Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Kawat Bronjong Makassar, Kenali Jenis dan Fungsinya!


Kawat bronjong atau yang sering disebut galbion merupakan anyaman besi baja yang dilapisi oleh zinc heavy galvanized dengan lilitan ganda yang dibentuk menjadi kubus, persegi, persegi panjang atau heksagonal (segi enam). Anyaman-anyaman tersebut diikat di bagian sisi-sisinya sehingga menjadi kuat dan tidak gampang terurai.

Kawat bronjong mempunyai beragam manfaat dan fungsi di bidang bangunan dan konstruksi, terutama di bidang irigasi seperti bendungan, sungai, tepi laut dan lain sebagainya. Kawat bronjong pun kerap digunakan sebagai pencegah longsor di tebing dan tepian sungai. Kawat bronjong kerap dipilih sebab memiliki banyak kelebihan ketimbang tanggul beton. Sehingga banyak bermunculan pabrik atau perusahaan yang menjual bronjong, termasuk jual kawat bronjong makassar.

Jenis-jenis Bronjong

Terdapat 2 jenis bronjong menurut material yang digunakan, yakni bronjong bambu dan bronjong kawat. 

1. Bronjong Bambu

Bronjong bambu dibuat dengan menggunakan tenaga manusia. Bahan-bahan yang dipergunakan berupa bambu yang sudah dibelah. Bentuknya silinder berdiameter 0,5 meter (50 cm) dan panjangnya berkisar antara 4-6 meter. 

2. Bronjong Kawat

Bronjong kawat dapat dibuat dengan tenaga manusia maupun bantuan mesin. Bronjong ini terbuat dari kawat galvanis ataupun PVC yang dianyam. Bentuk anyaman dari bronjong kawat ini bermacam-macam, dapat berbentuk silinder (tabung), kotak (kubus), balok, prisma atau heksagonal.

Jenis Kawat Bronjong

Ketika memilih kawat bronjong, Anda juga mesti mengenal jenis-jenisnya. Saat ini ada 2 jenis kawat bronjong yang umum beredar di pasaran, yakni:

1. Kawat Bronjong Galvanis

Bahan kawat bronjong jenis ini berasal dari kawat baja yang dilapisi lapisan galvanis di permukaannya. Lapisan galvanis ini menjadikan anyaman kawat bronjong lebih kuat dan tahan lama karena bersifat tahan karat dan tahan air.

Jenis kawat bronjong ini digunakan untuk konstruksi penahan tekanan, baik tanah maupun air, untuk menahan longsor di tebing, air sungai meluap dan membanjiri pemukiman, dan lain sebagainya. Selain itu cocok untuk di luar ruangan (outdoor). 

2. Kawat Bronjong PVC

Jenis kawat bronjong ini terbuat dari bahan kawat berlapiskan PolyVinyl Chloride (PVC), yaitu bahan semi plastik yang kerap dipergunakan pada pipa. Tidak beda seperti halnya galvanis, PVC pun tahan air dan tahan karat sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.

Desain anyaman kawat bronjong PVC lebih indah dan menarik sehingga sering dimanfaatkan sebagai dekorasi. Jadi harganya juga lebih mahal daripada kawat bronjong galvanis. Kawat bronjong PVC umumnya digunakan untuk bahan dekoratif, seperti hiasan eksterior, pot tanaman, atau hiasan pagar rumah.

Ragam Ukuran Kawat Bronjong

Perbedaan bahan lapisan yang digunakan, yakni galvanis dan PVC,  tentunya berdampak pada perbedaan ukuran kawat bronjongnya. Di samping itu, ada juga ukuran kawat bronjong menurut sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang sudah ditetapkan Departemen Perindustrian.

Fungsi/Manfaat Kawat Bronjong

Semula kawat bronjong dimanfaatkan sebagai penahan longsor dan banjir. Sejalan dengan kemajuan zaman, sekarang kawat bronjong sudah dipergunakan dalam beragam kebutuhan. Bronjong bisa dibentuk menjadi beragam macam fungsi karena sifatnya yang fleksibel. Berikut ini beberapa fungsi atau manfaat kawat bronjong.

1. Penahan Longsor 

Fungsi semula dibuatkannya bronjong adalah selaku penahan longsor. Kawat yang tebal dan kuat dipadukan dengan batu-batu yang keras, tetapi fleksibel sehingga bisa menahan pergeseran tanah di tepi-tepi daratan yang terjal.

2. Pagar Rumah 

Bronjong bisa dijadikan pagar rumah sebab strukturnya kuat dan menambah keindahan rumah serta membedakan antara rumah Anda dengan rumah milik orang lain.

3. Meja Bronjong 

Bronjong bisa dibentuk menjadi benda yang Anda ingini menurut selera Anda. Salah satunya adalah menjadi perabotan rumah tangga seperti meja. Anda bisa menjadikan bronjong sebagai fondasi meja dan menambahkan yang kayu rata di atasnya.

4. Kursi Bronjong 

Meja yang dibuat dari bronjong bisa dipastikan akan amat serasi dengan kursi yang dibuat dari bronjong. Susunan batuan yang dimiliki oleh bronjong amat cocok dengan ruangan terbuka di rumah Anda seperti halaman atau taman di belakang rumah.

5. Patung Bronjong 

Bronjong bisa dibentuk jadi sebuah patung bila Anda adalah seorang pecinta karya seni 3 dimensi. Patung bronjong tak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Patung bronjong inipun tak membutuhkan waktu lama untuk sampai mengering seperti halnya patung yang dibuat dari beton karena sifatnya yang telah keras sejak awal.

6. Dinding Bronjong 

Anda bisa mencoba membuat dinding dari bronjong bila Anda bosan dengan model dinding dari beton yang tampak polos begitu saja. Dinding bronjong dapat menahan hujan, angin, dan panas dalam jangka waktu lama. Dengan dinding bronjong Anda akan mempunyai rumah yang lebih indah dan membawa ketenangan ketika Anda melihatnya sebab memberi kesan seperti tengah ada di alam terbuka.

7. Pot Bronjong 

Komposisi bronjong yang sanggup menahan tanah, amat cocok untuk Anda sebagai pecinta tanaman hias untuk menyimpan tanaman Anda di dalam pot bronjong. Bebatuan dari bronjong akan meningkatkan kesan alami di taman Anda dan memperindah tanaman hias yang Anda miliki.

Harga kawat bronjong di Makassar bervariasi dan bergantung pada spesifikasi yang Anda inginkan. Demikian juga dengan di tempat atau kota lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam membangun hunian idaman Anda. Optimalkan fungsi dari setiap ruangan di rumah Anda dengan baik supaya rumah Anda bisa berdiri kokoh dan membuat Anda serta keluarga menjadi merasa nyaman dan betah berada di dalam rumah.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kawat Bronjong Makassar, Kenali Jenis dan Fungsinya!"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News