google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Inilah Keuntungan Pengiriman Barang Menggunakan Sentral Cargo Lewat Kapal Pelni - Sumber Informasi -->

Inilah Keuntungan Pengiriman Barang Menggunakan Sentral Cargo Lewat Kapal Pelni


Pengiriman barang antar pulau di Indonesia telah menjadi hal wajib untuk beberapa tahun belakangan ini. Hal itu dilakukan agar terjadi pemerataan tersedianya kebutuhan pokok ataupun barang-barang yang lainnya. Disamping itu, pendistribusian barang yang merata akan memberi pengaruh baik terhadap perekonomian masyarakat Indonesia. Walaupun, di sejumlah pulau yang jauh dari ibukota negara, masih ditemui perbedaan harga barang yang terpaut amat jauh.

Oleh karena itu, moda transportasi yang dipergunakan untuk pengiriman barang itu perlu mendapatkan perhatian khusus. Misalnya saja, pengiriman melalui jalur darat, laut maupun udara dapat dilakukan dengan mudah memakai transportasi yang diperuntukkan spesial untuk ekspedisi barang. Salah satu moda transportasi spesial itu ialah kapal laut yang dioperasikan oleh PT. Pelni atau yang populer disebut masyarakat selaku kapal Pelni.

Ada berbagai keuntungan saat Anda melakukan pengiriman barang lewat kapal Pelni. Berikut ini uraiannya;

1. Keuntungan Pengiriman Lewat Kapal Pelni dari Aspek Harga

Selaku kapal angkut barang yang ada di bawah lindungan perusahaan terkenal, kapal Pelni tdak ragu-ragu untuk membanderol biaya yang lebih murah. Sehingga tidak sedikit perusahaan ekspedisi yang menawarkan pengiriman melalui kapal cepat ini. Beberapa perusahaan kadang-kadang tak mencantumkan harga pasti dalam sekali pengiriman sebab umumnya dihitung berdasarkan jenis barang, tetapi rata-rata penghitungan barang ialah per satu koli. Sebaiknya lakukan cek ongkos kirim agar tidak ragu. 

2. Keuntungan Pengiriman Lewat Kapal Pelni dari Aspek Waktu

Walaupun tak secepat pengiriman melalui pesawat, tetapi waktu tempuh kapal Pelni dapat dibilang lebih cepat ketimbang kapal lainnya, terlebih bila dibandingkan dengan kapal kargo biasa. Perbedaan waktunya dapat terpaut hingga 2 kali lipat. Misalnya saja Anda mengirim barang dari Jakarta ke Ternate, bila menggunakan kapal kargo biasa waktu tempuhnya kira-kira 2 mingguan, tetapi seminggu saja cukup bila dengan kapal Pelni.

Kenapa bisa begitu? Karena kapal Pelni umumnya selalu jadi prioritas di beberapa dermaga. Tidak cuma itu, jadwal pelayarannya juga telah tersusun secara baik dan lebih cepat dibandingkan kapal yang lainnya. Malahan waktu yang dipakai untuk membongkar dan menyusun muatan juga tak kalah gesitnya.

3. Estimasi Waktu Pengiriman Lewat Kapal Pelni dari Surabaya ke Daerah-daerah

Penting diketahui pula bahwa kapal laut cepat yang satu ini umumnya berangkat dari Surabaya sebelum melaut menuju ke wilayah timur Indonesia. Walaupun awalnya dari Tanjuk Priok, tetapi akan transit dahulu ke Surabaya. Agar Anda tahu lebih gamblang waktu tempuhnya, berikut disajikan estimasi pengiriman barangnya.

  • Surabaya > Ternate : 6-8 hari; Dobo : 10-12 hari; Ambon : 7-15 hari.
  • Surabaya > Bau-Bau : 7-10 hari; Bitung : 10-12 hari.
  • Surabaya > Makassar : 5-6 hari; Sampit : 12-14 hari.
  • Surabaya > Jayapura/Merauke/Manokwari/Biak : 10-15 hari.

4. Rute Pengiriman Barang dengan Kapal Pelni

Walaupun selaku kapal pengantar barang yang cepat sekaligus profesional, kapal Pelni tentu saja tak melalui seluruh dermaga yang terdapat di Indonesia. Mereka mempunyai jalur khusus yang telah ditetapkan dari awal. Berikut disajikan daftar rute pengiriman barangnya yang dapat Anda pelajari sebelum memakai jasa kapal Pelni.

  • Kapal Pelni Labobar Melewati : Tanjung Priok > Surabaya > Makassar > Sorong > Manokwari > Nabire > Jayapura.
  • Kapal Pelni Gunung Dempo Melewati : Tanjung Priok > Surabaya > Makassar > Ambon > Sorong > Biak > Jayapura.
  • Kapal Pelni Dobonsolo Melewati : Tanjung Priok > Surabaya > Makassar > Bau-Bau > Sorong > Manokwari > Jayapura.

Demikianlah ulasan kenapa pengiriman barang melalui kapal Pelni lebih menguntungkan dan hemat waktu. Mudah-mudahan artikel ini berguna bagi Anda yang tengah mencari moda transportasi untuk ekspedisi barang ataupun logistik.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Keuntungan Pengiriman Barang Menggunakan Sentral Cargo Lewat Kapal Pelni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan