Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Ingin Konsultasi dan Pesan Antrean Dokter Tapi Malas Ke Klinik? Klik Aja SehatQ.com

Kesehatan adalah sebuah kebutuhan utama bagi manusia. Sulit sekali bisa menikmati hidup tanpa dibarengi tubuh dan jiwa yang sehat. Namun kenyataannya menjaga kesehatan amatlah sulit sama seperti mengakses fasilitas kesehatan di beberapa negara yang belum sempurna dalam menjamin kesehatan warga negaranya seperti di Indonesia.

Akan tetapi di era digital seperti saat ini, kemudahan memang telah seharusnya terwujud. Di tengah-tengah kecanggihan teknologi, berbagai aplikasi semakin mempermudah hidup, mulai dari pesan makanan, kirin barang sampai aplikasi konsultasi dokter. Seluruh pihak mesti ikut serta dalam kegiatan digitalisasi beragam fasilitas termasuk soal kesehatan.


Kini masyarakat telah terbiasa mencari informasi kesehatan melalui internet. Di dunia maya terdapat beberapa aplikasi smartphone yang turut menawarkan informasi dan layanan konsultasi kesehatan dengan cara online. Aplikasi konsultasi dokter online dapat digunakan untuk melakukan konsultasi mengenai keluhan kesehatan, setidaknya dalam kasus penanganan cepat yang tidak membutuhkan upaya medis.

SehatQ merupakan aplikasi mobile berbasis Android dan iOS, serta website yang bisa diakses lewat komputer/laptop. Fungsi utama dari aplikasi yang dikembangkan SehatQ.com ini adalah untuk mempermudah pengguna dalam menemukan dokter yang sesuai kebutuhan. Disamping itu, SehatQ juga bisa membantu pengguna untuk merancang temu janji dengan dokter. Di aplikasi ini Anda bisa melakukan pencarian dokter dengan memakai nama dokter atau spesialisasinya.

Aplikasi ponsel ini pun dilengkapi dengan fitur Profil yang menyajikan informasi lebih lanjut tentang dokter yang ingin Anda kunjungi sekaligus booking. Disini Anda bisa melihat kualifikasi dan spesiliasi dari para dokter. Bahkan dapat menemukan beberapa foto klinik yang terkait dan memperoleh koordinat GPS untuk memudahkan navigasi ke lokasi, langsung di dalam aplikasi ini.  

Pengguna hanya cukup memilih kota terdekat, fasilitas kesehatan atau rumah sakit terdekat, pilih dokter, dan mengatur waktu berkunjung. Tentunya, waktu berkunjung akan disesuaikan dengan jadwal praktik dokter di rumah sakit atau klinik tersebut. Ada sekira 2.378 fasilitas kesehatan dari seluruh Indonesia yang telah terpadu dalam aplikasi ini yang bisa Anda temukan di menu atau tab Rumah Sakit.

Kecuali itu, SehatQ ikut mengadakan fasilitas layanan konsultasi online dengan dokter lewat sistem chatting. Tim dokter yang me-manage konsultasi dan menyusun database terdiri atas beberapa dokter umum lulusan universitas-universitas terkenal di tanah air. Seperti bentuk pesan teks pada biasanya, fitur chatting ini bersifat two way (dua arah) sehingga keluhan pengguna tidak akan dapat dibaca oleh pengguna lainnya. 

Untuk chatting gratis dengan sang dokter, Anda tinggal klik tab Chat Dokter di aplikasi, pilih dokter lalu private chat akan muncul. Layanan ini dapat diakses selama 07.00-20.00 dari hari Senin sampai Jumat. Semua materi pembicaraan sepenuhnya aman dan terjamin. 

SehatQ adalah ekosistem layanan kesehatan terintegrasi untuk penggunanya. Melalui aplikasi ini, akses pasien pada layanan kesehatan dapat dipersingkat. Aplikasi ini pun terkoneksi dengan laboratorium yang menyediakan layanan pengujian Lab. Fitur layanan kesehatan ini bisa mempermudah pengguna untuk memesan jasa tes laboratorium dari laboratorium resmi yang telah menjadi mitra untuk pengambilan sampel darah atau urine antara lain Laboratorium Klinik Prodia Sorong, Laboratorium Klinik Kimia Farma Serang, Laboratorium Klinik Prodia Kisaran, Klinik Pathlab, dll.

Ada kira-kira 2.349 dokter dari seluruh penjuru Indonesia yang telah bergabung dalam SehatQ dengan keahlian medis tersendiri seperti akupuntur, endokrin, urologi, gigi, ginjal, jantung, andrologi, kandungan, bedah anak, bedah plastik, fisioterapi dan lain sebagainya. Setiap dokter yang bergabung telah mempunyai surat tanda anggota dan surat izin praktek. Dokter-dokter ini bisa Anda temui di menu/tab Dokter.

Anda suka membaca artikel dan tips kesehatan? Layanan ini juga menyediakan berbagai informasi kesehatan yang dapat diakses lewat portal online maupun aplikasi Android atau iOS. Pada menu Artikel, pegguna akan dihidangkan berbagai artikel yang membahas mengenai kesehatan. Setiap informasi yang dipublish bisa dipercaya kebenarannya karena sebelum diposting sudah ditinjau langsung terlebih dahulu oleh dokter ahli di bidangnya. 

Selain itu juga memuat menu Obat bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan mengenai deskripsi, manfaat, kompoisisi, dosis, efek samping dan aturan pakai obat tertentu. Tersedia indeks dari A-Z berbagai macam obat dari mulai Abbotic granul hingga Zyloric. Ada menu Penyakit yang menyediakan informasi berbagai macam penyakit dari Abdominal Migraine hingga Xerosis.

Tidak hanya sampai di situ, SehatQ menyediakan pula Promo berupa promo kesehatan seperti paket pemeriksaan pap smear, pemeriksaan USG 4G, medical check up, mammografi, dental scalling, dll.

Tanpa kesehatan memang segalanya tak akan berarti apa-apa. Saat kesehatan tubuh  agak terganggu, maka aktivitas dan kegiatan kita pun akan turut terganggu. Maka dari itu menjaga kesehatan merupakan hal yang harus dilakukan. Semoga dengan hadirnya SehatQ bisa menambah kesadaran masyarakat pada kesehatan dirinya dan orang-orang di sekelilingnya tanpa repot-repot melangkahkan kaki keluar dari rumah.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News