Gudang Canggih Amazon Tingkatkan Produktivitas Kerja yang Lebih Efisien"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News