Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Mengenal Fungsi Mesin Pompa Air dari Honda Power Products


Pompa air merupakan salah satu mesin serbaguna yang banyak sekali membantu berbagai pekerjaan berat. Pompa air digunakan untuk mempermudah berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan pengambilan ataupun pengaliran air dari jarak yang jauh. Selain karena jaraknya, pompa air juga membantu pengambilan air dengan kapasitas yang lebih besar. Sehingga pekerjaan tersebut tidak lagi memerlukan tenaga manusia sepenuhnya. Seperti contohnya harus menggunakan timba, menggotong air dengan kapasitas besar dengan cara diangkat atau dipanggul. Dengan menggunakan pompa air, semua pekerjaan tersebut bisa terselesaikan dengan cepat dan mudah. 

Honda Power Products merupakan perusahaan asal Jepang yang memproduksi berbagai mesin serbaguna, termasuk mesin pompa air. Berbagai seri dan unit dari mesin pompa air sudah diproduksi dan terjual. Salah satunya adalah mesin pompa air Honda WL20XN. Honda WL20XN merupakan pompa air dengan tipe self priming dari Honda Power Products yang hadir dengan berbagai keunggulan. Tak hanya itu, mesin pompa air ini juga sudah dikenal dengan fungsinya yang serbaguna. Seperti misalnya digunakan untuk irigasi sawah dan berbagai situs konstruksi. Honda WL20XN ini digerakan oleh mesin honda GP160 4-tak yang merupakan mesin penggerak berkualitas tinggi. Honda WL20XN ini mudah untuk dioperasikan, dapat lebih hemat pada bahan bakar yang digunakannya, dan juga rendah emisi. Dengan pompa air berkualitas tinggi dan serbaguna tersebut, anda bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan berat di bidang apapun. 


Spesifikasi Honda WL20XN

Pompa Honda WL20XN adalah pompa self-priming jenis sentrifugal dengan lubang hisap dan lubang aliran berukuran 50 mm. Tinggi total maksimalnya adalah 32 m dan tinggi hisap maksimalnya adalah 7,5 m. Kapasitas pengairan maksimalnya mencapai 670L/min, dengan waktu pengisian diri sebanyak 110 detik setiap 5 m.

Ukuran pompa adalah 490 mm x 385 mm x 410 mm (panjang x lebar x tinggi), dengan berat kering sebesar 24 kg. Mesinnya adalah model GP160H, dengan teknologi 4-Tak, OHV, silinder tunggal berkapasitas 250, dan volume silinder sebesar 163 cm3. Diameter x langkahnya adalah 68.0 x 45.0 mm dan rasio kompresi 8.5 ± 0.3.

Tenaga bersih (SAE J1349) adalah 3.6kW (4.8 HP) pada 3600 min-1 rpm, dan torsi maksimum (SAE J1349). Konsumsi bahan bakarnya adalah 3.1 liter per jam, dengan bensin tanpa timbal sebagai tipe bahan bakar dan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 0.58 liter. Kapasitas oli mesinnya adalah jenis semi kering.


Kegunaan Mesin Pompa Air Honda WL20XN

Bicara soal fungsi dari mesin pompa air, mesin yang satu ini memang disebut-sebut memiliki banyak fungsi. Lalu, apa saja pekerjaan-pekerjaan yang bisa diatasi oleh mesin pompa air Honda WL20XN? Simak ulasannya berikut ini! 

Memompa air dari sumur

Untuk masyarakat pedesaan ataupun perkampungan, biasanya masih banyak rumah yang mengandalkan sumur untuk menyediakan air. Munculnya air dari dalam sumur terkadang tidak bisa ditentukan seberapa dalamnya. Penggalian sumur akan terus dilakukan sampai airnya muncul. Jika jarak gali sumur sudah cukup dalam, cara menaikkan airnya adalah dengan menggunakan pompa air. Mesin pompa air tentu mempermudah pekerjaan sehari-hari, karena sang pemilik rumah tidak lagi harus menimba air dari dalam sumur.  

Mengalirkan air banjir

Ketika terjadi bencana banjir, beberapa bagian dalam rumah tentu ada yang tergenang banjir. Terlebih lagi jika terdapat sebuah basement di rumah anda. Jika bagian dalam rumah ataupun basement tergenang banjir, mengalirkan air banjir ke luar dengan menggunakan pompa air bisa menjadi solusinya. Dengan begitu, air akan lebih cepat surut. 

Menguras kolam ikan

Apabila anda punya kolam ikan di sekitar rumah, tentu anda juga perlu menjadwalkan pengurasan kolam ikan untuk membersihkannya. Jika anda melakukan pengurasan kolam ikan dengan cara yang manual, tentu akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Tak hanya itu, anda juga akan lelah menyelesaikannya. Mesin pompa air bisa anda gunakan untuk menguras kolam ikan yang akan anda bersihkan. Setelah berhasil dibersihkan, anda juga bisa mengisi air ke kolam ikan kembali dengan menggunakan mesin pompa air. 

Memasok air minum

Di beberapa daerah, ada yang masih kesulitan untuk memasok air khusus untuk diminum. Mesin pompa air bisa membantu mengatasinya dengan mudah. Caranya adalah mengambil air minum yang jernih dari sumber mata air yang dialirkan ke tempat sistem penyediaan air minum di sekitar daerah tersebut.  

Untuk pemadam kebakaran

Pernahkah anda melihat cara pemadam kebakaran yang mengulurkan selangnya dan mengeluarkan air yang sangat deras? Air dengan tekanan tinggi ini sangat berfungsi untuk mematikan api kebakaran dengan cara yang praktis dan mudah. Dengan begitu, pekerjaan yang satu ini akan terselesaikan dengan mudah dengan adanya mesin pompa air yang serbaguna. 

Kolam renang

Tak hanya kolam ikan saja yang bisa dibersihkan bagian dalamnya, kolam renang juga punya jadwal tersendiri untuk membersihkannya. Ketika membersihkan kolam renang, tentunya sebelumnya harus menguras airnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan mesin pompa air Honda GX200 untuk mempercepat dan mempermudah pengurasan air. Dengan adanya alat ini, pemilik rumah tentu tidak memerlukan pengurasan air kolam renang secara manual. 

Irigasi pertanian

Pompa air juga digunakan untuk mempermudah pekerjaan di bidang pertanian, seperti misalnya irigasi pertanian. Pompa air ini berfungsi untuk menyediakan air bersih pada tanaman. Pertumbuhan tanaman tersebut akan sangat baik jika selalu diberikan air bersih, sehingga hasil panen anda nantinya akan sangat baik dan berkualitas. 

Dengan memiliki pompa air Honda WL20XN saja, ternyata akan mempermudah berbagai pekerjaan yang ringan hingga berat, bukan? 

Nah, itu dia beberapa fungsi dari mesin pompa air Honda yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan mesin pompa air Honda WL20XN anda bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan di berbagai bidang. Mulai dari pekerjaan yang ringan hingga pekerjaan berat.  

Untuk membeli mesin pompa air Honda WL20XN, anda bisa berkunjung terlebih dahulu ke situs website Honda Power Products. Anda bisa mencari dealer Honda Power Products terdekat dari lokasi anda. Segera kunjungi dealer terdekat dan dapatkan mesin serbaguna dari Honda!

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Mesin Pompa Air dari Honda Power Products"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News