google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Sepeda Cinelli, Sepeda Rintisan Mantan Pebalap Profesional Italia Cino Cinelli - Sumber Informasi

Sepeda Cinelli, Sepeda Rintisan Mantan Pebalap Profesional Italia Cino Cinelli


Sumber-Informasi.com - Kota Milan di Italia bukan hanya masyhur sebagai kota mode dunia bersama London, New York, dan Paris. Kota metropolis di wilayah Lombardy di Italia Utara tersebut juga dikenal sebagai pusat industri bersepeda di negeri para gladiator. Cinelli adalah salah satu produk sepeda yang turnbuh di kota itu.

Sepeda Cinelli dirintis mantan pebalap profesional Italia era 1937-1944 bernama Cino Cinelli. Sebagai pebalap, popularitasnya terbilang cukup mentereng. Selain pernah menjadi kampiun kejuaraan Giro di Lombardia 1938, ia juga memenangkan kejuaraan Milan-San Remo 1943.

Cino mendirikan perusahaan dengan brand yang diambil dari namanya sendiri pada 1948. Kabarnya, ia banting setang ke dunia bisnis sepeda lantaran kurang puas pada sepeda yang ada selama turun di ajang balapan.

Sepeda Cinelli memang bukan pionir di industri sepeda Italia, tetapi pengalaman sang pendiri di balapan jalan raya profesional telah menempatkan produknya di level atas. Popularitas namanya secara tak langsung mendongkrak sepeda Cinelli sebagai marca dispositata yang dirintis dan dikembangkannya.

Cino tak hanya memproduksi sepeda tetapi juga kompenen yang diperkirakan mencapai angka 80% dari total produksinya. Sebelum benar-benar turun di ranah bisnis, Cino telah coba mengaplikasikan ide briliannya pada sebagian anatomi sepeda. Salah satunya terwujud pada model mahkota garpu atau porok dan seat stays dengan kemiringan tertentu. Fitur baru hasil idenya itu pernah dipakai pembalap Fausto Coppi pada 1947.

Frame Cinelli memiliki penggemar setia di seluruh dunia. Namun begitu, bingkai yang diproduksi tidak terlalu melimpah. Produksi tahunan paduan antara frame dan setang mencapai 5.000 unit pada 1950 dan 7.500 unit di awal 1960-an. Artinya, frame yang dibuat per tahun tak lebih dari 700 unit, kecuali pada tahun-tahun terbaiknya yang mampu menembus 750 unit. Tahun 1978, angka itu meningkat signifikan menjadi 150.000 unit.

Pada katalog yang diterbitkan 1961, salah satu desain porok eksklusif yang dikeluarkan Cinelli adalah Riviera, Pista, Corsa, dan Super Corsa dengan keunggulannya masing-masing. Hal itu juga berpengaruh pada desain frame yang bakal menjadi pasangan porok tersebut.

Selain pada komponen, sepeda Cinelli juga populer dengan rangka baja dan setangnya yang klasik. Dalam perkembangannya, ada sejumlah inovasi yang dilakukan perusahaan terutama dalam menunjang pengendara di ajang balapan. Di antaranya, Cinelli meluncurkan clipless pedal pertama M71 pada 1971 dan setang berbahan aluminium pertama yang diterima di ranah profesional.

Tiga dekade setelah pendirian, perusahaan Cinelli diambil alih industrialis muda bernama Antonio Colombo. Selain paham betul di bidang pipa baja, Colombo juga tergolong sebagai orang yang cinta dan gemar bersepeda. Berada di bawah kepemimpinannya, Cinelli berkembang lebih pesat lagi dan terus mendapat tempat di pasar sepeda.

Sepeda yang mencantumkan helm ksatria pada logonya itu memang didominasi model sepeda untuk balap. Desain dan teknik pengelasan pada frame terus dikembangkan perusahaan hingga beroleh sejumlah penghargaan. Bahkan, produk inovasinya banyak digunakan pembalap dunia di arena balap sepeda semisal di olimpiade. 

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan