google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA 5 Destinasi Wisata Unik di Sumatera Utara - Sumber Informasi

5 Destinasi Wisata Unik di Sumatera Utara

Sumber-Informasi.com - Sumatera Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beberapa objek wisata yang terbilang unik. Selain bentuknya beda dengan kebanyakan objek wisata lainnya di Indonesia, tempat wisata ini memiliki sejarah tersendiri.

Berikut 5 destinasi wisata unik di Sumatera Utara yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke provinsi yang beribukota di Medan ini.

Kompleks Taman Alam dengan Pagoda

Taman Alam Lumbini di Berastagi adalah kompleks taman alam yang di dalamnya terdapat Pagoda Lumbini yang merupakan tempat ibadah umat Buddha. Pagoda ini merupakan yang terbesar sekaligus pagoda dengan stupa tertinggi di Indonesia.

Gaya arsitektur Pagoda Lumbini yang unik disebut-sebut sebagai replika Pagoda Shwedagon di Myanmar. Berada di sekitar pagoda membuat kita seolah-olah berada di luar negeri. Replika Pagoda Shwedagon di TAL, kabarnya, merupakan replika tertinggi kedua di antara replika sejenis yang berada di luar Myanmar.

Untuk masuk ke kawasan ini, kita tidak dipungut biaya untuk tiket masuk. Pengunjung hanya mengisi buku tamu yang terdapat di depan gerbang masuk. Walaupun demikian, objek wisata ini dikelola dengan profesional sehingga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Selain dapat mengeksplorasi berbagai sudut di sisi luar, pengunjung juga diizinkan masuk ke dalam pagoda. Namun, tentunya dengan sejumlah aturan. Misalnya, pengunjung harus melepas alas kaki, tidak boleh makan atau minum selama berada di areal pagoda, dan menjaga ketenangan di tempat itu. Tepat di tengah-tengah ruangan, ada empat patung Buddha yang terbuat dan marmer. 

Dibuat Secara Manual dart Markisa Asli

Berbicara mengenai buah tangan asal Sumut, rasanya tak lengkap jika tak menyebut Sirup Noerlen. Dirintis sejak 1985, usaha yang dimulai Hj. Noerlen ini mampu mempertahankan eksistensinya dengan tetap mengutamakan kualitas serta dibarengi inovasi tiada henti.

Seluruh proses produksi Sirup Markisa Noerlen ternyata dilakukan secara manual, mulai dari pemotongan dan pemisahan buah, proses memasak, hingga pengemasan. Selain itu, bahan baku yang digunakan adalah markisa asli dan gula murni tanpa pengawet dan essence. Hal itulah yang membuat sirup Noerlen begitu digemari dan menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut. 

Vihara dengan Patung Berbagai Shio

Kuil tempat Dewi Kwan Im ini adalah salah satu situs budaya dan agama Buddha di Sumatera Utara. Terletak di pusat kota Pematang Siantar, kuil ini menjadi salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Patung Dewi Kwan Im yang ada di kuil itu telah diakui oleh berbagai negara sebagai patung yang tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian mencapai 22,8 meter. Patung sang Dewi didampingi oleh dua dewa yang bertugas untuk mencatat kebaikan dan keburukan setiap orang. 

Kuil tersebut dibangun selama 3 tahun dan diresmikan pada 15 November 2005. Semua material yang digunakan untuk membangun kuil dan arsiteknya didatangkan langsung dari Tiongkok. Selain itu, kuil tersebut kian menarik dengan adanya patung berbagai shio yang dipercaya oleh masyarakat Tiongkok sebagai lambang keberuntungan.

Graha Annai Velangkani , Bangunan Gereja yang Mirip Kuil di India

Graha Annai Velangkani merupakan pusat ziarah yang dibangun Keuskupan Agung di Indonesia. Gereja tersebut dibuka pada 2005. Keunikannya terletak pada keaslian arsitektur Indo-Mogui serta memasukkan lima unsur agama yang ada di tanah air yang membuatnya berbeda dengan gereja Katolik pada umumnya. Bahkan gereja itu mirip dengan kuil di India. Setiap ornamen dan pewarnaan dilakukan oleh tangan amatir dengan makna dari kitab suci.

Bangunan berbentuk menara graha terdiri atas dua tingkat dengan lantai pertama sebagai tempat beribadah dan balkon yang 14 jendelanya menceritakan jalan salib. Di lantai 2 terdapat patung berdiri Annai Velangkanni dan putranya setinggi 2 meter yang dibawa langsung dari India.

Gereja yang dibangun pada 2001 dan dipelopori Pastor James Barataputra ini terinspirasi dari keajaiban hadirnya Bunda Maria di Desa Velangkanni, Tamil Nadu, India. Nama Annai Velangkanni diambil dan bahasa India. Annai berarti Bunda dan Velangkanni adalah desa tempat Bunda Maria menampakkan diri.

Istana Maimun, Warisan Kebesaran Kerajaan Deli

Istana Maimun merupakan istana warisan Kesultanan Deli yang dibangun oleh Sultan Maimun Al Rasyid Alamsyah yang merupakan keturunan dari Sultan Deli 9. Istana yang dibangun pada 26 Agustus 1888 dan diresmikan pada 18 Met 1891 mi memiliki luas 2.772 meter persegi. Arsiteknya adalah kapten TH Van Earp dari Belanda. Arsitektur dari istana ini merupakan perpaduan dari Mughal, Timur Tengah, Spanyol, India, Belanda, dan Melayu.

Istana Maimun yang kadang-kadang disebut pula Istana Putri Hijau ini adalah istana kejayaan Kerajaan Deli. Istana ini dikuasai warna kuning, warna kejayaan kerajaan Melayu. Istana ini telah didiami oleh para keturunan dari Kesultanan Deli sejak tahun 1946.

Di dalam kompleks istana terdapat meriam puntung yang memiliki legenda tersendiri, yakni legenda Putri Hijau. Menurut hikayat puak Melayu, Meriam Puntung adalah penjelmaan dari salah satu saudara laki-laki putri hijau dari Kerajaan Deli Tua bernama Mambang Khayali. Ia berubah menjadi meriam saat mempertahankan istana dari serbuan Raja Aceh yang ditolak pinangannya oleh Putri Hijau. Karena terus-menerus menembakkan peluru ke arah pasukan Aceh, meriam itu pun terpecah dua. Menurut dongeng, ujung meriam yang menjadi bagian dari yang melayang tersebut jatuh di Kampung Sukanalu, Kecamatan Barus Jahe Tanah Karo. Sementara bagian yang lainnya diletakkan di bagian kanan Istana Maimun. 

telegram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan