Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Tujuh Kreasi Unik dari Barang Bekas

Sumber-Informasi.com - Barang bekas seringkali disepelekan orang karena dianggap tidak berguna, ketinggalan zaman, dan hanya akan menjadi sampah di rumah. Mulai sekarang, anggapan ini harus Anda buang jauh-jauh karena sebenarnya beberapa barang bekas bisa diubah menjadi hiasan interior yang cantik dan unik. 

Jika Anda suka berkarya dan memiliki tumpukan barang bekas, yuk simak tujuh kreasi unik dari barang bekas yang dilansir di dekoruma.com  untuk menghiasi interior rumah Anda.

1. Kreasi barang bekas menggunakan koper tua
Coba lihat-lihat lagi barang-barang peninggalan kakek atau ayah, mungkin Anda akan menemukan koper tua yang bergaya vintage. Daripada dibiarkan menumpuk di sudut ruangan, Anda bisa mengecat ulang atau memberi lapisan khusus koper tersebut dan meletakkannya di tengah ruang keluarga sebagai coffee table.

Ide kreasi barang bekas yang satu ini cocok untuk interior dengan desain vintage, shabby chic, dan juga rustic. Bagian luar koper sudah mulai kusam malah akan membuatnya terlihat semakin vintage. Anda juga bisa menambahkan roda kecil agar lebih mudah menggesernya ke segala arah.

2. Kreasi barang bekas menggunakan sepatu
Apakah Anda memiliki sepatu yang sudah kesempitan atau rusak? Jika iya, jangan buru-buru membuangnya karena sepatu-sepatu tersebut bisa disulap menjadi kreasi barang bekas yang menawan. Gunakan sepatu bekas tersebut sebagai dekorasi vas bunga dan letakkan di sudut ruangan atau gantungkan di dekat teras. Agar tidak mudah kotor, sebaiknya gunakan bunga plastik.

3. Kreasi barang bekas menggunakan tangga
Tangga lipat biasanya terbuat dari bahan aluminium dan beberapa bagian besi yang mudah mengalami karat. Kalau Anda memiliki tangga bekas yang seperti ini, cobalah amplas bagian yang berkarat kemudian lapisi dengan pelitur. Setelah itu gantungkan kreasi barang bekas ini di sudut ruangan. Voila! Jadilah sebuah rak buku dinding unik.

4. Kreasi barang bekas menggunakan drum
Kreasi barang bekas yang berikutnya dibuat dari drum minyak bekas. Salah satu kreasi barang bekas yang sering dibuat dari drum ini adalah meja dan kursi dari drum. Untuk membuatnya, Anda memerlukan usaha yang cukup besar karena harus memotong bagian drum dengan ukuran yang tepat dengan alat berat.

Setelah drum dipotong menyerupai kursi, buatlah ganjalan di bagian bawah agar tidak mudah bergeser saat digunakan. Setelah itu letakkan kayu sebagai dudukan. Agar lebih nyaman, Anda bisa menambahkan busa.

Sementara itu, untuk mengubahnya menjadi meja, potonglah drum menjadi dua bagian agar tidak terlalu tinggi saat digunakan. Jika mau meja yang panjang, rebahkan drum bekas kemudian gunakan alat berat untuk mengubah bentuknya menjadi persegi panjang.

5. Kreasi barang bekas dari dus tisu gulung
Bagi Anda yang sering menggunakan tisu gulung, pasti memiliki banyak sampah dus berbentuk silinder. Coba Anda kumpulkan dus tersebut dan mulailah membuat kreasi barang bekas seperti bingkai jam dinding.

Catlah bagian luar dus atau bungkus menggunakan kertas majalah sehingga terlihat berwarna warni. Setelah itu, rekatkan menjadi satu menggunakan lem hingga Anda mendapatkan bentuk yang diinginkan. Selain bingkai jam dinding, kreasi barang bekas yang satu ini juga bisa dijadikan bingkai foto.

6. Kreasi barang bekas menggunakan baju
Baju-baju di lemari Anda mulai kekecilan atau terlihat lusuh, tetapi Anda masih sayang untuk membuangnya? Ubah saja menjadi sarung bantal yang menggemaskan. Bila memungkinkan, samakan warnanya dengan warna sofa atau dinding ruangan.

7. Kreasi barang menggunakan bohlam
Kreasi barang bekas yang terakhir menggunakan bohlam yang sudah dikosongkan. Benda berukuran kecil ini bisa dimanfaatkan menjadi wadah terrarium yang diletakkan di atas meja atau digantungkan di sudut hunian.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News