Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Mengenal Conjunction dalam Bahasa Inggris


Pengertian conjunction secara sederhana bisa dikatakan sebagai kata sambung. Conjunction merupkan bagian penting dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, klausa, atau kalimat. Fungsi utama conjunctions adalah membangun hubungan logis antara elemen-elemen dalam sebuah teks, membantu membentuk hubungan sebab-akibat, waktu, tempat, kondisi, atau kontras. 

1. Conjunctions Koordinatif

Conjunctions koordinatif menghubungkan elemen-elemen yang setara dalam kalimat, seperti kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau klausa dengan klausa.

And (dan): She likes to read and write

But (tapi): He is tired, but he keeps working.

Or (atau): Would you like tea or coffee?

 2. Conjunctions Subordinatif

Conjunctions subordinatif menghubungkan klausa subordinat (klausa yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap) dengan klausa induk (klausa yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat lengkap).

Because (karena): She stayed home because it was raining.

Although (meskipun): Although it's hot, he wears a jacket.

If (jika): If you come early, we can go together.

 3. Conjunctions Korelatif

Conjunctions korelatif adalah pasangan conjunctions yang bekerja bersama untuk menunjukkan hubungan antara elemen-elemen dalam kalimat.

Either...or (entah...atau): You can either study or relax.

Both...and (baik...dan): She is both smart and hardworking.

Neither...nor (tidak...maupun): Neither the teacher nor the students were happy with the result. (Tidak ada guru maupun siswa yang senang dengan hasilnya.)

Dari contoh dan penjelasan yang ada, maka dapat dilihat perbedaan correlative dan coordinating conjunctions.

Nah, bicara soal bahasa Inggris seakan tidak ada habisnya. Dapat dikatakan bahwa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik di era sekarang ini dapat menjadi modal berharga. Selain itu juga menjadi gerbang untuk meraih banyak kesempatan, termasuk meningkatkan jenjang karir. Bagi orang dewasa, mempelajari bahasa Inggris di usia yang matang mungkin bisa menjadi kendala. Baik dari metode maupun waktu.

Namun sekarang, tidak perlu gundah akan hal itu. EF Adults hadir sebagai solusinya. Sesuai namanya, EF Adults ini merupakan kursus bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi usia dewasa. Apa kelebihannya? Sebagai penyedia kursus, EF telah berpengalama selama lebih dari 50 tahun, tersedia berbagai produk online dan juga offline, fleksibilitas dalam memilih kelas, tenaga pengajar yang ahli bersertifikat, akan menghadirkan pembelajaran menyenangkan. 

Selain itu, metode pembelajaran terintegrasi yaitu blended learning method yang dimulai dari pembelajaran secara individual, kemudian mencoba yang telah dipelajari kemudian mengaplikasikan yang sudah dipelajari ke dunia nyata. Nah, tunggu apalagi? Yuk segera daftar di EF Adults.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Mengenal Conjunction dalam Bahasa Inggris"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News