google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Bosan dengan Kue Tart Saat Ulang Tahun, Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Selatan Sebagai Penggantinya - Sumber Informasi

Bosan dengan Kue Tart Saat Ulang Tahun, Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Selatan Sebagai Penggantinya

Siapa sih yang tidak kenal nasi tumpeng? Nasi tumpeng adalah sebuah cara penyajian makanan khas dari Indonesia. Menu utamanya terdiri dari nasi yang memiliki warna kuning berkat pewarna alami dari tanaman kunyit. Nasi tumpeng berbentuk kerucut disertai bermacam lauk pauknya. Secara tradisional nasi tumpeng diletakkan dalam sebuah tampah (nampan bambu) bulat.

Nasi tumpeng biasanya hadir dalam berbagai acara selamatan/syukuran, seperti kendurian, kelahiran, pernikahan, kelulusan dan sebagainya. Secara sosial nasi tumpeng memiliki arti kebersamaan. Biasa dinikmati dengan cara bersama-sama disertai beragam sayuran, sambal dan lauk pauk.

Sekarang nasi tumpeng disajikan dalam berbagai acara formal atau makan bersama untuk merayakan suatu acara, seperti perayaan hari ultah (ulang tahun). Acara ulang tahun umumnya diawali dengan berdoa bersama (syukuran). Setelah itu baru nasi tumpeng dimakan secara bersama-sama dengan orang-orang tertentu (tamu undangan) yang hadir di tempat tersebut. Bagian puncak nasi tumpeng biasanya spesial diberikan untuk orang-orang terpenting atau istimewa dalam acara itu.

Merayakan kelulusan, anniversary atau ulang tahun memang memerlukan sesuatu yang tidak terlupakan dan berkesan. Beberapa waktu yang lalu perayaan-perayaan itu identik dengan yang namanya kue tart sehingga kue tart menjadi simbolis dari perayaan hari itu. Tidak jarang Anda akan berburu aneka macam kue yang enak dengan bentuknya yang terkesan unik.

Nah, bila Anda mau membuat hari istimewa untuk mereka menjadi spesial, cobalah beri sesuatu yang lain daripada biasanya. Misalnya nasi tumpeng Jakarta Selatan beserta hiasannya. Disamping dari bentuk serta tampilan dari nasi tumpeng itu sendiri, nilai filosofis yang begitu dalam pun bisa kita lihat dari upacara atau yang dilakukan.  

Ketika menghadiri acara tumpengan, pernahkah Anda memperhatikan upacara (ritual) pemotongan ujung tumpeng yang diberikan kepada sesepuh (orang yang dituakan atau dihormati)? Ya, di dalam ritual itu nyatanya juga bermakna bahwa kita mesti menghormati orang yang berusia lebih tua sebagai cetusan rasa terima kasih kita pada semua nasihat dan bimbingan yang telah diberikannya.

Kecuali itu, rasa kekeluargaan dan kebersamaan menjadi point penting yang terdapat dalam adat istiadat tumpengan. Hal itu dapat Anda lihat dari nasi beserta lauk-pauk yang disediakan dalam satu wadah kemudian diambil secara bersama-sama. Dengan demikian membuat kita jadi lebih akrab satu sama lain, alhasil rasa kebersamaan pun menjadi kian terjalin.

Raih kebersamaan serunya ulang tahun Anda dengan pesan nasi tumpeng Jakarta Selatan sekarang juga! Anda bisa pilih sendiri menu nasi tumpengnya; nasi tumpeng kuning, nasi tumpeng putih atau nasi tumpeng hijau.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan