Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Prospek Kuliah Data Science UBM (Universitas Bunda Mulia)


Sebelumnya program studi data science memang belum begitu banyak diketahui secara luas. Tetapi dalam beberapa tahun belakangan, program studi data science ini menjadi kian banyak diminati sejalan dengan keperluan akan perlunya menghasilkan suatu kebijakan atau keputusan yang berdasarkan data (data driven decision making).

Oleh karena itu wajar bila sekarang banyak perusahaan yang mengutamakan pengolahan data guna mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan bisnis di masa akan datang. Sehingga keperluan terhadap tenaga kerja yang mempunyai keahlian di bidang data science kian bertambah setiap tahunnya. Nah, inilah alasannya kuliah data science amat diminati sekarang ini.

Data science sendiri mempelajari semua hal yang terkait dengan data komputer. Sehingga bidang studi ini mengkaji mengenai cara mengumpulkan, menganalisis, dan mengolah data guna keperluan bisnis dan menentukan tujuan perusahaan.

Apakah Itu Program Studi Data Science?

Program studi atau jurusan data science merupakan bidang studi yang mempelajari mengenai cara untuk mengolah dan menginterpretasi data yang bertujuan guna mendapatkan pola-pola tersembunyi dari data itu. Pengolahan data ini berlandaskan ilmu statistika dan memakai bahasa pemrograman seperti python dan tool khusus.

Bersamaan dengan banyaknya data yang dihasilkan setiap harinya lewat kegiatan manusia, telah banyak perusahaan yang memahami perlunya pengolahan data untuk kemajuan bisnis nanti. Keperluan pada peran lulusan program studi data science juga pastinya ikut naik juga.

Bahkan berdasarkan suatu survei oleh Institute for Business Management for Business Value (IBM), keperluan akan lulusan prodi data science di seluruh dunia naik dari 364 ribu jadi 2,7 juta. Peningkatan berarti ini diperkirakan akan terus naik di masa akan datang. Oleh sebab itu, program studi data science dapat disebut amat menjanjikan karir masa depan untuk Anda yang menekuninya dari saat ini.

Alasan Harus Memilih Program Studi Data Science

Program studi data science UBM adalah pilihan tepat bagi anda yang senang berhubungan dengan data dan solusi. Sebab ketika belajar di program studi data science, kelak anda akan kerap berkutat dengan data terstruktur ataupun tidak terstruktur.

Data demografi dan data keuangan adalah contoh data yang terstruktur. Sementara data yang tak terstruktur contohnya media sosial, video, foto, email, dan lain sebagainya.

Di samping itu, program studi data science pun sesuai bagi anda yang menyenangi untuk belajar berbagai hal baru sekalian. Karena ilmu yang akan anda peroleh di program studi data science ini bersifat multidisipliner atau tidak hanya terbatas pada sebuah bidang saja.

Kecuali matematika dan statistika, anda pun akan belajar mengani bahasa pemrograman yang bermanfaat untuk data mining. Tidak cuma itu saja anda pun mesti mempunyai kemampuan komunikasi yang baik supaya bisa menerangkan hasil pengolahan data yang anda lakukan dengan jelas dan gampang dimengerti.

Prospek Kerja Program Studi Data Science

Peluang karir bagi lulusan program studi data science yang paling terkenal adalah data scientist. Di samping itu, profesi data analyst dan data engineer pun mulai banyak dicari-cari oleh banyak perusahaan.

Hal ini lantaran semakin banyak industri yang membutuhkan tenaga ahli yang bisa mengolah dan menginterpretasikan big data (data dalam jumlah besar) bagi keperluan perusahaan. Umpamanya dalam proses pengambilan keputusan sampai strategi marketing yang semestinya dilakukan guna menaikkan keuntungan.

Data Science UBM (Universitas Bunda Mulia)

Universitas Bunda Mulia (UBM) mempunyai keunikan yang jarang ditemui di kampus-kampus lainnya. Keunikan yang terdapat di Universitas Bunda Mulia yakni adanya prodi Data Science (Sains Data) dengan program pendidikan setara S1. Jurusan data science kebanyakan cuma dapat ditemui di bootcamp atau kursus-kursus teknologi digital saja. Dengan mengikuti prodi data science, anda dapat langsung jadi seorang Data Scientist. Yakni sebuah posisi atau jabatan dalam dunia pekerjaan yang banyak dicari banyak perusahaan.

UBM adalah PTS yang tepat untuk anda mengembangkan minat dalam pengembangan Ilmu Data Science. Hal ini disebabkan UBM menjadi instansi pendidikan yang merupakan wadah peluang untuk generasi muda supaya bisa menjadi Data Scientist yang diperlukan perusahaan di masa akan datang lewat Prodi Data Science UBM. UBM membuka kesempatan untuk lulusan Data Science di UBM guna menjadi seorang Data Scientist di kancah internasional lewat sertifikasi yang diakui secara internasional.

Yuk, segera wujudkan impian anda bersama data science UBM demi sukses sebagai Data Scientist!


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Prospek Kuliah Data Science UBM (Universitas Bunda Mulia)"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News