Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Penang, Tempat Wisata yang Cocok untuk Menenangkan Pikiran

Sumber-Informasi.com - Ketika ada yang bilang ingin berkunjung ke Penang, Malaysia, yang terpikirkan adalah ia akan menjalani pemeriksaan kesehatan atau pengobatan. Padahal, Penang juga telah mengembangkan aspek wisatanya, mulai dari wisata kota yang modern, wisata alam, serta tidak ketinggalan wisata belanja dan wisata kuliner.

Penang, Pulau Pinang, atau yang biasanya dibaca Pineng, memang negara bagian di Malaysia yang sangat identik dengan bidang kesehatan. Pelayanan kesehatan, teknologi, dan jumlah rumah sakitnya terus mengalami peningkatan.


Namun, karena yang berobat ke sana butuh wisata di waktu luang atau bahkan secara sengaja memperpanjang waktu kunjungan supaya bisa berwisata, aspek pariwisata pun semakin dikembangkan. Bahkan, kini semakin bertambah pula wisatawan yang memang tujuannya hanya untuk berwisata ke Penang.

Pemerintah Malaysia, melalui Malaysia Health Tourism Council (MHTC) juga secara khusus mempromosikan berbagai tujuan wisata yang bisa dinikmati di Penang. Pasien memang semakin banyak yang check up sekalian berlibur. Ada yang bahkan menawarkan paket tiga hari dua malam. Dapat report medical check up kan bisa hari itu juga, lalu konsultasi. Sisa waktunya bisa berwisata.

Wisata di Penang memang cocok untuk menenangkan pikiran. Berbeda dengan Kuala Lumpur yang penuh kebisingan khas kota metropolitan, Penang adalah kota yang lebih tenang. Di sana, jarang terjadi kemacetan panjang, jarak ke berbagai tujuan relatif dekat, dan biaya sehari-hari juga relatif terjangkau.

Suasana kotanya sangat nyaman yakni berupa kota tua peninggalan penjajah Inggris. Banyak bangunan kolonial yang masih dipertahankan sebagai bangunan cagar budaya. Oleh UNESCO, ibu kota Penang, George Town, ditetapkan sebagai World Heritage Site.

Sementara itu bandara di Penang tidak terlalu besar sehingga tidak sulit untuk mencari pintu keluar. Transportasi yang bisa digunakan di antaranya taksi online yang jumlahnya sudah cukup banyak. Aplikasi yang sudah diunduh di Indonesia pun bisa tetap digunakan tanpa perlu memperbaruinya. Di dalam kota, ada juga pilihan transportasi untuk menggunakan bus kota. Di kawasan wisata di George Town, kita bisa menggunakan becak layaknya becak wisata di dalam negeri. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News