Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

6 Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor yang Perlu Diketahui


Banyak dak beton yang mengalami masalah kebocoran. Hal ini berarti mesti ada cara membuat dak beton tidak bocor. Membuat dak beton tidak bocor ini penting dilakukan untuk menguatkan juga mengurangi panas dan potensi lembap ke ruangan di bawahnya yang dapat menimbulkan jamur. 

Penjamuran pada suatu bangunan tidak cuma bisa merusak kualitas visual, tetapi juga kualitas kesehatan si pengguna bangunan. Dengan begitu penting untuk mencegah adanya pertumbuhan jamur pada bagian manapun dari bangunan atau hunian Anda. Lantas bagaimanakah cara membuat dak beton tidak bocor?

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Berikut ini 6 cara membuat dak beton tidak bocor.

1. Menerapkan Waterproofing

Waterproofing merupakan sebuah teknologi untuk melapisi bagian permukaan supaya lebih kedap air dan mengurangi potensi air bisa merembes ke bagian ruangan rumah. Waterproofing menyebabkan air meluncur tanpa berkesempatan menempel pada permukaan.

Sekarang banyak sekali jenis waterproofing atau pelapis anti bocor dak beton yang beredar di masyarakat. Jenisnya pun beragam, ada yang berbentuk seperti layaknya campuran semen ataupun seperti cat. Untuk itu pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan fungsi dari waterproofing itu sendiri guna melindungi rumah secara maksimal.

2. Menggunakan Pembersih Jamur

Bagian lembap memiliki potensi mengakibatkan tumbuhnya jamur yang berbahaya untuk kesehatan penghuni rumah. Di samping itu juga dapat menyebabkan dinding terkelupas dan rusak. Sebelum Anda melakukan perawatan yang lainnya, pastikan telah memakai pembersih jamur untuk mematikan jamur.

3. Membersihkan dari Kotoran Secara Teratur

Bagian dak adalah salah satu bagian paling kotor, khususnya dari debu-debu dan sampah-sampah yang berasal dari atap. Pembersihan secara teratur dapat membantu penghuni rumah supaya merasa lebih aman, nyaman, dan sehat, serta menghindari timbulnya kerusakan yang menyebabkan bocor.

4. Plester Ulang Menggunakan Semen

Jika dahulu saat membuat dak campuran bahannya tidak sempurna sehingga timbul kebocoran, sebaiknya Anda melakukan plester ulang dengan semen. Selanjutnya kemudian tambahkan waterproofing berbahan dasar semen Pro x 207 supaya dapat melindungi dari potensi kebocoran karena hujan lebat.

5. Melakukan Pengecatan Ulang

Alternatif lainnya cara membuat dak beton tidak bocor ialah dengan melakukan pengecatan ulang secara keseluruhan. Gunakanlah cat khusus anti bocor berkualitas pada dak beton yang sudah dibersihkan untuk hasil yang lebih optimal.

6. Gunakan Produk Kedap Air seperti Pro X 207

Anda pun dapat menggunakan pelapis anti bocor untuk dak beton Pro X 207 sebagai proteksi anti air, bocor dan rembesan sebab Pro X 207 sanggup mencegah kebocoran pada atap dak akibat sering terpapar sinar matahari ataupun terguyur air hujan secara berkelanjutan.

Pro X 207 ditunjang oleh Acrylic Copolymer Mix dan Easy Work Technology membuat Pro-X 207 waterproofing 2 komponen menjadi yang terbaik di kelasnya dengan mempunyai keunggulan dua kali lebih tahan air, dua kali lebih tahan lama, dan lebih mudah digunakan atau diaplikasikan.

Apabila musim hujan sudah tiba, Anda mesti mulai menjaga dan memastikan tidak ada kebocoran di dalam hunian atau rumah yang mengganggu kenyamanan anggota keluarga. Di samping memakai dak, Anda pun mesti mengetahui tips cara membuat dak beton tidak bocor sehingga bisa mengantisipasi kebocoran sebelum hal itu terjadi. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "6 Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor yang Perlu Diketahui"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News