google-site-verification=BmoRrfgrm78d67lLrJFzT-x-PUwK9y-5TI9jvRHifO8 IBX5B7AA6164BFDA Mobil MPV dan Mobil SUV Kian Diminati dan Dilirik - Sumber Informasi

Mobil MPV dan Mobil SUV Kian Diminati dan Dilirik

Sumber-Informasi.com - Jenis mobil MPV atau multipurpose vehicle pada tahun ini diyakini masih tetap tinggi atau menguasai segmen pasar mobil d Indonesia. Namun, beberapa pasar yang cukup berkembang di Indonesia, selain mobil murah ramah lingkungan yang dihadirkan beberapa pabrikan mapan, SUV atau sport utility vehicle juga akan tetap diminati dan bahkan turut merangkak naik.

Sebagian produsen telah menghadirkan model itu, baik dengan konsep real SUV ataupun yang memiliki ukuran lebih kecil yang dikenal dengan sebutan crossover. Hal itu untuk mengembangkan dan menyegarkan yang sudah akrab di pasar domestik, maupun menghadirkan yang terbaru. Jenis mobil SUV tetap disukai, karena selain daya muat yang relatif banyak, kendaraan ini juga tampil dalam performa dengan ground clearance dan daya jelajah tinggi.

SUV dengan kapasitas 7 penumpang akan tetap menjadi salah satu sasaran tren mobil idaman setelah MPV. Tak sekadar daya tampung, SUV masa kini juga dituntut memberikan kabin yang nyaman serta lapang. Oleh karena itu, produsen otomotif yang beroperasi di Indonesia, baik pabrikan asal Amerika Serikat, Eropa, bahkan Korea, seolah siap berlomba untuk menampilkan kendaraan terbaik di segmen ini.

Melengkapi persaingan pasar segmen SUV tahun ini, agen pemegang merek bersiap dengan mengerahkan potensi yang diyakini bakal tetap diminati. Termasuk Toyota yang melengkapi dengan low SUV sekelas Toyota Rush yang jadi mitra pesaing sejajar dengan Daihatsu Terios. Atau berdasarkan data dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), riuh pasar SUV akan menyebut nama merek di seputar Toyota, Honda, Nissan, Daihatsu, Mitsubishi, Mazda, dan Suzuki.

PT Toyota Astra Motor (TAM) tetap optimistis dengan Fortuner, yang tahun lalu berjaya di kelas SUV di dalam negeri. Mobil yang juga diekspor PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ke sejumlah negara itu diyakini akan mengulang sukses pada tahun ini. Apalagi Toyota Fortuner dilengkapi dengan varian terbaru Fortuner VNT 4x4.

Selain itu, Toyota RAV4 yang turut mentas di ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2014 lalu, digadang-gadang bakal dilansir dan dipasarkan di Indonesia tahun ini. SUV kekar buatan Toyota akan segera ikut meramaikan bursa otomotif tanah air. Namun, diperkirakan akan sulit bersaing jika masuk dengan performa build-up dan dibanderol dengan harga yang relatif jauh dari para pesaing di kelas ini.

Sementara itu, di segmen ini, PT Honda Prospect Motor akan tetap mengandalkan Honda CR-V. Sebagai catatan, sepanjang tahun 2014, Honda CR-V meraih total penjualan sebesar 8.553 unit Bahkan, setelah peluncuran Honda CR-V generasi keempat tahun 2012, Honda kembali memperkenalkan model terbaru SUV-nya ini dengan penyempurnaan teknologi dan fitur.

Hal ini melengkapi karakter premium New Honda CR-V yang semakin tegas dan kaya fitur. Mengawali tahun 2015, untuk pertama kalinya PT Honda Prospect Motor memperkenalkan New Honda CR-V di Indonesia. Hal itu akan semakin lengkap dengan hadirnya Honda HR-V, tampil dengan konsep crossover yang telah diperkenalkan ke seluruh Indonesia dengan road show akhir tahun lalu dan siap dimiliki oleh penggemarnya di Indonesia.

Secara umum, penjualan Honda di tahun lalu menunjukkan pertumbuhan yang sangat positif. Penyegaran yang dilakukan untuk produk lainnya mampu mendorong peningkatan penjualan. Dengan produk yang diperkenalkan di tahun 2015 seperti Honda HR-V serta Honda CR-V generasi terbaru, tren positif akan berlanjut di tahun baru nanti.

Mitsubishi, pabrikan asal Jepang yang satu ini bisa dibilang cukup serius menatap pasar SUV dalam negeri. Terbukti, Mitsubishi memiliki beberapa model yang bermain di segmen tersebut. Untuk model Outlander, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors membukukan penjualan memuaskan hingga akhir tahun lalu. Bukan hanya itu, untuk varian lain di kelas ini Mitsubishi memiliki amunisi lain yaitu Pajero Sport untuk meladeni ketatnya persaingan di pasar SUV dalam negeri. Tahun ini semakin diramaikan pula dengan hadirnya Mitsubishi Delica, MPV yang beraroma SUV.
Model SUV dari Mazda atau Mazda CX-5 memberikan pilihan yang lebih kaya kepada konsumen. Terbukti, pabrikan dengan slogan "Zoom-zoom" itu berhasil meraup sukses tahun lalu dan akan terus berlanjut di tahun ini dan nanti.

Model CX-5 Grand Touring bertransmisi otomatis diyakini bisa menjadi tulang punggung penjualan Mazda di segment SUV dalam negeri. Di sisi lain, sejak diperkenalkan di Indonesia pada September 2014 lalu, All-New Nissan X-Trail telah mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para pencinta SUV di tanah air. 

Selain angka penjualan yang melampaui target, All-New Nissan X-Trail juga memenangi Most Favorite Car pada ajang Indonesia International Motor Show (HMS) dan juga Car of the Year di Indonesia. Sukses akan berlanjut di tahun ini. 

Lantas, konon Suzuki juga telah bersiap dengan wajah mobil yang lebih modern. Suzuki iV-4 dan dikabarkan memiliki teknologi tercanggih. Saat ini Suzuki Grand Vitara tak lagi dilanjutkan oleh Suzuki dan beralih jadi Suzuki Vitara tanpa embel-embel Grand. Penghilangan nama Grand ini sekaligus menunjukkan kalau mobil ini sekarang mempunyai kelas baru yang tidak cuma berkompetisi dengan Nissan X-Trail  maupun Honda CR-V. Tetapi, Suzuki Vitara terbaru akan bersaing dengan compact SUV lainnya seperti Honda HR-V, Ford EcoSport  dan Nissan. Compact SUV atau kelas compact crossover yang sedang menjadi tren hampir di seluruh belahan dunia ini rupanya membuat Suzuki lebih tertarik untuk mengembangkannya. Suzuki dengan nama Suzuki iV-4 versi produksinya ternyata merupakan penerus Vitara yang dulu booming di tahun 1990-an, tetapi kali ini tampil lebih proporsional. Kita tunggu bersama. 

Sumber:
otomotif.kompas.com
autonetmagz.com
otosia.com

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Bisnis

Gaya Hidup

Kecantikan

Kuliner

Fashion

Herbal

Kesehatan

Pendidikan