Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

5 Tempat Wisata Alam di Kepulauan Mentawai yang Eksotis


Eksotisme gugusan pulau dan pantai tidak cuma terdapat di Bali dan Lombok saja. Di Kepulauan Mentawai juga ada banyak hidden gem yang menyuguhkan keindahan alam Nusantara. Walau kepulauan ini belum terkenal sebagai destinasi wisata, kenyataannya, wisatawan mancanegara telah banyak melakukan perjalanan ke Mentawai untuk menyambangi beberapa tempat wisata alam yang eksotis.

Menurut mpotimes Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Barat. Letaknya ada di Pulau Sumatra dan terbagi menjadi empat pulau utama yang berpenghuni, yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut,  Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Di luar itu masih banyak pulau-pulau kecil lainnya yang berpenghuni, namun kebanyakan cuma ditanami dengan pohon kelapa.

Bila anda tertarik untuk mengunjungi Mentawai, berikut ini lima destinasi wisata alam Mentawai yang perlu anda masukkan ke dalam bucket list!

Pantai Mapadegat

Pantai ini terletak di Pulau Sipora yang populer dengan ombak surfingnya. Oleh sebab itu tidak heran jika tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati serunya berselancar ditemani ombak surfing kelas dunia  di Pantai Mapadegat.

Jika tidak bisa surfing, anda pun bisa sekadar bermain air, snorkeling atau berenang di pantai ini. Bila tidak ingin basah-basahan, anda dapat bersantai saja di atas hamparan pasir putih yang cantik ditemani semilir angin khas tropis.

Pulau Awera

Ingin mencari pantai yang lebih sepi? Cobalah singgah ke Pulau Awera. Pulau Awera ini dapat disebut salah satu hidden gem terbaik yang ada di Kepulauan Mentawai. Suasananya tenang 

dan air laut di Pantai Awera amat jernih dengan warna birunya yang mempesona. Saking jernihnya anda dapat melihat terumbu karang dengan jelas. Di kawasan pantai ini anda dapat berjemur, snorkeling, renang atau surfing.

Pulau Mega

Pulau Mega adalah pulau terluar di Indonesia dan terletak di Samudra Hindia. Pulau ini pernah terdampak saat tsunami 2004 terjadi sehingga lingkungannya menderita kerusakan yang lumayan parah. 

Meski demikian keadaan Pulau Mega sekarang  telah pulih. Anda dapat berkunjung ke pulau tidak berpenduduk ini. Mercusuar adalah salah satu benda ikonik di pulau ini yang hingga saat ini masih dipergunakan. 

Pulau Karangmajat

Pulau Karangmajat berada di sisi barat daya Siberut. Pulau ini merupakan salah satu surga bahari untuk para pelancong. Menariknya lagi, pulau inipun termasyhur dengan resornya sehingga anda dapat sekalian menginap di sini.

Kebanyakan orang berkunjung ke Kepulauan Mentawai untuk berselancar. Paling tidak, sekarang telah tersedia 13 tempat untuk surfing, baik bagi pemula ataupun profesional. 

Bila anda ingin mencoba surfing di Pulau Karangmajat, datanglah pada sekitar bulan Juni - Agustus, yaitu pada saat ombak terbaik muncul. Tetapi di luar bulan itu pun, anda tetap dapat bertandang untuk berselancar dan melakukan beragam aktivitas menyenangkan lainnya.

Danau Rua Oinan

Danau ini bentuknya seperti muara yang dikitari pohon-pohon besar. Danau ini terletak di tengah-tengah hutan sehingga dapat dikatakan cukup tersembunyi dari jamahan wisatawan.

Danau Rua Oinan terbentang luas bernuansa hijau yang demikian menyejukkan. Meski tempatnya cukup masuk pedalaman anda tidak usah khawatir. Pasalnya terdapat cukup banyak fasilitas yang dapat anda nikmati di sini serta tidak sedikit pilihan kuliner yang dijual oleh penduduk lokal dengan harga yang cukup murah.

Nah, itulah 5 tempat wisata alam di Kepulauan Mentawai yang eksotis yang mesti ada dalam daftar rencana kunjungan anda ketika trip ke Mentawai.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata Alam di Kepulauan Mentawai yang Eksotis"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News