Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Nyeri Pada Perut yang Perlu Waspada

Nyeri peru atau kram yang terjadi saat kamu mengalami haid disebut dismenore. Kram tersebut kebanyakan terjadi pada wanita sebelum mengalami haid dan pada saat haid. Nyeri haid dapat dikatakan normal apabila sakit yang dirasakan tidak sampai mengganggu kegiatan sehari-harimu. Saat kamu mengalami merasa nyeri yang kamu rasakan cukup parah, kamu patut waspada.

Penyakit yang Dapat Timbul

Endometriosis adalah sebuah penyakit dengan adanya jaringan endometrium dalam rahim tidak tumbuh di rahim malah dapat ditemukan tumbuh di dalam tubuh bukan di tempat yang seharusnya. seringnya ditemukan di organ-organ dalamnya panggul pada wanita dan di indung telur dalam tubuh wanita. Dapat mengakibatkan terhalanginya sperma masuk yang akan membuahi sel telur.

Hal itu juga berpengaruh kepada lapisan-lapisan dalam rahim yang digunakan untuk tempat menempelnya sel telur yang telah dibuahi. Keadaan tersebut akan berpengaruh kepada kesuburanmu. Cara yang lebih langsung akan mengakibatkan rusaknya sel telur atau sel sperma yang akan masuk dan membuahi sel telur yang telah dihasilkan.

Gejala yang Timbul dan Pengobatannya

Pada penyakit endometriosis diduga terjadi karena sistem imun atau sistem kekebalan dalam tubuh mengalami gangguan, atau terjadinya aliran pada darah haid yang arahnya berbalik. Hal itu pada umumnya akan terjadi gejala yang timbul adalah volume darah haid yang lebih banyak dari biasanya, merasa nyeri pada panggul dan bagian bawah perut, serta sakit saat pipis dan buang air besar.

Cara mengobati nyeri perut saat sesuai dengan kalender haid dengan berkonsultasi ke dokter. Saat diperlukan, akan dilakukan tindakan operasi oleh dokter. Kamu dapat memberikan obat antiinflamasi sesuai dengan resep. Jangan anggap remeh nyeri yang kamu rasakan dan sangat mengganggumu. Setelah kamu mengetahui dan merasakan sakit perut yang tidak wajar segera bawa ke rumah sakit.

Atau kamu tanyakan pada orang yang ahli di bidangnya. Sakit yang kamu rasakan saat haid sebenarnya normal saja, yang tidak normal adalah ketika sakit yang dirasakan tidak dapat ditoleransi.
Jangan menunda-nunda. Ceritakan keluhanmu dan percayakan pada dokter di rumah sakit atau klinik. Gunakan juga pembalut yang sesuai untuk menunjang aktivitasmu seperti pembalut Laurier. 
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News