google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Agar Ruang Terkesan Lebih Lapang, Inilah Cara Menata Letak Cermin dengan Baik - Sumber Informasi

Agar Ruang Terkesan Lebih Lapang, Inilah Cara Menata Letak Cermin dengan Baik

Sumber-Informasi.com - Cermin sebagaimana fungsinya adalah permukaan yang licin dan dapat menciptakan pantulan bayangan benda dengan sempurna. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cermin merupakan kaca bening yang salah satu mukanya dicat dengan air raksa sehingga dapat memperlihatkan bayangan benda yang ditaruh di depannya, biasanya untuk melihat wajah ketika bersolek.

Bersolek menjadi kata kunci untuk fungsi utama cermin. Tak heran, cermin nyaris selalu ada di setiap kamar mandi atau toilet rumah, kantor, atau area publik. Di sisi lain, pantulan cahaya dari cermin juga menjadi sebuah siasat untuk memanipulasi ruangan sempit. Lantas, bagaimanakah cara menata letak cermin dengan baik?

Cermin banyak digunakan mereka yang ingin mengakali ruangan agar tampak lebih lapang dan terang. Oleh karena itu, cermin hadir di ruangan yang tak cukup besar, seperti ruang tamu, bahkan ruang makan.


Cermin bisa memantulkan cahaya untuk mengurangi kegelapan di ruangan. Pemasangan cermin di dinding ruang tamu dan ruang keluarga akan menghadirkan tampilan ruang yang seakan-akan berukuran luas.

Untuk letak cermin, lebih baik diletakkan berlawanan dengan sofa atau kursi, sehingga pandangan tamu akan lebih banyak tertuju pada cermin yang besar tersebut dan ini menimbulkan efek ruang tamu tampak lebih luas.

Ada tiga jenis cermin yang bisa dipilih untuk mempercantik ruangan. Ada jenis clean mirror yang cocok di kamar mandi atau di kamar tidur, juga grey mirror dan bronze mirror yang biasa terdapat di panel-panel televisi. Grey dan bronze mirror akan menimbulkan pantulan warna tertentu (abu-abu atau kekuningan) yang bisa membuat suasana ruangan menjadi berbeda sesuai konsep yang diinginkan. Misalnya, bronze mirror akan membawa ruangan lebih terkesan bernuansa klasik, sedangkan grey mirror cenderung futuristik.

Ada kecenderungan orang menambahkan aksen cermin pada rumah, kantor, kafe, restoran, hingga hotel. Cermin itu multifungsi. Selain untuk ngaca, bisa juga sebagai hiasan. Nah, sisi estetika dari cermin ini yang sedang banyak digemari. 

Jika sebelumnya tren cermin mozaik alias potongan-potongan cermin yang digabungkan menjadi serupa instalasi cermin, kini desain cermin lebih mengusung grande luxurious alias besar dan mewah. Cermin tipe ini biasanya berbentuk bulat dan dibingkai dengan desain artistik yang terbuat dari beragam material, seperti resin, kayu, hingga logam.

Bentuk bingkai cermin juga tak harus menggunakan material lain. Namun, bagian pinggiran cermin yang dilukis juga bisa menjadi pilihan. Biasanya, cermin dengan bingkai seperti ini (painted glass mirror) banyak dipilih untuk keperluan kamar mandi karena terkesan ringkas, tak makan banyak tempat. Namun, semua bergantung selera.
Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan