google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah Sendiri - Sumber Informasi

Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah Sendiri


Sumber-Informasi.com - Di saat harus duduk dan menuntaskan daftar pekerjaan, di situlah dibutuhkan ruang kantor yang nyaman, senyaman di rumah. Bila itu yang diinginkan, keduanya bisa didapatkan ketika memiliki kantor di rumah sendiri yang memang didesain memenuhi kebutuhan kerja yang nyaman. Lantas, bagaiaman cara menciptakan ruang kerja yang nyaman di rumah sendiri?

Kehidupan metropolitan membuat banyak orang harus bekerja saat sedang berada di rumah, meski sebenarnya lebih baik tidak membawa pekerjaan kantor ke rumah. Namun memang, ada juga sebagian masyarakat yang bekerja dari rumah, atau yang menjadikan rumah sebagai tempat untuk menuntaskan beberapa daftar tugas yang tidak terselesaikan di kantor sehingga tidak pulang terlalu larut.

Kedua tipe itu memiliki kebutuhan yang sama, yakni ruang kerja di rumah yang dapat membuat seseorang tetap bisa fokus bekerja. Kenyamanan tentunya memberikan dampak untuk terciptanya kualitas kerja yang lebih baik sehingga pekerjaan cepat tuntas dan bisa segera mengisi waktu bersama keluarga.

Oleh karena itulah, desain ruang kerja di rumah harus memperhatikan aspek fungsional sesuai dengan kebutuhan kerja dan aspek kenyamanan. Apabila keduanya sudah terpenuhi, memiliki ruang kerja di rumah akan memberikan dampak positif tambahan seperti tetap bisa memantau kondisi keluarga.

Desain itu tentu bisa berbeda dengan mempertimbangkan kebutuhan kerja, karakter penghuni, dan terlebih adalah keberadaan ruangan atau area yang bisa dijadikan ruang kerja. Karena kebutuhan area bermain anak dan lainnya, sering kali ruang yang tersisa berukuran kecil. Selain itu, meski namanya ruang kerja, keterbatasan area membuat tempat kerja itu hanya berada di salah satu sudut ruang keluarga atau ruang kamar.

Kalaupun demikian, tak apa-apa. Keterbatasan ruang justru membuat kreativitas lebih meluas. Ruang kecil tetap bisa dimanfaatkan dengan maksimal sebagai ruang kerja. Meski berada di pojok atau di balik kamar tidur, mari mengeksplorasinya menjadi ruang kerja yang nyaman.

Ruangan kosong di dekat pekarangan belakang pun bisa "disulap" menjadi ruang kerja yang nyaman. Meja kerja diposisikan langsung menghadap ke luar sehingga bisa melihat panorama hijau yang menyegarkan. Meski dekorasinya sederhana, ruangan itu dapat diisi dengan furnitur  lengkap yang menunjang pekerjaan. Ada lemari untuk menyimpan berbagai buku di sisi meja, penerangan yang cukup dari plafon serta kursi dan meja yang nyaman.

Gaya arsitektur rumah tua cocok juga ketika ada ruang kecil yang ingin dipakai sebagai ruang kerja. Bentuknya yang biasanya setengah lingkaran bisa didesain untuk memenuhi kebutuhan kerja.

Ruangan yang menjorok ke depan dapat didesain dengan warna utama putih. Ruangan ini menempel dengan kamar tidur utama. Ruangan dibuat sangat nyaman dengan furnitur melingkar, seluruh dinding diisi dengan jendela sehingga penerangan dan sirkulasi udara sangat baik, serta penempatan meja dan kursi kayu di titik tengah membuatnya tampak elegan.

Desain senada bisa didapat dari ruangan berbentuk persegi. Ruangan kecil itu dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan meletakkan meja kerja yang ramping dan kursi dengan struktur yang tidak besar. Penerangannya pun sangat ditunjang dengan keberadaan jendela besar yang mengarah keluar rumah.

Sebuah ruangan kecil di lantai atas yang cenderung diabaikan juga bisa disulap menjadi ruang kerja yang cantik. Meski ruangannya berukuran kecil dengan atap yang pendek, keberadaan jendela tetap membuatnya segar dan terang. Sebuah sofabed pun melengkapi sehingga ruangan terasa hangat dan nyaman.

Ruangan yang lebih kecil lagi pun bisa juga tampil cantik, nyaman, dan efisien, seperti ruang kerja di sebuah rumah di Brooklyn, AS. Penataan meja dan kursi cantik, ditambah dekorasi dinding dengan wallpaper, membuat ruang kerja mungil itu menjadi sangat nyaman.

Manfaatkan Area Kecil
Ketika ruangan nyaris tak bersisa, space yang terbatas pun tetap bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja. Gaya minimalis tentu lebih cocok untuk area kerja yang kecil dan bergabung ke ruangan yang lain.

Desain dekorasi ruangan oleh Boyd Design di sebuah rumah di Malibu itu pun bisa menjadi inspirasi. Area kerja hanya dibatasi partisi ruangan yang kecil berwarna putih. Mejanya pun bukan yang permanen dengan kaki-kaki yang besar, justru meja yang bisa dilipat ke dinding sehingga menghemat ruang.

Bila ingin lebih elegan dengan menggunakan meja serta kursi sofa tapi area terbatas, desain desainer Alberto Pinto di sebuah rumah kantor di Rio de Janeiro itu akan sangat cocok. Ditambah. foto besar, lampu elegan, dan aksesori lain yang minimalis tetapi mempercantik area kerja tersebut.

Lukisan-lukisan kecil juga cocok untuk menambah semarak area kerja yang minimalis. Apalagi dengan pilihan warna cokelat keemasan, sebuah rumah di Atlanta itu terlihat nyaman sebagai area kerja. Ruang kecil dan bahkan ketiadaan ruang khusus ternyata tidak membatasi kreativitas untuk mendekorasi ruang kerja di rumah. Yang terpenting adalah bekerja lebih efektif dan terasa nyaman karena berada di rumah sendiri. 

telegram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan