google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Mengenal Berbagai Jenis Obat - Sumber Informasi -->

Mengenal Berbagai Jenis Obat


Mungkin masih ada sebagian dari kalangan umum yang tidak mengetahui berbagai jenis obat berdasarkan kategori pengawasan obat-obat tersebut. Obat tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Konsumsi obat-obatan berikut penjualannya selalu diawasi oleh badan pengawasan khusus dari pemerintah. Setiap jenis obat juga berbeda-beda tempat penjualannya. Beberapa jenis tempat menjual obat adalah apotek, apotek online, toko obat, toko obat online, apotek rumah sakit dan lain sebagainya. Apotek online adalah tempat beli obat yang sekarang cukup banyak digunakan, contoh apotek online adalah apotek24jam.id. Berikut beberapa jenis obat berdasarkan pengawasan dan cara menjualnya.

Obat Bebas

Obat yang dijual bebas di pasaran dan dapat dibeli tanpa resep dokter. Pada kemasan etiket obat bebas, tanda khusus berupa lingkaran hijau (TC 396) dengan garis tepi berwarna hitam.

Obat bebas dapat dijual melalui toko obat biasa, toko obat online, apotek atau apotek online. Secara garis besar hampir semua fasilitas kefarmasian bisa menjual obat bebas.

Obat Bebas Terbatas

Obat yang sebenarnya termasuk obat keras tetapi masih dapat dijual dan dibeli tanpa resep dokter, namun penggunaannya harus memperhatikan informasi yang menyertai obat dalam kemasan. Pada kemasan dan etiket obat bebas terbatas terdapat tanda khusus berupa lingkaran biru (TC 308) dengan garis tepi berwarna hitam.

Obat bebas terbatas pada umumnya dapat dijual melalui toko obat biasa, toko obat online, apotek atau apotek online. Pembeli obat bebas terbatas hanya perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga ahli kefarmasian apabila ingin mengkonsumsi secara lebih aman. Seorang asisten apoteker dapat menjadi tenaga ahli kefarmasian untuk konsultasi tentang obat bebas terbatas.

Obat Keras

Obat yang hanya dapat dibeli di apotek dengan resep Dokter. Obat keras mempunyai tanda khusus berupa lingkaran bulat merah (TC 165) dengan garis tepi berwarna hitam dan huruf K ditengah yang menyentuh garis tepi. 

Obat keras hanya diperbolehkan dijual melalui apotek atau apotek online. Hanya apoteker yang boleh menerima resep obat keras yang dibuat oleh seorang Dokter. Obat keras dikonsumsi harus sesuai dengan dosis dan sesuai dengan cara pemakaian. Obat golongan ini dapat menyebabkan efek samping yang cukup serius seperti alergi dan lain sebagainya apabila dikonsumsi sembarangan.

Obat Psikotropika

Obat bukan golongan narkotik yang berkhasiat mempengaruhi susunan syarat pusat. Obat ini dapat menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Obat golongan ini hanya boleh dijual dengan resep dokter dan diberi tanda huruf K dalam lingkaran merah dengan garis tepi berwarna hitam. Contoh obat ini adalah Diazepam, Phenobarbital dan lain-lain.

Obat golongan ini biasanya hanya dijual melalui apotek besar dan tidak diperbolehkan dijual secara online. Obat golongan ini sangat berbahaya apabila dikonsumsi sembarangan. Efek samping obat golongan ini termasuk besar dan bisa membahayakan nyawa pasien. Pasien yang mengkonsumsi obat golongan ini juga perlu terus melakukan kontrol diri secara teratur ke Dokter.

Obat Narkotika

Obat yang berasal dari turunan tanaman atau bahan kimia yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan. Obat ini hanya dapat diperoleh dengan resep Dokter. Contoh obat ini adalah Morfin dan Petidin.

Obat golongan ini hanya dijual pada apotek besar atau rumah sakit. Obat golongan ini tidak pernah dijual secara online. Golongan obat ini biasanya dipakai untuk obat bius pada waktu operasi pembedahan. Obat ini juga bisa dipakai untuk korban kecelakaan yang membutuhkan penghilang rasa sakit akibat luka kecelakaan. 

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Berbagai Jenis Obat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan