google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Jenis-jenis Obat Pelancar Haid Saat Siklus Datangnya Tidak Teratur - Sumber Informasi

Jenis-jenis Obat Pelancar Haid Saat Siklus Datangnya Tidak Teratur

Siklus haid merupakan aspek utama dalam memastikan kapan seorang wanita sedang dalam waktu subur. Untuk pasangan yang tengah berusaha memperoleh keturunan, tentu saja masalah ini amat memastikan. Seringkali, dokter akan meresepkan obat pelancar haid untuk mendukung memperlancar siklus haid. 

Penting diingat juga kalau siklus haid tiap-tiap wanita tentu berlainan antara satu dan yang lain. Ada wanita yang mempunyai siklus rutin antara 24-38 hari tiap-tiap bulannya. Tetapi, ada pula yang siklus haidnya tak dapat dikira-kira. Pada sebagian keadaan, lamanya haid yang biasanya kira-kira 5-7 hari pun dapat tak beraturan. Bisa cuma 3 hari, dapat pula lamanya sampai 2 pekan. Lalu, apa sajakah obat pelancar haid yang aman dikonsumsi? 

Beragam Jenis Obat Pelancar Haid 
Dokter cuma akan meresepkan obat pelancar haid bila dirasa betul-betul penting. Keadaan itu haruslah seorang wanita yang siklus haidnya tidak keruan dan mengusik masalah lain, seperti kesuburan. 

Obat pelancar haid beroperasi dengan memicu fisik buat mengeluarkan hormon-hormon yang memancing terbentuknya pembuahan ketika sel telur siap timbul dari ovarium. 

Untuk mereka yang menempuh prosedur alternative buat melahirkan, seperti bayi tabung, obat pelancar haid pun perlu sebagai bagian dari penyembuhan. 

Sebagian obat pelancar haid yang lazim diresepkan dokter yaitu: 
1. Cytotec
Ini adalah salah satu obat pelancar haid yang paling efektif. Tidak sedikit toko obat dan apotik yang jual cytotec. Obat ini bukanlah jenis obat pelancar haidi biasa. Obat ini dispesialkan untuk wanita atau perempuan yang mau menggugurkan kandungannya. Menggugurkan kandungan di sini tentunya dengan alasan yang masuk akal dan resmi (legal), salah satu diantaranya ialah lantaran problem kesehatan.

Cara kerja dari obat cytotec ini ialah dengan cara menghambat hormon progesteron yang dipakai untuk menjaga kehamilan. Bila hormon progesteron itu dihalangi, maka jalur kehamilan kelak akan terbuka dan lama-lama leher rahim pun akan melunak. Rahim pun akan mulai meranggas sehingga mengeluarkan darah yang merupakan tanda obat itu sedang bekerja.

2. Injeksi hormon 
Alternative obat pelancar haid selanjutnya ialah injeksi hormon. Lagi-lagi tujuannya sama, ialah memerangkap ovulasi. Sebagian jenis injeksi hormon di antara lain:  
Human Chorionic Gonadotropin (HCG): profasi, pregnyl, ovidrel, dan novarel (dipakai dengan obat penyubur lain bagi memicu ovarium menciptakan sel telur) 

Follicle-Stimulating Hormone (FSH): Gonal-F, Follistim, Fertinex, dan Bravelle, Fertinex, Follistim, dan Gonal-F (memikat perkembangan sel telur di ovarium) 

Jenis-jenis hormon selaku obat pelancar haid ini diberikan dalam wujud suntikan. Dosisnya tergantung kepada keadaan medis tiap-tiap orang. Umumnya dokter akan menawarkan suntikan hormon ini pada hari ke-2 atau ke-3 sesudah haid diawali. 

3. Kapsul hormonal 
Salah satu pengobatan yang dapat dijadikan obat pelancar haid ialah kapsul hormonal. Dokter akan meresepkan kapsul yang memiliki kandungan hormon estrogen dan progesteron guna menangani siklus haid yang tak rutin. 

Obat yang biasa diresepkan ialah progestin yang mendukung terbentuknya haid pada mereka yang tak lekas memperolehnya. 

Efek Samping Obat Pelancar Haid 
Menghentikan konsumsi obat pelancar haid mesti dipikir matang-matang. Bila benar-benar tujuannya buat mempunyai generasi, beberapa obat pelancar haid dapat amat mendukung memastikan kapan seorang wanita dalam waktu sangat subur. 

Tetapi penting diingat, akan ada sebagian efek samping dari konsumsi obat pelancar haid, seperti: 
  • Pengubahan suasana hati, seperti gampang takut, tekanan mental, dan suasana hati  
  • Mual dan muntah 
  • Kram perut 
  • Buah dada merasa tak menyenangkan 

Seringkali siklus haid kacau sehingga dapat mengakibatkan stress pada seseorang. Mengganti gaya hidup lebih sehat bersama giat olahraga ringan dan konsumsi santapan bergizi pun dapat jadi opsi alami bagi menyembuhkan siklus haid tak rutin sebelum mengkonsumsi obat pelancar haid cytotec.
Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis-jenis Obat Pelancar Haid Saat Siklus Datangnya Tidak Teratur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan