Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Tips Merawat Lampu Mobil Agar Tidak Cepat Kusam dan Menguning


Lampu mobil menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penampilan eksterior setiap mobil, jadi pemilik kendaraan harus peduli juga terhadap kebersihan lampu. Jangan sampai cat body dirawat dan diberikan cairan untuk agar warna bisa berkilau tetapi tidak membersihkan komponen lampu sehingga penampilan menjadi tidak sempurna. Jika ingin menghadirkan penampilan sempurna untuk bagian eksterior maka harus peduli terhadap semua bagian seperti cat, kaca, dan juga lampu mobil. Dari ketiga komponen tersebut, memang yang agak sulit dibersihkan adalah lampu mobil karena harus dilakukan dengan teliti dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Bagi yang sudah punya kendaraan dan tidak ingin lampu mobil cepat kusan apalagi sampai menguning maka bisa baca tips merawat lampu mobil berikut ini.

Parkir kendaraan di tempat yang teduh

Tips pertama yang harus diperhatikan yaitu parkir kendaraan roda empat di tempat yang teduh. Jangan sampai mobil terkena langsung sinar matahari karena akan membuat lampu depan dan belakang berubah warna menjadi kekuningan dan terlihat tidak bagus. Jika memang tidak ada tempat teduh, maka pemilik bisa menyediakan sarung khusus untuk mobil agar lampu tidak terkena langsung sinar matahari di siang hari.

Gunakan lampu yang sesuai standar

Setiap mobil tentunya sudah memiliki spesifikasi lampu yang sesuai standar, jadi pemilik hanya perlu mengikuti aturan tersebut. Jangan sampai menggunakan lampu bohlam dengan jumlah watt yang berlebihan karena bisa mengganggu sistem kelistrikan bagian lampu. Jika watt lampu yang digunakan berlebihan maka bisa jadi bohlam akan cepat putus dan lampu menjadi tidak menyala. Jika ingin mengganti bohlam lama dengan yang baru maka bisa bertanya kepada mekanik agar tidak salah pilih.

Siapkan cairan khusus lampu

Bagian lampu benar-benar harus dirawat dengan sangat baik dengan menggunakan cairan khusus untuk lampu mobil. Cairan yang banyak dijual dan mudah ditemukan seperti wax dan ada juga yang anti sinar UV sehingga lampu menjadi tetap bersih ketika sedang berada di jalan baik siang atau malam hari.

Langsung dicuci setelah kehujanan

Setelah mobil kehujanan tentunya bagian lampu juga akan basah terkena air hujan, ada baiknya untuk langsung dicuci dan dibersihkan agar tidak ada noda yang membekas di sekitar lampu. Lampu mobil terdiri dari dua bagian ada yang di depan dan di belakang, keduanya harus dirawat dengan cara yang benar.

Beberapa tips diatas tentunya harus diterapkan langsung bagi orang-orang yang mau beli mobil bekas Surabaya dan kota di Jawa Timur lainnya. Biasanya mobil yang tidak terawat akan mudah dikenali, salah satunya adalah lampunya kusam dan menguning. Jika tidak ingin mendapatkan mobil seperti itu, disarankan untuk beralih ke platform jual beli dan juga tukar tambah mobbi yang memberikan mobil berkualitas dan juga pelayanan paling lengkap untuk semua orang.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Lampu Mobil Agar Tidak Cepat Kusam dan Menguning"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News