google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA 3 Ciri Utama Nyamuk Demam Berdarah - Sumber Informasi

3 Ciri Utama Nyamuk Demam Berdarah

Kenali dan hindari nyamuk Aedes aegypti, agar Anda tidak mengalami demam berdarah di kemudian hari.

Demam berdarah merupakan ancaman nyata saat musim hujan tiba. Oleh karena itu, setiap orang diminta untuk waspada dan melakukan pencegahan sekarang juga. Tindakan awal yang bisa Anda lakukan adalah mengenali ciri-ciri nyamuk demam berdarah.

Aedes aegypti, inilah nyamuk yang berperan sebagai vektor (pembawa atau penyebar) demam berdarah dengue alias DBD. Jenis serangga ini tergolong sulit dideteksi, karena bertubuh kecil dan sering bersembunyi di tempat-tempat yang tidak terduga.

Supaya Anda tidak lagi tertipu, berikut adalah ciri nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD):
• Ciri fisik
Aedes aegypti memiliki tubuh yang relatif kecil, berwarna hitam dengan garis putih yang tampak seperti bintik-bintik. Selain itu, terdapat pula garis vertikal di bagian punggung nyamuk.

• Tempat berkembang biak
Nyamuk Aedes aegypti paling senang bersembunyi dan berkembang biak di tempat air menggenang, seperti penampungan air, toilet, kolam renang, vas bunga, dan lainnya. 

• Waktu aktif
Demam berdarah dengue ditularkan melalui Aedes aegypti betina. Nyamuk jenis ini biasanya aktif mengisap darah saat pagi, siang, atau sore hari.

Setelah mengenal ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti, langkah selanjutnya untuk mencegah demam berdarah dengue (DBD) adalah:
  • Menguras wadah air, seperti bak mandi, kolam renang, ember, vas bunga, tempat minum dan lainnya.
  • Menutup semua tempat penampungan air supaya nyamuk tidak masuk dan bertelur di dalamnya.
  • Mengubur atau membakar semua barang bekas, khususnya yang dapat menampung air.
  • Lengkapi tindakan di atas dengan memelihara ikan pembasmi jentik nyamuk, menaburkan abate untuk membunuh larva nyamuk, mengenakan losion anti nyamuk, dan menggunakan kelambu saat tidur.

Dengan mengenali ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti, diharapkan Anda tak mengalami demam berdarah dengue (DBD) di kemudian hari. Pada akhirnya, tak ada lagi korban yang berjatuhan akibat penyakit tersebut.
Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan