google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Tips Siapkan Semester Pertama Perkuliahanmu di Universitas - Sumber Informasi

Tips Siapkan Semester Pertama Perkuliahanmu di Universitas

Sumber-Informasi.com - Peralihan dari masa-masa sekolah menengah atas ke universitas sedikit banyak bisa menyebabkan "gegar budaya" apabila tidak diantisipasi sebelumnya oleh mahasiswa baru (maba). Oleh karena itu, semester pertama perkuliahan adalah masa terpenting yang perlu maba siapkan dalam membangun jaringan yang dibutuhkan agar bisa berhasil menjalani masa perkuliahan, karena begitu maba dapat mempersiapkan semester pertama ini dengan baik pengalaman berkuliah dapat lebih menyenangkan dan bermanfaat.


Manfaatkan sumber daya gratis
Ada sedikit perbedaan cara kerja dukungan akademis antara sekolah menengah pertama dengan universitas dalam mendukung. Sebagian besar kampus akan menawarkan berbagai macam program dukungan akademis semisal penasihat akademis, layanan tutor gratis, beasiswa, peluang magang, program mentoring, dan dukungan-dukungan gratis lainnya. 

Usahakan Anda mendaftar atau mengunjungi setidaknya salah satu program-program dukungan akademis yang kampus tawarkan di minggu pertama. Hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa baru lainnya - jika Anda bisa, cobalah membentuk kelompok belajar sebelum semester dimulai sehingga Anda dapat menjalani semester pertama Anda dengan teman-teman baru yang lebih familier.

Rencanakan kelas yang akan Anda ambil
Ada beberapa kampus yang memperbolehkan mahasiswanya untuk memilih mata kuliah di luar mata kuliah yang telah ditetapkan pada semester pertama. Kesempatan ini dapat Anda manfaatkan untuk memilih kelas-kelas mata kuliah yang paling Anda minati di luar mata kuliah yang telah ditentukan.

Dengan cara itu Anda dapat menyelesaikan persyaratan kelulusan dan masih tetap fleksibel kalau-kalau Anda menemukan mata kuliah yang diambil nanti tidak menghasilkan nilai akademis sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jadilah mahasiswa yang proaktif
Ada baiknya menghubungi penasihat akademis dan dosen-dosen Anda sebelum memulai perkuliahan. Biarkan dosen-dosen tersebut tahu Anda akan berada di kelas mereka selama semester yang akan datang dan tanyakan apakah mereka sudah memilih teks silabus perkuliahar yang bisa Anda dapatkan lebih awal untuk memberikan gambaran tentang materi bahasan dan kesulitan-kesulitan perkuliahan yang akan dihadapi.

Para dosen di universitas sering kali memiliki tugas mengajar di tempat lain dan tidak setiap waktu ada di tempat sebagaimana halnya guru di sekolah menengah atas. Rencanakan waktu pertemuan dengan dosen atau asisten dosen. Tetap jalin komunikasi dan seringlah ajukan pertanyaan - jika dosen tahu nama Anda sebelum ujian akhir, Anda akan lebih mudah mendapatkan bantuan jika Anda membutuhkannya.

Terlibat dalam kehidupan kampus
Apakah memutuskan untuk tinggal di sekitar kampus (asrama/kost) atau pergi-pulang dari rumah, Anda akan tetap dihadapkan pada kehidupan kampus dengan segala kebiasaan dan budayanya sendiri seperti halnya kota kecil. Usahakanlah terlibat dan membangun jejaring sosial Anda dengan bergabung di klub atau tim olahraga kampus, menghadiri pekuliahan umum atau acara kampus, dan bahyak menghabiskan waktu di kampus, bahkan sebelum Anda memulai kelas.

Belajarlah di perpustakaan, nongkrong di himpunan mahasiswa saat makan siang, dan bertemu dengan kelompok-kelompok belajar di malam hari akan membantu Anda melalui berbagai demotivasi perkuliahan yang pasti menghampiri setiap mahasiswa.

Penyesuaian diri dengan kampus, budaya, dan struktur organisasi baru dapat terasa luar biasa, Anda dapat mengambil langkah mudah untuk membangun jejaringan dukungan yang akan membuat Anda tetap ontrack menuju tujuan Anda. Manfaatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh kampus, jadilah proaktif untuk mengenal dosen dan mahasiswa lain, dan terlibatlah dalam budaya dan kehidupan kampus, maka Anda akan memiliki pengalaman hebat dalam menempuh dunia perkuliahan. 

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan