Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

5 Cara Sederhana Meningkatkan Metabolisme Tubuh Untuk Turunkan Berat Badan


Meningkatkan metabolisme tubuh menjadi salah satu aspek penting dalam upaya memaksimalkan proses pembakaran kalori di dalam tubuh.

Ketika metabolisme melambat, tubuh akan condong lebih susah untuk memproses makanan menjadi energi. 

Pada ujungnya akan timbul penurunan massa otot dan penimbunan lapisan lemak yang berhubungan dengan peningkatan berat badan.

Disamping untuk menjaga stamina supaya tahan lebih lama, metabolisme tubuh yang baik pun bisa menunjang untuk menurunkan berat badan.

Apa itu Metabolisme Tubuh?

Metabolisme adalah proses pembakaran kalori dari minuman atau makanan yang terserap ke dalam tubuh untuk menghasilkan energi yang dipakai dalam aktivitas setiap hari. Supaya kalori di dalam makanan atau minuman dapat menghasilkan energi, nutrisi di dalamnya harus dipecah sehingga dapat diserap oleh tubuh secara maksimal. 

Misalnya saja protein biasanya akan dipecah menjadi asam amino, sedangkan karbohidrat nantinya akan dipecah menjadi glukosa. Proses pemecahan nutrisi ini tergolong dalam metabolisme dan memerlukan energi. 

Umumnya semakin tinggi proses metabolisme dalam tubuh, maka akan semakin cepat juga kalori bisa terbakar.  Proses pembakaran inilah yang berfungsi penting dalam menurunkan berat tubuh. 

Lalu, sebaliknya bila metabolisme tengah melemah, maka proses pembakaran lemak pun bisa terganggu. Malahan metabolisme tubuh yang buruk dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lemah atau lesu.

Sering tubuh yang gampang lemah dan lemas juga bisa mempengaruhi produktivitas harian, bahkan menyebabkan imunitas menurun. Padahal, kekebalan tubuh yang optimal amat penting, khususnya di masa pandemi. Saat kekebalan tubuh telah kuat, maka risiko terjangkit virus akan berkurang.

Metabolisme pun memiliki peran pada energi dan nutrisi yang menyuplai sel-sel tubuh. Metabolisme tak cuma dipengaruhi oleh makanan apa yang dikonsumsi, namun juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya jenis kelamin, berat badan, dan usia.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Untuk Anda yang merasa memiliki metabolisme tubuh yang lambat, Anda tak perlu terlampau kuatir. Walaupun metabolisme setiap orang berbeda-beda, tetapi Anda dapat mencoba cara sederhana untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. 

Mengutip sebagian dari laman Sirka berikut ini 5 cara sederhana yang dapat Anda coba lakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, antara lain:

1. Minum Air Putih

Minum air putih adalah salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh. Anda dapat memilih air dingin supaya metabolisme dapat meningkat untuk sela waktu tertentu. Ini lantaran air yang dingin akan menuntut tubuh menyesuaikan suhu dalam badan.

Orang yang menderita dehidrasi atau kekurangan cairan akan membakar lemak 2% lebih rendah ketimbang yang terhidrasi dengan optimal. Oleh sebab itu, minumlah setidaknya 8 gelas air putih tiap hari. 

2. Makanan Pedas

Cara lainnya meningkatkan metabolisme tubuh yakni dengan mengkonsumsi makanan pedas. Makanan ini mengandung kimia alami yang bisa meningkatkan proses metabolisme menjadi lebih maksimal. Dampak yang diperoleh memang cuma sementara, yakni ketika Anda tengah mengkonsumsi makanan pedas. Tetapi bila Anda kerap mengkonsumsi makanan pedas, Anda bisa merasakan manfaatnya lebih banyak.

3. Minum Teh Hijau

Minum teh hijau mempunyai manfaat gabungan dari kandungan kafein maupun katein yang terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Suatu penelitian memperlihatkan bahwa meminum 2-4 cangkir teh hijau dapat memicu tubuh dalam membakar 17% lebih banyak kalori, terlebih bila Anda mengimbanginya dengan olahraga yang rutin.

4. Memperbanyak Asupan Protein

Cara meningkatkan metabolisme tubuh selanjutnya adalah Anda mesti memperbanyak asupan protein. Anda bisa mengganti beberapa karbohidrat dengan makanan yang mengandung lemak dan kaya akan protein sehingga proses metabolisme bisa lebih meningkat.

Sumber protein yang disarankan, di antaranya kacang-kacangan, ikan, kalkun, atau daging tanpa lemak. Ikan seperti tuna dan salmon pun banyak mengandung asam lemak omega-3 yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan menurunkan inflamasi sehingga proses metabolisme tubuh bisa terbantu.

5. Latihan resistensi

Latihan resistensi atau kekuatan adalah bentuk latihan yang berguna untuk membantu membentuk otot dan meningkatkan metabolisme. Daripada lemak, massa otot mempunyai tingkat metabolisme yang jauh lebih tinggi. Ini berarti dibutuhkan lebih banyak energi untuk menjaga massa otot.

Biasanya tubuh akan kehilangan otot seiring dengan meningkatnya usia. Tetapi, latihan resistensi yang konsisten bisa membantu menghindari hal itu. Adapun latihan resistensi umumnya menyangkut angkat beban dan memakai resistance band atau berat badan untuk membentuk otot.

Lima cara meningkatkan metabolisme tubuh tersebut di atas bisa Anda jadikan sebagai motivasi untuk mengawali gaya hidup sehat. Lakukan secara teratur, maka tujuan Anda bisa segera tercapai!


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "5 Cara Sederhana Meningkatkan Metabolisme Tubuh Untuk Turunkan Berat Badan"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News