Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Saat Menstruasi Datang, Ini Olahraga di Rumah yang Bisa Bantu Meredakannya

Saat Menstruasi Datang Ini Olahraga di Rumah yang Bisa Bantu Meredakannya

Olahraga di rumah masih merupakan aktivitas yang cukup berat untuk sebagian orang walaupun intensitasnya sudah terbilang rendah sekalipun. Di samping itu, masih tidak sedikit yang memiliki anggapan atau memaksakan diri melakukan olahraga mesti di luar rumah atau di tempat-tempat kebugaran.

Anggapan tersebut tentunya tidak benar sepenuhnya karena olahraga juga dapat dilakukan di rumah atau sekitar rumah. Siapa saja dapat melakukan olahraga, tak terkecuali wanita dan ibu rumah tangga, bahkan wanita yang sedang mengalami menstruasi atau haid sekalipun.

Beberapa wanita barangkali merasa menstruasi menjadi saat yang tak nyaman sebab mengalami kesulitan ketika melakukan sesuatu. Sehingga mereka pun menjadi malas melakukan olahraga lantaran beragam alasan seperti merasa tidak nyaman, lemas, pusing, kram perut, dan lain sebagainya. Tetapi ada pula yang terus melakukan kebiasaan olahraga seperti biasa meski menderita gejala sama.

Ragam Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Menstruasi

Ketika siklus menstruasi diawali, umumnya kaum wanita akan merasa segan untuk melakukan kegiatan apa saja, terlebih untuk melakukan olahraga juga seperti merasa tidak  mampu. Karena biasanya ketika menstruasi tidak sedikit wanita yang akan menderita kram perut yang membuat tidak enak untuk melakukan apa saja. 

Tidak jarang banyak wanita merasakan sakit yang hebat pada perutnya ketika mengalami menstruasi. Tetapi janganlah khawatir, terdapat beragam jenis pilihan olahraga yang dapat dilakukan ketika tengah menstruasi. Apa saja olahraga di rumah yang dapat dilakukan ketika menstruasi? 

Fitnes

Tidak sedikit wanita yang merasa cemas untuk pergi ke Gym ketika tengah haid atau menstruasi. Tetapi tahukah Anda, ketika melakukan angkat beban di rumah saat sedang dalam masa menstruasi maka keringat akan keluar lebih banyak daripada biasanya. Karena hormon progesteron dan estrogen yang dihasilkan tubuh lebih dinamis membakar lemak dalam jumlah lebih besar. Cuma yang harus Anda perhatikan ialah jumlah beban yang Anda angkat ketika latihan berlangsung. Anda harus sedikit lebih ringan mengurangi berat beban dari yang biasanya.

Yoga

Tidak cuma baik untuk bentuk tubuh, nyatanya yoga pun dapat membantu untuk meredakan rasa sakit yang timbul pada perut ketika menstruasi dan membantu untuk menjadikan santai beberapa bagian tubuh yang kaku. Yoga dapat menjadi olahraga alternatif ketika menstruasi sebab olahraga ini mempunyai banyak gerakan yang bisa membantu Anda merilekskan otot-otot yang kaku, tak terkecuali otot pada perut.

Jogging

Jogging dapat menjadi pilihan lain bila Anda merasa perlu olahraga yang bisa mempercepat detak jantung. Dibandingkan dengan berlari, jogging ternyata jauh lebih ringan sebab Anda bisa lari santai sehingga tak akan terlampau berdampak pada perut. Tetapi jangan sampai lupa untuk selalu membawa bekal air minum ketika jogging. Karena Anda butuh memastikan tubuh terus terhidrasi lantaran pada waktu menstruasi tubuh lebih banyak membuang cairan akibat pembakaran yang berlangsung ketika berolahraga.

Berenang

Berenang pun dapat menjadi pilihan olahraga ringan untuk Anda ketika menstruasi. Disebabkan karena olahraga ini memiliki kecenderungan tanpa cidera sehingga aman dilakukan ketika tengah mengalami datang bulan. Selain itu ternyata berenang pun bisa menunjang pengenduran tubuh yang tengah mengalami kaku. Anda tidak perlu cemas berenang ketika haid sebab darah menstruasi akan berhenti sementara ketika berenang dan kembali mengalir ketika usai berenang. Tetapi sebagai langkah antisipasi dan dapat berenang dengan lebih tenang dan nyaman, Anda dapat memanfaatkan tampon atau menstrual cup. Pastikan tampon yang dipakai saat berenang adalah tampon yang barusan diganti.

Senam Aerobik

Olahraga di rumah berikutnya yakni senam aerobik. Senam dengan gerakan terpola ini termasuk mudah dilakukan. Tetapi kaya akan manfaat seperti meningkatkan stamina, membakar emak, memperbaiki suasana hati dan tentunya meredakan kram perut saat menstruasi, memperbaiki suasana hati, membakar lemak, meningkatkan stamina. Anda dapat membuat gerakan sendiri secara bebas atau menuruti panduan dari YouTube untuk melakukannya. Untuk masalah jenis gerakan dan durasinya dapat dipilih sesuai kemampuan Anda.

Bersepeda

Ternyata bersepeda pun mempunyai manfaat khusus bagi wanita yang sedang mensruasi. Berdasarkan beberapa pakar medis, bersepeda ringan bisa meredakan kram perut serta nyeri di area punggung dan pinggang. Agar Anda tidak kelelahan, pastikan untuk memilih rute yang tidak terlampau jauh seperti di seputar halaman rumah atau menggunakan sepeda statis. Disamping itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih agar tidak menderita dehidrasi.

Berjalan Kaki

Rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan saat menstruasi ialah berjalan kaki. Berjalan kaki ringan bisa menunjang menambah kebugaran tubuh serta memperlancar sirkulasi darah sehingga derita yang dialami saat menstruasi bisa berkurang. Cukup melakukan jalan kaki selama 30 menit saja sehari, maka Anda akan merasakan manfaatnya!


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Saat Menstruasi Datang, Ini Olahraga di Rumah yang Bisa Bantu Meredakannya"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News