Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Apa Itu Lantai Parket dan Apa Saja Kelebihannya? Yuk Kenali!


Selain keramik, kayu adalah salah satu jenis bahan dasar lantai yang banyak dipilih untuk sebuah hunian. Alasannya cukup sederhana, kayu bisa menjadikan sebuah rumah tampak lebih estetik dan nyaman. Di samping itu, warnanya yang simpel dan netral pun gampang dipadupadankan dengan beragam gaya dekorasi. Saat akan memilih lantai kayu, umumnya anda akan dihadapkan dengan berbagai macam lantai kayu, tak terkecuali lantai parket.

Sudah bukan rahasia umum lagi bila lantai parket dapat menampilkan nuansa modern dan elegan di dalam rumah. Tetapi dalam penggunaannya, tidak sedikit orang yang sungkan untuk beralih dari lantai keramik dan memilih potongan kayu ini selaku penutup permukaan lantai di rumah. Hal ini dapat dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti sifat parket yang relatif sensitif sehingga perlu penanganan lebih dan faktor biaya.

Apa Itu Lantai Parket?

Lantai parket adalah lantai kayu yang terbuat dari kayu yang sudah melewati proses pengepresan. Bentuknya berupa potongan seperti papan yang siap untuk diaplikasikan di permukaan lantai. 

Jenis lantai ini umumnya dibuat dari kayu solid dan kayu olahan seperti laminate dan engineer wood. Dari berbagai jenis bahan yang digunakan itu membuat harga parket lantai berbeda-beda. Parket dari kayu solid biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang jenis parket dari kayu olahan. 

Kelebihan Lantai Parket

Lantai parket mempunyai banyak kelebihan yang bagus untuk dipasang sebagai penutup lantai rumah. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Memberikan Kesan Alami dan Elegan

Memakai lantai parket akan mengubah tampilan ruangan rumah jadi bertambah elegan dan menyajikan suasana hangat bila disesuaikan dengan interior yang cocok. Corak serat kayu pada parket pun menciptakan kesan alami yang menjadikan suasana hunian menjadi lebih tenang dan santai.

2. Beragam Pilihan Motif dan Pola

Parket lantai mempunyai corak serat yang beragam sehingga ada beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan interior di rumah. Di samping memiliki beragam corak kayu,  parket pun bisa dipasang dengan pola-pola lantai yang variatif.

3. Bisa Menjaga Kestabilan Suhu Ruangan

Di dalam rumah yang memakai lantai parket akan mempunyai suhu ruangan yang stabil ketimbang jenis lantai lain. Bahan kayu mempunyai kemampuan meredam suhu panas pada siang hari dan menghangatkan suhu saat cuaca dingin.

4. Mempunyai Tekstur Lebih Empuk

Lantai keramik dan tegel mempunyai permukaan yang keras. Sehingga akan terasa lebih sakit saat terjatuh di atasnya. Lantai parket mempunyai tekstur yang agak berbeda sebab material kayu tak sekeras keramik. Jadi sesuai bagi anda yang mempunyai anak-anak di rumah.

5. Harga Lebih Terjangkau

Baik parket dari kayu solid maupun kayu olahan, keduanya mempunyai nilai ekonomis. Walaupun parket dari kayu solid mempunyai harga yang lebih mahal, namun lantai ini bisa meningkatkan nilai properti anda. Sehingga akan menguntungkan nanti ketika menjualnya.

Kekurangan Lantai Parket

Selain memiliki kelebihan, lantai parket juga mempunyai beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan. Berikut ini beberapa kekurangannya.

1. Hanya Bisa Dipasang di Permukaan yang Rata

Sebelum mengambil keputusan untuk memakai jenis lantai ini, anda perlu memastikan kalau lantai di rumah anda telah mempunyai permukaan yang rata. Jadi pastikan untuk meratakan lantai rumah terlebih dulu dengan menyemen atau dipasangi keramik murah guna mendapatkan permukaan yang benar-benar rata.

2. Menimbulkan Suara Ketika Diinjak

Berbeda dengan jenis lantai lainnya yang tak menimbulkan suara saat diinjak. Sehingga penggunaan parket agak kurang nyaman. Tetapi anda bisa memakai parket yang dipasang secara permanen sehingga permukaannya bisa lebih solid dan tak menimbulkan suara yang mengganggu.

3. Permukaannya Terasa Licin

Berbagai jenis parket, khususnya parket kayu laminate dan parket kayu solid mempunyai permukaan yang cukup licin. Sehingga menjadikan orang yang berjalan di atas permukaannya gampang terpeleset, khususnya ketika basah. Jadi lantai parket sebaiknya tak digunakan untuk anda yang mempunyai anak-anak atau lansia di rumah lantaran akan lumayan membahayakan mereka.

4. Mempunyai Permukaan yang Mudah Tergores

Tekstur kayu yang tidak demikian keras menjadikannya gampang tergores karena terkena benda tajam maupun tumpul. Saat permukaannya telah tergores akan terasa merepotkan ketika ingin memperbaikinya sebab anda mesti menggantinya dengan membongkar semua susunannya. Guna mengurangi timbulnya kerusakan yang fatal gunakanlah karpet untuk melapisinya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari lantai parket yang bisa anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memasangnya di rumah. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Lantai Parket dan Apa Saja Kelebihannya? Yuk Kenali!"

Follow Berita/Artikel Sumber Informasi di Google News