Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

7 Manfaat Beras Organik yang Perlu Diketahui


Nasi adalah makanan yang sudah tak asing lagi, khususnya bagi orang Indonesia karena telah menjadi makanan pokok setiap hari. Namun untuk menjaga kesehatan kita mesti memilih beras yang tidak sembarangan. Pasalnya kita konsumsi setiap waktu dan setiap hari sehingga keamanan yang dikonsumsinya mesti terjamin. Oleh sebab itu Anda mesti beralih ke beras organik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan aman dikonsumsi.

Beras organik, baik putih maupun coklat, amatlah bergizi lantaran kaya akan  mineral, vitamin, dan senyawa bermanfaat lainnya. Perbedaan utama antara beras organik dan non organik (beras tradisional) adalah jumlah kandungan arseniknya. Arsenik merupakan metaloid alami yang terdapat di dalam tanah.

Beras non organik mempunyai jumlah arsenik yang tinggi karena banyaknya pemakaian pestisida berbasis arsenik. Sedangkan beras organik menggunakan pupuk hayati dan sumber nutrisi organik lainnya sehingga tanaman padi yang dihasilkannya lebih sehat serta lebih bergizi untuk dikonsumsi.

Apa Itu Beras Organik

Beras organik adalah beras yang secara keseluruhan proses pengolahannya memanfaatkan bahan-bahan organik dan alami. Sejak dari proses penanaman yang lebih memakai pupuk kompos yang terbuat dari sisa buah-buahan dan daun-daunan yang diolah sampai menjadi sebuah pupuk yang baik bagi pertumbuhan padi secara alami. 

Di samping pupuk yang alami, beras organik pun memakai pengusir hama yang alami yang dibuat dari buah-buah dan daun yang difermentasi secara alami. Tak cuma itu, penggunaan air untuk mengaliri tanaman padi pun dibuat dari air yang alami serta bebas dari campuran bahan kimia yang bisa memacu pertumbuhan padi secara cepat. 

Pemanfaatan air khusus ini pun berdampak pada gizi yang diserap tanaman padi sehingga menciptakan padi yang lebih sehat dan baik bagi tubuh. Jadi wajar jika harga beras organik memang lebih mahal daripada harga beras biasa yang ada di pasaran.

Manfaat Beras Organik

Mengkonsumsi nasi yang berasal dari beras organik memberikan manfaat kesehatan tambahan yang berguna untuk tubuh. Disamping adanya potensi manfaat kesehatan dari produk beras organik, tidak sedikit bisnis dan konsumen yang memilih makanan yang ditanam secara organik lantaran alasan lingkungan. Pelaksanaan pertanian organik berguna untuk lingkungan dengan mengurangi penggunaanbahan kimia pertanian, menghemat air, dan meminimalisir jejak karbon.

Ada manfaat kesehatan yang signifikan dari mengkonsumsi beras organik daripada beras non organik. Berikut ini beberapa manfaat beras organik yang penting untuk diketahui.

1. Beras Organik Bantu Penurunan Berat Badan

Manfaat beras organik yang pertama adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Beras organik, khususnya yang merah banyak mengandung potasium, kalsium, tiamin, magnesium, protein, dan serat.

Kandungan itu menunjang meningkatkan metabolisme dan mengeluarkan kelebihan lemak. Untuk orang yang ingin menurunkan berat badannya yang berlebih, kandungan mangan dan selenium dalam beras organik bisa membantu mengurangi berat badan.

2. Beras Organik Bisa Kendalikan Diabetes

Manfaat beras organik yang kedua adalah untuk membantu mengendalikan diabetes. Untuk penderita diabetes, Anda bisa melihat hasil yang lebih baik sesudah mengkonsumsi beras organik merah. Indeks glikemik yang rendah menunjang menurunkan lonjakan insulin.

3. Beras Organik untuk Kendalikan Kolesterol Sehat

Manfaat beras organik yang ketiga adalah untuk mengendalikan kolesterol sehat. Secangkir beras organik menyajikan 80% dari kandungan mangan harian yang diperlukan dalam tubuh. Asupan ini menunjang tubuh manusia untuk memproduksi asam lemak sehat yang mengeluarkan bentuk kolesterol yang sehat.

4. Beras Organik Bantu Kendalikan Penyakit Jantung

Manfaat beras organik yang keempat adalah untuk membantu mengendalikan penyakit jantung. Anda bisa melihat peningkatan fungsi jantung sesudah mengkonsumsi beras organik secara teratur.

Beras organik banyak mengandung selenium. Selenium merupakan mineral penting yang dikenal bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker jenis tertentu. Bahkan sebuah studi memperlihatkan bahwa beras organik diketahui untuk menyembuhkan rheumatoid arthritis.

5. Beras Organik Kaya Antioksidan

Manfaat beras organik yang kelima adalah banyak mengandung antioksidan. Beras organik banyak mengandung antioksidan yang menunjang dalam mengatasi stres oksidatif. Mengkonsumsi semangkuk nasi organik tiap-tiap hari dapat menghindari atau melambatkan kerusakan sel karena radikal bebas. Hasilnya yakni penyakit jantung terkendali, diabetes terkontrol, dan perlambatan proses penuaan.

6. Beras Organik Bantu Atasi Gangguan Pencernaan

Manfaat beras organik yang keenam ialah untuk membantu atasi gangguan pencernaan. Beras organik putih diketahui bisa melancarkan pencernaan. Makanan ini bisa membantu membakar kalori dan menaikkan metabolisme sehingga bagus untuk program penurunan berat badan.

7. Beras Organik Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat beras organik yang ketujuh yaitu untuk membantu menambah sistem kekebalan tubuh. Dengan pemakaian bahan kimia atau pestisida yang amat sedikit, beras organik banyak mengandung vitamin dan protein alami yang menunjang menaikkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini pun membantu dalam menjaga tubuh dari penyakit jantung, disentri, dan kanker.

Lantas, dimanakah kita bisa mendapatkan beras organik? Jangan bingung, kini Anda bisa mendapatkannya di sesa.id.

Sesa.id adalah sebuah platform belanja online yang khusus menyediakan berbagai bahan makanan organik yang sehat dan aman dikonsumsi. Di supermarket sehat ini tidak hanya menyediakan makanan organik, tetapi bahan makanan segar, peralatan rumah tangga, produk perawatan tubuh dan kecantikan organik dengan harga terjangkau. Segera download aplikasi sesa.id di Google Play maupun App Store untuk belanja kebutuhan sehar-hari sehat Anda.

Sumber Referensi:
https://sibakuljogja.jogjaprov.go.id/blog/ar-organik-jogja/manfaat-dan-keunggulan-beras-organik
https://cerdasbelanja.grid.id/read/523426327/kenali-apa-itu-sesaid-cara-belanja-sayur-organik-online-lebih-mudah?
https://manfaat.co.id/manfaat-beras-organik
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Beras Organik yang Perlu Diketahui"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News