google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Jalan-jalan ke Danau Toba - Sumber Informasi -->

Jalan-jalan ke Danau Toba

Sumber-Informasi.com - Danau Toba adalah tujuan wisata yang disebut-sebut Google sebagai urutan ketiga destinasi wisata di Indonesia. Tempat wisata ini memang berupa danau. Danaunya luaaas banget! Pemandangannya indah sekali! Selain danaunya memang jadi tujuan wisata, beberapa tempat di pinggir danau juga menjadi destinasi wisata favorit. Tak lupa, Pulau Samosir yang ada di tengah danau.

Ada berbagai titik wisata di sekitar Danau Toba. Tempat wisata yang favorit sih biasanya langsung ke Parapat, Kabupaten Simalungun. Di Parapat, banyak hal yang bisa kita lakukan. Misalnya, bermain air di danau menggunakan speedboat atau wahana air lainnya. Ada spot Batu Gantung di sisi danau yang memperlihatkan sebuah batu menggantung di atas dengan legendanya tersendiri. Untuk mencapai Batu Gantung itu, kita memang harus menggunakan speedboat supaya bisa berhenti persis di bawahnya.

Nah, kalau anda sudah puas bermain di Parapat, bisa langsung menyeberang ke Pulau Samosir. Tujuannya bisa ke Tomok atau Tuk-tuk. Keduanya pun sebenarnya terhubung oleh jalan raya sehingga setelah sampai Tomok bisa dilanjutkan ke Tuk-tuk. Begitu pun sebaliknya.


Tomok menjadi tujuan wisata yang populer lebih dulu. Di sana, kita bisa melihat pertunjukan Si Gale-Gale, makam Raja Sidabutar, dan berbagai monumen. Desa Tomok juga dipenuhi oleh pedagang cenderamata. Anda bisa beli perhiasan etnik, kaos bergambar pemandangan Danau Toba, termasuk membeli kain tradisional masyarakat Suku Batak, yaitu ulos.

Nah, kalau di Tuk-tuk, anda bisa menikmati pemandangan indah mengarah ke danau. Kalau ingin wisata budaya Batak, bisa langsung menuju Museum Huta Bolon Simanindo atau Huta Siallagan. Wah, di sana seru deh! Bisa melihat rumah tradisional suku Batak dan bahkan memasukinya.

Danau Toba itu luas banget loh! Luasnya tuh sekitar 1.265 kilometer persegi. Jadi, masih banyak tempat wisata lain yang membuat kita bisa menikmati keindahan danau yang dalamnya mencapai sekitar 50 meter dan bahkan ada beberapa titik yang dalamnya 900 meter. Wuiiih, dalam banget ya!

Nah, salah satunya adalah Desa Silalahi. Desa ini ada di bagian barat Danau Toba dengan suasana yang tenang. Di sana, ada Bukit Paropo yang bentuknya mirip dengan Bukit Teletubbies. Itu loh, bukit rerumputan seperti selimut hijau persis seperti di film Teletubbies tempat keluarnya empat karakter di dalam film itu. Keren lah untuk foto-foto!

Anda juga bisa menikmati keindahan danau dari perbukitan yang lebih tinggi di Desa Tongging. Keindahannya bisa dilihat dari atas bukit atau Anda bisa menikmatinya di bibir danau.

Masih di Tongging, Anda jangan lupa mengunjungi Air Terjun Sipiso Piso. Nama Sipiso Piso sepertinya dipakai karena air terjun yang tingginya mencapai 120 meter itu seperti pisau yang membelah bukit bebatuan di belakangnya.

Masih banyak lagi nih destinasi wisata di sekitar Danau Toba. Jadi, kalau Anda ada waktu berlibur yang lebih panjang, boleh nih berkunjung ke sana dan menikmati keindahan alam, keindahan budaya, dan tak lupa kulinernya juga ya! [Vebertina Manihuruk/Maman Soleman]

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jalan-jalan ke Danau Toba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan