Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Olahraga Bola Lantai (Floorball) Bisa Dimainkan di Lapang Basket, Voli, atau Badminton

Sumber-Informasi.com - Olahraga bola lantai (floorball) cukup bersahabat untuk dimainkan karena tidak perlu arena khusus. Kita bisa bermain bola lantai di lapangan outdoor atau indoor yang telah tersedia seperti lapangan basket, voli, bulu tangkis, atau aula. Olah raga ini dimainkan dengan menggunakan tongkat komposit berujung plastik yang melengkung.

Bola lantai dimainkan di lapangan dengan 6 pemain per team/regu. Tujuan permainan ini adalah mencetak gol dengan menempatkan bola plastik ke gawang lawan yang berada di ujung lapangan. Dalam proses permainannya, para pemain dapat mengendalikan dan mengarahkan bola dengan menggunakan tongkat dengan ujung yang melengkung. Pemain tidak boleh menggunakan tangan (kecuali kiper), lengan, atau kepala untuk menyentuh bola dengan sengaja. Namun, mereka dapat menggunakan kaki, terutama untuk menghentikan laju bola yang bergulir. Akan tetapi, dilarang menggunakan kaki untuk mencetak gol atau mengoper bola kepada teman.

Team bola lantai terdiri atas 5 pemain lapangan dan 1 penjaga gawang. Penjaga gawang tidak diperbolehkan menggunakan tongkat. Jika mengacu pada standar internasional, ukuran lapangan floorball adalah 40 x 20 meter dan tertutup oleh papan dengan sudut bulat (setinggi 50 cm). Ukuran gawang adalah 1,60  x 1,15 m dan 65 cm.


Tongkat yang dibuat dari plastik atau karbon dan sedikit lebih dari 1 meter panjangnya. Panjang tangkai tidak lebih dari 99 cm dan ujungnya terbuat dari berbagai plastik yang berbeda. Bola floorball terbuat dari plastik, berdiameter 72 mm, memiliki berat maksimal 23 gram, dan memiliki 26 lubang di permukaannya.



Ukuran tongkat untuk siswa SD, SMP, dan SMA disesuaikan dengan tinggi badan anak-anak SD, SMP, dan SMA. Cara mengukurnya yakni dengan cara memegang tongkat floorball lurus ke bawah. Ujung pegangan tongkat yang terbuat dari karet tersebut harus setinggi kira-kira 10 cm dari tinggi pinggang. Untuk anak SMA atau SMP rata-rata berukuran 90-100 cm. Sementara itu, untuk anak SD rata-rata berukuran 55-70 cm. [Referensi: sandygokiel.blogspot.com]

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News