Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Ingin Jadi Ahli atau Pengawas K3, Ikuti Kursus Sertifikasi Ahli K3 Online di Arkademi


Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah hal yang amat penting bagi tenaga pekerja. Sekarang, untuk masuk dalam suatu perusahaan dibutuhkan sertifikasi kemampuan. Salah satunya adalah sertifikasi kemampuan K3 yang bisa didapat melalui Kursus K3 atau Training & Sertification General Safety K3 (Pelatihan sertifikasi ahli K3 umum).

Dalam era industri 4.0 seperti sekarang ini, perusahaan tak sembarangan dalam memilih karyawan. Suatu perusahaan akan menyeleksi karyawan dan diambil yang paling baik dari calon karyawan yang melamar. Keahlian yang sangat diperlukan oleh perusahaan diantaranya dengan mengikuti K3. K3 yakni keselamatan keamanan kerja yang mana di dalam K3 ini kita dituntut untuk bekerja secara aman supaya kita terhindar dari cedera karena pekerjaan yang kita alami.

Dalam K3, sasaran keselamatan kerja tersebut meliputi segala tempat, baik di darat, laut, ataupun udara. Pelatihan dan sertifikasi K3 ini kecuali memperoleh ilmu tentang K3 dengan mengikuti pelatihan ini peserta pun akan memperoleh sertifikat dari keikutsertaan dalam pelatihan K3. Sertifikat keikutsertaan dalam pelatihan K3 ini amat berguna untuk peserta yang sedang ingin melamar sebuah pekerjaan.

Training Ahli K3 Umum adalah bentuk seleksi atau penilaian tersendiri untuk seseorang atau tenaga teknis khusus yang pernah mengikuti kursus petugas K3 (safety officer) atau kursus instruktur K3 yang berminat menjadi ahli K3 seperti dimaksud dalam UU No. 1 tahun 1970 dan peraturan pelaksanaannya. 

K3 umum adalah kesehatan yang terkait dan berhubungan dengan mesin, alat berat, bahan kimia serta material. Tenaga kerja pun dilindungi oleh pemerintah sebagaimana yang disebutkan dalam UU 1 tahun 1970 dan peraturan pelaksananya.

Training K3 Umum merupakan program Kementrian Ketenaga Kerjaan (KEMNAKER) untuk menyiapkan ahli K3 di perusahaan yang bisa menunjang mengembangkan K3 di perusahaan. Menerapkan dan mengimplementasikan K3 untuk karyawan di suatu perusahaan menjadi hal utama yang mesti dilakukan guna menjaga keselamatan dan kesehatan setiap karyawannya.

Dengan pelatihan K3 ini diharapkan sebagai upaya untuk bisa menjaga karyawan ketika sebelum bekerja dan pasca bekerja sehingga hal ini dapat memperoleh keuntungan yang diinginkan.

Seiring dengan majunya perekonomian dan kegiatan industri di Indonesia, kebutuhan terhadap tenaga profesional di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kian meningkat. K3 sendiri adalah tenaga kerja teknik dengan keahlian tertentu yang akan menunjang dalam memonitor jalannya pekerjaan di lokasi kerjanya masing-masing. Tujuannya agar selaras dengan peraturan perundang-undangan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Membentuk lingkungan dan aktivitas kerja yang aman dan sehat bukan hanya menjadi kebutuhan perusahaan, tetapi juga kebutuhan dasar pekerja untuk menjaga moral dan produktivitas. Selain penyediaan lingkungan dan aktivitas kerja yang selaras dengan standar K3 sudah diatur secara tegas oleh peraturan negara.

Tenaga ahli K3 ini pun diatur dalam perundang-undangan keselamatan kerja dan peraturan menteri. Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) 2/1992 dikatakan bahwa setiap perusahaan yang mempunyai karyawan 100 orang atau lebih, atau mempunyai risiko pekerjaan tinggi, wajib mempunyai satu orang Ahli K3 Umum yang tersertifikasi.

Bertambahnya kebutuhan tenaga ahli K3 telah membuka peluang baru untuk para tenaga ahli guna mendalami bidang itu. Pelatihan atau kursus ahli K3 ini tidak cuma dapat meningkatkan kompetensi, tetapi juga mempermudah tenaga kerja untuk terserap dengan tepat guna.

Saat ini pelatihan atau kursus K3 dapat dengan mudah ditemukan. Tetapi memilih lembaga kursus yang kredibel dan kompeten tentunya merupakan hal yang utama. Untuk itulah Arkademi sebagai aplikasi sekaligus platform kursus online sertifikasi nomor 1 di Indonesia menyelenggarakan Kursus Sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum yang dapat diikuti secara full online lewat website maupun mobile app.

Kursus ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang diadakan secara full online. Bukan hanya dapat membantu pengguna untuk bisa mengikuti kursus kapan pun dan dimana pun, tetapi kursus sertifikasi Ahli K3 Umum ini pun tersedia dengan harga yang amat terjangkau. Sertifikasi Ahli K3 Umum dari Arkademi pun diakui dan setara dengan sertifikasi Ahli K3 Umum sejenis yang disediakan melalui kursus offline atau tatap muka.

Karena kursus sertifikasi Ahli K3 Umum Arkademi tidak hanya disusun dan dirancang selaras standar kurikulum yang ditetapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja RI, tetapi juga menyertakan para ahli K3, industri, dan para pengajar tersertifikasi. Saat ini Kursus K3 yang diselenggarakan Arkademi di antaranya Kursus Sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum, Kursus Sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Bidang Konstruksi, Kursus Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Basic Factory, serta Kursus Menerapkan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum Pengawas K3.

Ada beberapa alasan Anda harus mengikuti Kursus Keselamatan Kerja di Arkademi, seperti kursus online dengan sertifikasi resmi, dibimbing langsung oleh instruktur ahli dengan lisensi profesi, dan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan Arkademi diakui kalangan industri.

Menilik adanya kebutuhan tinggi di aspek industri guna memenuhi standar implementasi K3 yang ditetapkan oleh peraturan. Sedangkan kursus sertifikasi Ahli K3 Umum yang ada kini terpusat di kota-kota besar di Pulau Jawa dan hanya bisa dilaksanakan dengan kriteria khusus yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara. Seperti jumlah minimal peserta dan jadwalnya. Hal ini merupakan tantangan untuk industri dalam hal pembiayaan, waktu, dan penyelarasan operasional perusahaan.

Nah, sesuai dengan visi Arkademi yang ingin menjadi aplikasi kursus online tersertifikasi no 1 di Indonesia, maka Arkademi hadir dengan misi merealisasikan pendidikan untuk para profesional secara inklusif, terbuka, terjangkau, dan tentunya mudah diakses. Karena seharusnya pendidikan itu bukanlah hak istimewa, tetapi pendidikan mesti adil dan setara. Tak terkecuali untuk pendidikan bagi mereka yang ingin menjalani profesi di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai Ahli K3 Umum.

Saat lulus, sertifikasi yang mereka peroleh dari Arkademi diakui dan setara dengan sertifikasi lain dari kursus offline yang ada di luaran sana. Hal ini bukan saja lantaran kurikulum dan materi kursus Sertifikasi Ahli K3 Umum Arkademi disusun dan dirancang selaras peraturan bersama dengan kalangan industri, namun Arkademi juga adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) resmi dengan izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Ingin Jadi Ahli atau Pengawas K3, Ikuti Kursus Sertifikasi Ahli K3 Online di Arkademi"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News