google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Cara Memanjakan Hewan Peliharaan Lewat Desain Furniture - Sumber Informasi

Cara Memanjakan Hewan Peliharaan Lewat Desain Furniture

Sumber-Informasi.com - Ada beberapa masalah yang sering dihadapi para pemilik hewan peliharaan di kediamannya. Mulai dari masalah bulu hewan yang rontok, hingga bekas cakaran atau gigitan pada furnitur di rumah. Tak jarang, pemilik rumah juga mengeluhkan perabotan yang rusak akibat ulah hewan peliharaan yang sedang bosan dan mendamba perhatian.

Berbagai desain furnitur yang ramah terhadap hewan peliharaan, agaknya bisa menepis kekhawatiran itu. Keberadaannya semakin mudah ditemui di pasaran dengan jangkauan inovasi desain yang lebih luas dan beragam.

Tengok saja berbagai pusat perbelanjaan atau bahkan toko daring yang memawarkan beragam furnitur yang memanjakan hewan. Hasilnya, jika dulu kandang kucing atau anjing yang ada di rumah tergolohg konvensional, kondisinya sekarang tak lagi demikian. Banyak pula inovasi furnitur yang didesain khusus untuk hewan peliharaan atau terintegrasi dengan konsep rumah secara keseluruhan. Seperti dikutip dari laman boredpanda.com, ada rak buku modular yang memungkinkan kucing untuk bereksplorasi karena dilengkapi dengan tangga mini dari satu bagian rak ke bagian yang lain. 

Ada pula furnitur yang terintegrasi, seperti sofa panjang yang dilengkapi tempat bersantai untuk hewan peliharaan di bagian bawah lengan. Tak lupa bantalan empuk juga disematkan untuk menambah kenyamanan.

Lalu, kursi kayu goyang yang di bagian bawahnya terdapat tempat bersantai hewan. Tentu saja, ketika pemilik menggoyangkan kursinya, hewan serasa dimanja karena ikut terayun.

Sebuah hammock mini juga bisa disematkan pada kaki-kaki kursi, menjadi tempat bersantai gantung bagi hewan. Ide yang sama juga bisa diadaptasi pada kaki-kaki meja. 

Ada pun desain khusus yang mungkin dibuat, bisa terletak pada sofa yang dilengkapi terowongan di bagian bahu dan lengan. Bisa juga terowongan dan tangga yang ditempatkan pada bagian atap hingga dinding dengan lekuk tertentu. Tentu saja, semua yang memungkinkan hewan asyik bereksplorasi. 

Oh ya, jika ingin sesuatu yang lebih unik, ide akuarium panjang yang berlekuk bisa menjadi pilihan. Dengan begitu, ikan tak hanya bebas berenang dalam wadah segi empat atau lingkaran, melainkan “berialan-jalan” sepanjang "lorong" kaca.

Inovasi yang memanjakan lain juga bisa diadaptasi di bawah ruang tangga yang tersedia. Daripada tak dimanfaatkan, ruang itu bisa digunakan sebagai "rumah" mini hewan, bahkan tempat tidur hewan yang hangat dan nyaman.

Anda bisa membuat lubang seukuran hewan dan buat desain di bagian luarnya dengan menyerupai gambar rumah. Cara itu juga bisa dimodifikasi dengan memanfaatkan ruang yang ada pada credenza di laci bawah rak. Tinggal modifikasi pintu atau laci yang ada menjadi sekat terbuka, kemudian letakkan alas dan bantal favorit hewan peliharaan. Tak terlalu sulit, bukan?

Jika ingin lebih sederhana, cobalah untuk mengadaptasi ide desainer Akami Tanaka, yang mengubah fungsi ambalan menjadi tempat tidur gantung bagi si kaki empat kesayangan. Untuk membuat hewan lebih nyaman, tinggal tambahkan potongan karpet empuk atau selimut kesayangan.

Bagaimana jika ingin berinovasi dengan sisi luar rumah? Mengapa tidak coba membuat kandang memanjang dan berundak, menyerupai jalur bermain dan mendaki hewan yang menempel ke dinding luar? Dengan begitu, hewan peliharaan tetap bisa asyik bermain di luar rumah, tanpa pemiliknya harus merasa waswas.

Bagian dekorasi
Tak hanya berfungsi untuk memanjakan hewan kesayangan, furnitur yang ramah hewan sebenarnya juga bisa berfungsi sebagai dekorasi yang menguatkan konsep rumah. Hal itu misalnya bisa dengan memodifikasi bagian bawah lemari dapur sebagai tempat makanan.

Caranya, lepaskan salah satu bagian bawah lemari dapur, lalu tambahkan sebuah papan yang dilengkapi dengan dua lubang. Selanjutnya, pemilik rumah bisa meletakkan mangkuk makanan dan minuman di kedua lubang tersebut.

Tambahkan sebuah meja yang cukup rendah di bagian bawah meja, kemudian buat lubang untuk menaruh makanan dan minuman untuk hewan peliharaan. Di tengah dapur, tambahkan rneja yang cukup rendah di bagian bawah meja tersebut, kemudian buat lubang untuk menaruh makanan dan minuman hewan peliharaan.

Tidak hanya untuk menaruh tempat makanan, bagian bawah meja juga bisa ditambahkan kasur kecil untuk tempat hewan peliharaan beristirahat. Cara-cara tersebut terbilang efektif karena bisa menyediakan area khusus bagi hewan peliharaan, tanpa harus terbebani biaya yang membengkak.

Untuk memudahkan penyimpanan dan pengambilan makanan hewan, Anda bisa membuat sebuah tempat penyimpanan di salah satu lemari dapur. Letakkan di dekat tempat makan hewan peliharaan agar Anda lebih mudah mengambilnya.

Jika merasa sayang membuang barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi, mengapa tak coba memodifikasinya menjadi perlengkapan hewan. Misalnya, dengan membuat lubang di bagian kursi anak-anak sebagai tempat untuk menaruh mangkuk makanan dan minuman hewan peliharaan. Bisa juga dengan menggantungkan keranjang di atas dinding dalam posisi horizontal, kemudian tambahkan kasur kecil sebagai tempt istirahat hewan kesayangan Anda.
Selamat mencoba!

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan