Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Ekspedisi Cargo dan Jasa Kirim Barang Surabaya Makassar


Mengirim barang dari Surabaya menuju ke provinsi Sulawesi Selatan yang beribukota Makassar sekarang tidak lagi sulit ataupun lama. Banyaknya jasa ekspedisi cargo Surabaya Makassar membuat pelayanan kirim-mengirim barang antarpulau menjadi lebih optimal. Bila dulu mengirim barang dari Surabaya ke Makassar dapat menghabiskan dua minggu lebih, kini waktu pengiriman dapat dipangkas sampai 50% lebih.

Semakin majunya perkembangan teknologi ataupun transportasi menyebabkan jasa pengiriman pun ikut mengalami kemajuan yang relatif pesat. Kebutuhan terhadap jasa ekspedisi atau cargo di Indonesia menyebabkan banyak sekali pemain-pemain baru di dalam dunia jasa cargo atau ekspedisi ini. Banyaknya jumlah penyedia jasa kirim barang Surabaya Makassar tentunya amat memberi keuntungan untuk para konsumen.

Salah satu tujuan dari jasa pengiriman barang yang terdapat di Surabaya adalah Makassar. Provinsi yang ada di bagian selatan Sulawesi ini kerap disebut dengan Anging Mamiri. Barang-barang kebutuhan sehari-hari atau produksi umumnya dikirimkan ke Makassar untuk didistribusikan ke berbagai kabupaten yang terdapat di daerah ini.

Area pengiriman di luar kota Makassar meliputi kota :  Pangkajene, Gowa, Maros, Pare-pare, Pinrang, Soroako, Sunggu Minasa, Bone, Enrekang. Ada juga perusahaan-perusahaan besar yang terdapat di Makassar yang sering dijadikan tujuan pengiriman.

Barang-barang yang dikirimkan dari Surabaya ke Makassar amat beragam. Ingin mengetahui barang apa saja yang biasa dikirimkan dari Surabaya menuju Makassar dan disalurkan lagi ke daerah-daerah lain di provinsi ini? Simaklah penjelasannya berikut ini.

Bahan Pangan

Barang yang sering dikirimkaan ke Makassar kebanyakan adalah bahan pangan, entah itu yang mentah ataupun produk olahan. Tidak dapat dimungkiri bila Pulau Jawa adalah sentra dari berbagai produk bahan pangan di Indonesia. Bahan-bahan pangan mentah seperti garam, gula, tepung, dan beras merupakan produk-produk utama yang biasa dikirim ke Makassar. Ada juga bahan pangan olahan seperti sarden, frozen food, dan mie instan yang pula menjadi barang penting untuk pengiriman Makassar. Tidak ketinggalan aneka jenis sayur-sayuran seperti wortel, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Bahan pangan ini umumnya diperjualbelikan kembali di pasar tradisional ataupun supermarket modern.

Pakaian

Sama seperti halnya bahan pangan, kebutuhan terhadap sandang atau pakaian di Makassar sebagian besar masih disuplai dari Pulau Jawa. Keperluan sandang seperti celana, jaket, baju busana muslim, dan kaos biasanya didapatkan dari sekitaran Surabaya. Di Makassar memang sudah ada pabrik penghasil kebutuhan sandang, tetapi tidak dapat memenuhi semua permintaan yang ada. Oleh karena itu, kebutuhan pakaian di Makassar masih dipasok dari pulau Jawa.

Barang Jual Beli Online

Tidak bisa dimungkiri bila produk-produk hasil jual beli online pun mendominasi ekspedisi cargo yang menuju ke Makassar. Perkembangan jual beli online di Indonesia yang amat cepat dan pesat sanggup menyasar seluruh daerah di Tanah Air, termasuk Makassar. Transaksi yang relatif tinggi dari perseorangan ataupun perusahaan dari jual beli online menyebabkan jumlah barang yang dikirimkan ke Makassar lumayan besar.

Nah, itulah barang-barang yang mendominasi ekspedisi cargo dan pengiriman Surabaya Makassar. Beberapa barang dari Surabaya akan transit dulu melalui Makassar sebelum didistribusikan lagi ke kabupaten-kabupaten lain yang tersebar di seluruh provinsi Sulawesi Selatan ini.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Ekspedisi Cargo dan Jasa Kirim Barang Surabaya Makassar"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News