Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

5 Jenis Marketing Channel Terbaik untuk Bisnis

5 Jenis Marketing Channel Terbaik untuk Bisnis

Di dalam berbisnis, selain mengenali target pasar dan orientasi pasar, salah satu hal yang harus Anda perhatikan dengan baik adalah memilih saluran pemasaran atau marketing channel. Pasalnya lewat channel inilah nantinya Anda akan melakukan proses kampanye pemasaran kepada target audiens. 

Jika Anda memilih saluran pemasaran dengan tepat, maka peluang untuk meningkatkan lead conversion pun akan semakin tinggi. Sebaliknya bila Anda memilih channel yang tak sesuai dengan target pasar, maka bukanlah hal yang mustahil jika kelak bisnis Anda justru akan menderita kemunduran. 

Pada intinya, memilih marketing channel bukan suatu hal yang rumit. Bahkan, Anda dapat mengkombinasikan berbagai saluran (multi-channel) untuk menunjang proses kampanye pemasaran sekaligus. Inilah yang lazim disebut dengan istilah media mix. Namun dalam penerapannya, kadang-kadang banyak bisnis yang condong fokus untuk mengoptimalkan marketing channel khusus. 

Ada berbagai alasan yang jadi penyebab utama hal ini terjadi. Misalnya saja karena mengetahui channel yang menghasilkan engagement rate paling tinggi, mengetahui channel mana yang menghasilkan conversion rate paling besar, dan ingin menghemat keseluruhan biaya untuk pemasaran. 

Di samping itu, pemilihan marketing channel inipun perlu Anda selaraskan dengan tren marketing yang selalu berubah seiring dengan kemajuan teknologi. Melihat dari adanya transformasi digital yang sekarang sudah merambah ke berbagai bidang, maka digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang harus Anda terapkan. Maka dari itu, pilih marketing channel yang paling prospektif di era digital seperti saat ini. 

Berikut ini 4 saluran pemasaran yang dapat Anda coba untuk menunjang kesuksesan dan pertumbuhan tingkat bisnis. 

Marketing Channel Terbaik untuk Bisnis 

Marketing channel (saluran pemasaran) adalah aktivitas yang diperlukan oleh orang, organisasi atau perusahaan untuk mengalihkan kepemilikan barang dari suatu titik produksi ke suatu titik konsumsi. Dalam arti khusus, marketing channel cenderung mengacu pada saluran apa saja yang digunakan perusahaan untuk mensukseskan aktivitas marketing. 

Memilih marketing channel yang tepat tentu akan membantu bisnis bisa berkembang lebih optimal. Karena marketing channel berperan sebagai alat untuk memaksimalkan strategi kampanye pemasaran, membantu meningkatkan brand awareness untuk menjaring lebih banyak sales lead, menghasilkan sales growth yang tinggi, membantu menjalin hubungan yang baik dengan konsumen sekaligus menunjang menganalisis sentimen pelanggan dan memperoleh insight. 

Menilik dari sederet peran itu, tentunya bisa  disimpulkan bahwa marketing channel adalah salah satu unsur penting untuk mendorong kesuksesan marketing funnel atau sales funnel. Lalu, apa saja channel marketing yang ampuh untuk menunjang kesuksesan bisnis di era digital seperti dewasa ini? 

1. Media Sosial 

Setiap tahun jumlah pengguna media sosial terus mengalami peningkatan secara signifikan. Riset menunjukkan bahwa jumlah pengguna aktif di media sosial sudah mencapai lebih dari 3,6 miliar orang serta 90% generasi Z dan milenial merupakan pengguna sosial media secara aktif.

Statistik itu tentu saja sudah lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa social media marketing merupakan salah satu channel yang harus Anda pertimbangkan untuk memaksimalkan strategi marketing. Ada beberapa macam platform media sosial yang dapat Anda coba. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, LinkedIn, TikTok atau bahkan YouTube dan platform social messaging. 

Untuk itu pilih channel yang diperkirakan bisa memperoleh banyak engagement dari audiens Anda. Caranya yakni dengan menganalisis dan menilai engagement metric dari saluran yang digunakan oleh Anda. Meski begitu Anda pun dapat mengkombinasikan berbagai platform sekaligus untuk menjalankan strategi marketing. 

2. Search Engine Optimization (SEO) 

SEO pun menjadi marketing channel yang dapat Anda gunakan dalam menunjang kesuksesan strategi kampanye pemasaran. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir, SEO adalah salah satu saluran pemasaran yang paling banyak menjadi fokus para marketer. 

Google mencatat bahwa setiap detiknya terdapat sekitar 89.000 pencarian di Google. Jadi tidak mengherankan jika SEO menjadi channel yang harus dipertimbangkan. Apalagi mengingat bahwa mesin pencari (search engine) merupakan salah satu marketing channel yang bisa menghasilkan tingkat konversi paling tinggi. 

Anda dapat mengoptimalkan SEO di berbagai platform seperti website/blog perusahaan, kanal media sosial, dan YouTube. Anda perlu membangun website yang SEO friendly atau sesuai dengan kaidah SEO untuk mengoptimalkan SEO Tujuannya adalah ketika pengguna memasukkan kata kunci (keyword) di mesin pencari, website Anda akan memperoleh ranking yang tinggi sekali sehingga gampang sekali ditemukan. 

Sama halnya jika Anda memasukkan kata kunci di media sosial dan YouTube. Dengan keyword yang tepat, maka pengguna akan gampang menemukan konten marketing Anda. Untuk itulah Anda perlu melakukan riset kata kunci terlebih dulu supaya dapat menyasar keyword yang paling potensial. 

3. Influencer

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan pembelian adalah hasil dari rekomendasi atau advokasi orang lain. Misalnya ketika kita membuka marketplace, tentu saja kita akan melihat ulasan atau review mengenai suatu produk sebelum membelinya. Ini membuktikan bahwa pendapat dan testimoni orang lain akan memberikan dampak besar terhadap keputusan pembelian. 

Untuk itulah influencer marketing jadi salah satu channel yang wajib Anda pertimbangkan. Karena seiring dengan tumbuh suburnya pengguna media sosial, kehadiran influencer pun menjadi fenomena yang disukai. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengoptimalkan keuntungan bisnis. 

Anda perlu memilih influencer yang sesuai dengan brand image perusahaan Anda untuk memaksimalkan channel ini. Memakai jasa influencer inipun terbukti efektif untuk meningkatkan product exposure dan brand awareness secara cepat. 

4. Email Marketing 

Email masih menjadi marketing channel paling potensial yang mesti Anda gunakan. Karena tercatat ada miliaran orang yang menjadi pengguna email secara aktif. Angka penggunanya ini pada tahun 2024 mendatang diprediksi akan meningkat hingga 4,48 miliar. 

Selain itu, 54% pemasar setuju kalau email marketing merupakan channel yang efektif untuk memperlihatkan kredibilitas dan profesionalisme sebuah perusahaan. Email adalah saluran yang umum dipakai untuk membagikan informasi terbaru (contohnya promo atau peluncuran produk) sekaligus membina hubungan atau interaksi dengan pelanggan. 

Tak hanya itu, email marketing pun terbukti ampuh meningkatkan angka retensi pelanggan. Untuk mengoptimalkannya Anda dapat melakukannya dengan cara rutin mengirim newsletter, melakukan segmentasi email serta personalisasi email. 

5. Blog Marketing

Channel marketing ini menyasar dengan spesifik pelanggan yang betul-betul memerlukan produk maupun jasa perusahaan. Blog marketing biasanya memang menyasar orang yang tengah mencari informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa perusahaan. Pelanggan itu umumnya mencari dengan mempergunakan mesin pencari dan keyword khusus.

Keistimewaan saluran pemasaran ini adalah tingkat kepercayaan pelanggan yang cenderung lebih tinggi ketimbang pada media sosial. Media sosial sering dibumbui dengan hoax yang gampang menyebar karena viralitasnya tinggi. Sementara blog atau website umumnya menjadi referensi dari info yang menyebar di  media sosial.

Perusahaan bisa menggunakan saluran ini sebagai alat untuk memperkenalkan produk dan atau jasa. Perusahaan bisa menggunakan blog milik mereka sendiri  atau menggunakan blog milik pihak lain. Dalam arti, perusahaan bisa membayar beberapa blogger untuk menulis ulasan (review) mengenai produk atau jasanya.

Demikianlah pembahasan tentang 5 marketing channel yang ampuh untuk digunakan di era digital marketing seperti saat ini. Nah bagi Anda yang sedang mencari digital marketing agency untuk menunjang bisnis atau usaha Anda, Endee Communications bisa menjadi solusinya. 

Endee Communications akan memastikan bisnis Anda bisa bertumbuh secara baik dengan strategi marketing yang relevan dan hasil yang terukur. Selain itu Endee Communications telah dipercaya banyak pelanggan.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "5 Jenis Marketing Channel Terbaik untuk Bisnis"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News