google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA 5 Tips Menata Ruang Kerja Agar Lebih Kreatif dan Produktif - Sumber Informasi

5 Tips Menata Ruang Kerja Agar Lebih Kreatif dan Produktif

Sumber-Informasi.com - Ruang kerja di kantor memang tidak selalu berarti bentuk kantor yang bagus dengan segala furnitur yang lengkap. Sering kali, ruangan itu hanya untuk menyimpan buku-buku, menggunakan komputer, dan mengurusi tagihan-tagihan. Namun yang pasti, ruangan itu haruslah menjadi tempat yang membuat kita produktif dalam bekerja. Bagaimanakah cara menata ruang kerja agar lebih kreatif dan produktif?

Supaya bisa produktif, tentu ruangan itu memiliki prasyarat tertentu. Setidaknya, ada lima tips yang dibagikan sebuah artikel dari freshome.com yang membuat ruang kerja di rumah lebih nyaman dan mendorong penghuninya untuk lebih kreatif dan produktif

1. Sortir barang sesuai dengan kebutuhan
Mula-mula, lakukan inventarisasi isi ruang kerja di rumah. Setelah itu, lakukan penilaian mana barang yang dipakai secara berulang dan mana yang telah ada di situ berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun tetapi tetap tidak terpakai. Yang juga penting adalah barang yang tidak kena sortir adalah barang yang diperlukan untuk bekerja. Bila tidak dibutuhkan untuk bekerja, berikan kepada siapa saja yang membutuhkan atau bisa digunakan di ruangan lain seperti ruang bermain anak.

2. Selalu bersih
Ini sebetulnya tips yang berlaku untuk semua ruangan di rumah. Ketika lingkungan bersih, pikiran juga menjadi lebih terang. Pastikan ruangan itu selalu bersih dari sampah dan barang-barang yang tidak dipakai untuk bekerja.

3. Tentukan prioritas
Cari tahu barang apa saja yang dipakai untuk aktivitas bekerja. Bila ada televisi di ruang kerja dan ternyata waktu kita lebih banyak untuk menonton daripada bekerja, sudah waktunya untuk memindahkannya. Mainan anak dan sikat rambut hewan peliharaan juga jangan ada di ruang kerja. Apabila hal-hal itu ada di ruang kerja, kita cenderung akan menggunakannya lebih dulu sebelum bekerja sehingga waktu kerja tidak lagi efektif. 

4. Organisasikan semua barang
Setelah melakukan tahap 1,2, dan 3, waktunya untuk mengorganisasikan semua barang dengan membaginya ke beberapa zona. Zona 1 adalah penyimpanan, tentukan mana saja yang bisa masuk ke dalam laci dan yang lebih jarang digunakan. Zona 2 adalah meja kerja yang diisi oleh barang yang sangat diperlukan seperti alat tulis, komputer, stapler, dan lainnya. Zona 3 adalah lemari pajang untuk buku, majalah, dan lainnya yang bisa dijangkau seketika. Beberapa foto dan lukisan bisa juga diletakkan untuk membuat ruangan terasa personal.

5. Pencahayaan yang baik
Bila ruang kerja gelap, sulit bagi seseorang untuk bekerja dengan nyaman. Gunakan jendela atau lampu yang terang karena kita cenderung suka berada di dalam ruangan yang bisa kita lihat dengan jelas. Pastikan juga ventilasi yang baik dan pengatur suhu ruangan karena kita cenderung tidak betah di ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas. 
Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan