google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Pantai Tenjo Resmi, Pantai Bersih yang Nyaman untuk Liburan Keluarga - Sumber Informasi

Pantai Tenjo Resmi, Pantai Bersih yang Nyaman untuk Liburan Keluarga

Sumber-Informasi.com - Pantai Tenjo Resmi berlokasi di Desa Citepus, Palabuhanratu, Sukabumi. Pantai ini menjadi bagian dan pesona pesisir laut pantai selatan Jawa Barat, primadona para penikmat pantai.

Pantai Tenjo Resmi adalah salah satu tujuan wisata pantai di sekitar Palabuhanratu. Palabuhanratu memiliki sejumlah lokasi wisata yang terbagi ke dalam beberapa kategori, wisata alam, wisata religi, dan wisata lain. Pantai Tenjo Resmi berlokasi sekira 60 kilometer ke arah selatan dari Kota Sukabumi.

Palabuhanratu merupakan kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang berada di pesisir Samudra Hindia, yaitu di bagian barat daya wilayah kabupaten ini. Pada masa Hindia Belanda, daerah ini dikenal dengan nama Wijnkoopsbaai.

Karena daerah itu memiliki daya tarik tersendiri, Presiden Soekarno pernah mendirikan tempat peristirahatan pada 1960 di kawasan Tenjo Resmi. Tempat itu sering disebut Pesanggrahan Tenjo Resmi atau Pasanggrahan Tenjo Resmi, malah dikenal sebagai Istana Kepresidenan RI Palabuhanratu. 

Atas prakarsa Soekarno juga dibangun Samudera Beach Hotel, salah sebuah hotel mewah pertama yang didirikan di Indonesia pada  jangka waktu bersamaan dengan Toserba (Toko Serbaada) Sarinah, Bali Beach Hotel, dan Hotel Indonesia, yang semuanya memakai uang ganti rugi perang dari Jepang.

Selain hotel besar dan mewah, di daerah itu terdapat pula sejumlah hotel dan losmen kecil. Tak berapa jauh dari Pantai Tenjo Resmi terdapat beberapa tempat wisata, yakni Pantai Palabuhan Ratu, Pantai Karang Hawu, Pantai Cibareno, Pantai Cimaja, Pantai Cibangban, Pantai Citepus, Ombak Tujuh Cimaja, Break Water, dan Gua Lalay Palabuhanratu.

Di kawasan itu terdapat Agrowisata Tenjo Resmi yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII. Anda bisa merasakan sensasi menginap di Gedung Tahan Gempa. Tak begitu jauh ada Geopark Ciletuh.

Bersantai sambil menyaksikan deburan ombak yang indah membuat pikiran dan hati pengunjung menjadi tenang. Ditambah semilir angin yang bertiup sejuk di pinggir pantai yang dihiasi pepohonan dan peneduh yang berjejer di bibir pantai.

Banyak terdapat kuliner. Aneka makanan dan minuman yang nikmat dapat dipesan dengan harga cukup terjangkau. Banyak yang menjadikan Pantai Tenjo Resmi sebagai tempat nongkrong, bersantai, dan berkumpul favorit.

Pantai itu cukup bersih dan nyaman untuk liburan keluarga atau bersama teman. Apabila berwisata di pantai ini, berhati-hatilah pada arus kuat yang mungkin terjadi di sepanjang garis pantai, terutama jika membawa anak-anak. Jangan biarkan mereka berenang sendirian tanpa pengawasan. [Source Image: worldtripandtravel.com ; Source Article: E. Saepuloh/PR]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan