Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

RajaKomen Mampu Tingkatkan Kesuksesan Kampanye Politik Melalui Media Sosial


Pemilihan Umum (Pemilu) adalah pesta demokrasi dalam sistem pemerintahan suatu negara modern sebagai bentuk aspirasi pada warganya. Dalam aktivitas berpolitik, pemilihan umum merupakan hal yang biasa dilakukan untuk dapat menentukan siapa yang berhak dan sanggup melaksanakan tanggung jawab untuk dapat memimpin negara. 

Aktivitas pemilu tidak luput dari kegiatan kampanye di mana dalam kegiatan ini sebuah partai diizinkan untuk mengumumkan kepada masyarakat luas mengenai bagaimana partai itu, siapakah kandidat yang diusungnya, bagaimana implementasi dari visi misi dan progam kerja, dan bagaimanakah tata cara memilihnya. Bila dihubungkan dengan istilah marketing, kampanye adalah aktivitas mempromosikan partai atau anggota partainya yang sedang dan akan diusung untuk memenangi hati masyarakat dalam pemilu. 

Kemajuan teknologi yang sekarang tengah kita alami tak cuma berpengaruh pada kehidupan bermasyarakat, tetapi pula dalam kehidupan berpolitik. Pemakaian media digital online, seperti media sosial, sekarang menjadi hal yang mudah diakses oleh semua kalangan.

Kegiatan digital marketing untuk politik di Indonesia pertama kali berlangsung pada tahun 1998 ketika masa reformasi dan hadir 150 partai, tetapi cuma 48 partai yang lolos dalam seleksi yang dapat mengikuti pemilu tahun 1999. 

Kampanye politik melalui media sosial disinyalir jadi strategi yang berpeluang besar untuk bisa memenangkan pemilu. Saat ini media sosial banyak dijadikan sebagai media dalam kampanye pemilu. 

Beberapa partai politik memanfaatkan media sosial untuk melancarkan aksi promosi partai dan paslon (pasangan calon) yang diusungnya untuk menjadi wakil rakyat. Media ini dinilai efektif sebab di Indonesia banyak sekali pengguna media sosial.

Fenomena pengguna medsos pada penduduk Indonesia jangan disia-siakan untuk para kandidat capres dan cawapres maupun caleg pemilu. Paslon capres/cawapres maupun caleg bisa membagikan informasi dan promosi dalam wujud kampanye partai dan kampanye untuk dirinya sendiri dalam unggahan di media sosial yang sekarang banyak tersedia. 

Kampanye politik melalui media sosial tidak cuma terbatas pada kegiatan sosialisasi dan orasi kepada masyarakat. Kampanye melalui medsos dianggap lebih hemat dan jitu karena dapat mengurangi biaya produksi sehingga lebih hemat dan tentunya lebih tepat sasarannya. Hal ini sudah dibuktikan pada kemenangan Donald Trump saat Pilpres Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Kabar baiknya, Rajakomen bisa menaikkan engagement di media sosial. Engagement adalah istilah yang sering diartikan sebagai tingkat interaksi pada konten di media sosial Anda. Hal ini bisa memastikan apakah konten yang Anda hadirkan relevan dengan follower (pengikut) akun media sosial yang Anda kelola.

Social media engagement merupakan interaksi antara konsumen/audience/follower dengan brand atau akun media sosial yang Anda kelola lewat platform media sosial yang bisa dilihat dari banyaknya like, komen dan share. 

Di dalam social media engagement jumlah follower tak terlampau jadi perhatian sebab ukuran keberhasilan media sosial yakni dari adanya keterlibatan antara user (pengguna) atau follower (pengikut) dengan akun media sosial atau brand yang Anda kelola.

Buat apa Anda mempunyai ratusan ribu atau juta follower, tetapi tak ada satupun follower yang memberikan komentar maupun like, apalagi share. Akun media sosial atau brand Anda akan tetap nampak mati sebab tiada interaksi di dalamnya.

Bila Anda ingin meraih banyak keuntungan dari engagement melalui media sosial, Rajakomen bisa membantu Anda untuk mewujudkannya. 

RajaKomen.com adalah layanan jasa yang berada di bawah naungan PT. Media Promosi Online untuk meningkatkan engagement di media sosial dengan cara para komentator yang tergabung dalam RajaKomen memberikan komentar positif pada akun medsos yang ingin dinaikkan engagement-nya. 

Komentar adalah salah satu unsur dalam interaksi antara pemilik/pengguna akun medsos dengan follower/subscriber. RajaKomen sudah mengumpulkan komentator yang telah terverifikasi sehingga bisa membantu promosi atau kampanye partai/paslon capres cawapres/caleg peserta pemilu menjadi lebih populer dan lebih mudah dicari di internet karena mempunyai ER yang tinggi.

Media sosial yang dapat dibantu ditingkatkan engagement-nya untuk kampanye politik antara lain Facebook, YouTube, dan Instagram. Ayo tunggu apalagi? Yuk segera hubungi RajaKomen karena Pemilu 2024 sebentar lagi!


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "RajaKomen Mampu Tingkatkan Kesuksesan Kampanye Politik Melalui Media Sosial"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News