google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Delta Kampung Singkur Pangalengan, Wanawisata Menarik untuk yang Suka Menantang Adrenalin - Sumber Informasi

Delta Kampung Singkur Pangalengan, Wanawisata Menarik untuk yang Suka Menantang Adrenalin


Sumber-Informasi.com - Bandung yang dikelilingi pengunungan pasti mempunyai objek wisata yang cantik untuk dikunjungi. Salah satunya kawasan wisata di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pangalengan dikelilingi tiga perkebunan teh, yakni Perkebunan Teh Malabar, Perkebunan Teh Kertamanah, dan Perkebunan Teh Cukul.

Secara geografis, Kecamatan Pangalengan berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Kota Bandung dan berada pada ketinggian 700-1.500 meter di atas permukaan laut. Selain itu, kawasan Pangalengan merupakan wilayah dengan curah hujan tertinggi di Kabupaten Bandung dengan suhu berada di kisaran 15°-23°Celsius. Jadi, kalau Anda hendak berwisata ke Pangalengan, dipersiapkan baju hangat atau jas hujan, apalagi saat musim hujan seperti sekarang.

Berbicara potensi wisata, Pangalengan termasuk daerah yang punya banyak spot wisata terkenal seperti Situ Cileunca, Curug Panganten, Pemandian Cibolang, Wisata Tea Walk di perkebunan teh, dan banyak destinasi wisata baru. Salah satu spot wisata baru terletak di kawasan hutan Rahong, sekitar empat kilometer ke arah Pasirjambu Ciwidey. Nama lokasinya Tapak Tiara dan Wanawisata Delta Kampung Singkur.

Wisata Delta Kampung Singkur ini terletak di Kampung Singkur, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Berada di kawasan Perhutani dengan luas sekitar 20 hektare, wanawisata seluas 1 hektare ini dikelola oleh Karang Taruna Sirnasari. Berada di hutan pinus rahong, pohon-pohon pinus yang tinggi akan menemani perjalanan wisatawan saat berada di kawasan ini.

Menuju kawasan ini sangat mudah diakses karena tidak jauh dari jalan utama dan bisa dilalui kendaraan roda dua atau roda empat. Beberapa titik jalan masih dalam keadaan rusak, tetapi sebagian besar jalan sudah dibeton hingga menambah kenyamanan.

Jika membawa kendaraan pribadi, setelah memasuki Pangalengan, ikuti petunjuk menuju ke Situ Cileunca. Tepat di pertigaan sebelum Situ Cileunca, ambil jalan ke arah kanan menuju Pasirjambu Ciwidey. Sekitar empat kilometer lokasi wanawisata ini berada dari jalan utama Pangalengan-Situ Cileunca.

Sebelum memasuki hutan pinus, wisatawan akan disambut oleh pemandangan hamparan perkebunan teh. Lanskap di kawasan ini cocok sekali untuk keluarga. Udara yang segar dan pemandangan indah seakan menyambut hangat kedatangan Anda. Beberapa kilometer jalan yang rusak tidak memengaruhi semangat mengeksplorasi kawasan perkebunan dan hutan pinus Rahong ini.

Memasuki kawasan hutan pinus Rahong, pengunjung disambut oleh pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Terdapat rambu-rambu agar mewaspadai kemungkinan pohon tumbang. Hutan Rahong merupakan kawasan hutan pinus yang indah, tidak kalah menarik dengan kawasan hutan pinus di Bandung utara.

Perpaduan
Tanda Anda sampai di Delta Kampung Singkur adalah jembatan yang melintasi Sungai Rahong. Jika membawa sepeda motor, ikuti saja jalan menuju tempat wisata dan parkir di kawasan yang sudah disediakan. Kalau Anda membawa mobil, lewati dulu jembatan dan parkir yang berada di sebelah kanan jalan. Sekitar 100 meter dari jalan raya, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Perpaduan hutan pinus, sungai, dan udara segar akan memanjakan Anda berkeliling kawasan wanawisata ini.

Salah satu buruan wisatawan adalah kawasan sungainya yang ditata sedemikian rupa hingga terlihat sangat cantik untuk menjadi spot swafoto (selfie) atau wefie. Mulai dari jembatan kayu hingga tempat duduk di atas sungai dengan latar belakang hutan pinus sangat memanjakan para wisatawan untuk berfoto.

Fasilitasnya pun cukup lengkap. Ada warung-warung penyedia makanan, musala, MCK, serta sarana lain. Pemilik warung juga menyewakan hammock untuk tempat berbaring di antara pohon pinus nan hijau, juga tenda untuk berkemah. O iya, warung di sini juga menyediakan paket nasi liwet bagi pengunjung. Ada pula penginapan di pinggir sungai jika Anda ingin bermalam.

Bukan itu saja, di wanawisata ini terdapat kegiatan outdoor yang menarik untuk keluarga dan komunitas yang suka menantang adrenalin seperti paintball, river tubing, arum jeram, dan flying fox.

Berwisata di Wanawisata Delta Kampung Singkur dijamin tidak akan membuat bosan dan bikin Anda rindu untuk kembali. Selamat berlibur. [Sari Indah / Maman Soleman / PRM / 13012019]

telegram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan